Syukur

Ida Ayu Malya Savitri
THE POWER OF BERSYUKUR
Saya baru saja selesai menonton salah satu video YT dari Christina Lie mengenai hal yg mengubah kehidupan beliau di thn 2019 yg menginspirasi saya utk membagi dan menyebarkannya jg di sini.
Hal pertama yg disebutkan adalah pentingnya kita untuk selalu bersyukur. Ini merupakan wake up call dan reminder bgt sih, karena SEHARUSNYA kita selalu bersyukur di setiap hal di kehidupan kita (walaupun sepertinya itu hal kecil).
.
Selama ini banyak bgt kutipan kata2 bijak yg menyebutkan pentingnya bersyukur, tp mungkin bagi sebagian orang merasa bahwa bersyukur hanya bisa dilakukan pada saat kita sudah achieve sesuatu (seringnya dlm bentuk materi) yg menurut kita luar biasa. Padahal kenyataannya BUKAN ITU. Contoh sederhananya mulai dari pagi2 baru bangun, kita udah bisa mengucap syukur bahwa kita masih diberikan kehidupan, bisa bernafas, dan memiliki tubuh yg sehat. Itu merupakan bentuk rasa syukur kita. Pada saat mandi, mengucap syukur dan terima kasih kepada air yg membantu kita membersihkan kotoran2 di tubuh kita, dan banyak contoh sederhana lainnya yg bs kita terapkan.
=====
Trus apa sih manfaatnya? Rasa syukur akan menimbulkan energi positif, rasa bahagia pada diri kita yg nantinya akan menjadi LoA (Law of Attraction) yg akan menarik hal2 positif lainnya utk datang kepada kita (rejeki, orang2 baik, dsb)
=====
Secara tidak sadar ini juga terjadi di kehidupan saya. To be honest, dulu pada saat saya masih bekerja dan mendapatkan penghasilan yg jauh di atas rata2 dan masih single, saya selalu merasa kurang (kurang punya ini, kurang punya itu), beli barang merk ini, merk itu, party (biasalah ya, euforia masa muda yg merasa bangga bisa memiliki penghasilan sendiri) dan hampir ga pernah merasa bersyukur.
At the end of the day pd saat saya stop bekerja dan memutuskan utk menjadi IRT saya bener2 kaget karena uang di tabungan saya ternyata ga sebanyak yg udah dipake utk membeli kemewahan2 semu.
.
Namun, saat ini saya merasa bersyukur karena UNTUNGnya ada sebagian uang yg sdh saya investasikan dan bisa memberikan hasil untuk saya dan keluarga saya.
Saya juga merasa bersyukur karena saya telah melewati fase2 kehidupan yg akhirnya bisa menyadarkan saya bahwa hal2 tsb don't matter AT ALL!
Saya sangat bersyukur memiliki orangtua yg sangat baik dan peduli terhadap anak2nya. And I'm so grateful to have my own little family, with a very beautiful, smart and good hearted little girl
.
The point is, pada saat saya memiliki pekerjaan dan penghasilan yg tinggi, sy selalu merasa kurang dan tidak pernah cukup sehingga saya (hampir) tidak punya tabungan (jumlahnya tdk seberapa).
Kini, pada saat saya tidak bekerja (hanya mendapatkan penghasilan dari nilai investasi yg jumlahnya tidak sefantastis dulu), namun saya masih bisa menyisihkan sebagian uang utk menabung tiap bulan. How come? Karena pengaruh bersyukur itu tadi. Merasa cukup dengan KEBUTUHAN kita, bukan KEMAUAN kita.
.
Jaman sekarang di era digital, media sosial selalu mempertontonkan kemewahan, dan banyak orang "terjebak" di dalamnya, perilaku menjadi konsumtif, besar pasak daripada tiang, intinya pusing mentingin penilaian orang lain terhadap kita.
Kadang saya suka heran aja, ada orang yg gaji/
penghasilannya gede2 tapi ngaku ga pernah bisa nabung tiap bulan. (Padahal secara finansial ga ada masalah) Atau, ada yg mau beli barang branded sampai mau liburan harus gesek cc dgn cicilan 0%/bln. (Btw, ini bukan berarti saya menjatuhkan atau merendahkan ya, sama sekali BUKAN).
Artinya, mindsetnya masih haus akan materi dan penilaian org agar terlihat hebat.
Kalo menurut saya sih, yg sesuai kita bisa afford aja, kalo emang uangnya blm cukup ke LN ya di dlm Indo aja dlu. Kalo uangnya blm cukup buat keluar kota, ya di dlm kota aja dlu. Klo uangnya blm cukup buat jln2 keluar, ya di dlm rmh aja misal beli popcorn trus ntn film rame2 ma suami & anak yg penting dpt quality time dgn keluarga dan tetep bisa HAPPY bareng.
Sejatinya kebahagiaan itu kembali ke diri kita sendiri kok. Di saat kita bisa mengucap syukur, merasa cukup dan mengucap terima kasih kepada Tuhan atas hidup kita, itu tandanya kita bahagia .
Eh, tulisan ini juga bukan berarti kita pasrah dgn nasib dan jd gak berusaha at our best ya, BUKAN itu. Tp bagaimana rasa syukur akan attract hal2 baik datang kepada kita.
Ini murni pengen sharing aja sih, kok jd panjang banget yak jadi kaya' curhat
Thank you so much Christina Lie you inspired me to write.
Her quotes :
"A grateful heart is a magnet for miracles.
Be thankful for what you have, you'll end up having more"
#bersyukur #syukur #grateful #thankful

Posting Komentar untuk "Syukur "