Perbedaan APLI dan AP2LI

Apa BEDA APLI & AP2LI?
wokeee serius dikit ya statusnyaaaa
di status saya pernah ada yang komen kalau "katanya" sekarang APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) berubah menjadi AP2LI. Saya sebagai pelaku di industri MLM/ Network Marketing, memiliki kewajiban meluruskan hal ini sebagai bagian dari edukasi masyarakat di industri network marketing.
APLI & AP2LI Adalah adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia
Perusahaan yang bergabung di asosiasi harus di filter lebih dulu diantaranya adalah WAJIB memiliki SIUPL (Surat Ijin Usaha & Penjualan Langsung) sebagai surat ijin resmi perusahaan MLM/ Direct Selling, yang kini bernama SIUP dengan KBLI 47999 (bukan cuma SIUP saja).
Setiap perusahaan MLM RESMI wajib memiliki SIUP dengan KBLI 47999 (sebelumnya adalah SIUPL).
Lho itu MONEY GAME yang banyak makan korban juga banyak yang pakai SIUP???
Nah itu dia!
Perusahaan money game berkedok MLM, biasanya menyalahgunakan ijin yang BUKAN peruntukannya, hal ini bagi orang awam akan mudah terjebak dengan info kalau sudah dapat ijin SIUP (Surat Ijin Usaha & Perdagangan), NPWP, akta notaris dll dianggap SUDAH MLM RESMI, padahal nggak!
Perlu diketahui :
SIUP dsb itu BUKAN ijin resmi untuk MLM/ Direct Selling, harusnya adalah SIUPL - Surat Ijin Usaha & Penjualan Langsung (kini berubah namanya menjadi SIUP dengan KBLI 47999)
itu sebabnya perusahaan MLM abal-abal/ money game/ investasi ilegal/ berkedok MLM tidak akan memiliki ijin MLM RESMI tersebut (ijinnya berasal dari DEPRINDAG RI) & Perusahaan tersebut tidak akan bisa masuk di 2 asosiasi resmi : APLI atau di AP2LI.
Lalu apa bedanya APLI & AP2LI?
AP2LI berdiri tahun 2014 (6 tahun lalu)
https://www.ap2li.com
APLI berdiri sejak 1984 (36 tahun lalu)
https://apli.or.id/
Ke 2 nya adalah ASOSIASI RESMI yang diakui oleh negara RI.
------
AP2LI
AP2LI tidak masuk dalam anggota WFDSA (World Federation of Direct Selling Associations).
APLI
APLI masuk sebagai anggota WFDSA (World Federation of Direct Selling Associations). Oleh WFDSA dalam 1 negara hanya di akui 1 asosiasi resmi terpilih yang bisa masuk dalam WFDSA.
dan SEMUA perusahaan MLM yang menjadi anggota APLI, otomatis diakui oleh Asosiasi Direct Selling Dunia.
Itu sebabnya tidak mudah suatu perusahaan MLM masuk sebagai anggota APLI. Filternya sangat KETAT sekali!
ok. sudah paham kan sampai disini?
----
Lalu mengapa PENTING banget sebuah perusahaan MLM/ direct selling itu untuk masuk asosiasi resmi?
begini...
masyarakat awam kan tidak memiliki akses langsung ke bagian legalitas suatu perusahaan. mereka hanya tau dari KATANYA member perusahaan MLM tsb/ dari screenshot sertifikat yang tidak bisa diketahui benar/tidaknya.
lalu bagaimana agar masyarakat awam bisa mengakses LEGALITAS tersebut secara langsung? jawabannya "tetap tidak bisa" lalu bagaimana dong solusinya???
itulah gunanya ASOSIASI RESMI,
mereka akan menyeleksi & memverifikasi perusahaan-perusahaan MLM yang masuk, apakah memiliki legalitas resmi atau tidak. bagaimana kekuatan finansial perusahaan? bagaimana marketing plannya? berpotensi merugikan member atau tidak? dan masih banyak lagi kriterianya.
dengan demikian masyarakat tidak perlu repot & ribet terlibat dalam verifikasi karena memang tidak memiliki akses langsung ke perijinan perusahaan.
apakah semua perusahaan MLM yang masuk asosiasi pasti akan bener semua? belum tentu juga, karena pada prakteknya ada yang meleng & dikeluarkan oleh asosiasi, terakhir ada 1 salah 1 perusahaan yang dikeluarkan dari APLI.
Disinilah peran asosiasi menjadi penting, untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan pelanggaran ijin/ tindak pidana dari perusahaan yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Semoga dengan memahami hal ini, masyarakat awam semakin cerdas dalam menentukan bisnis MLM/ Network Marketing pilihannya.
Jangan sampai trauma dengan MLM, karena ketidakpahaman tentang bedanya MLM resmi vs Money Game berkedok MLM. Apalagi kalau cuma "denger/
katanya" yang menyesatkan informasinya.
# MLMresmi
# LegalitasMLM
# EdukasiNetworkMarketing
Bayu Kuswara Hartono

Posting Komentar untuk "Perbedaan APLI dan AP2LI"