Dampak buruk kembang api

Ifan Winarno
semalam... seorang kawanku menceritakan dampak buruk kembang api dan petasan pada atmosfir... sangat ilmiah...
dan aku bilang "kamu benar soal itu, dan kamu juga perlu melihat kehebatan mekanisme semesta menetralisir semua dampak buruk yang kamu ceritakan itu... besok pasti akan nampak bagaimana semesta mengharmoniskan kembali semua itu dengan indahnya".... dia bilang "angin? hujan? petir?"... aku bilang "ledakan sudah jadi gak perlu petir... aktifitas manusia dengan petasan dan kembang apinya juga sudah mengurangi perlunya angin... hujan aja yg belum" kataku... dia mentertawakanku sambil menunjukkan ramalan cuaca di smartphone nya... "besok cerah, tak ada awan. Fan" katanya... # hujan saat aku menulis status ini... # ampurayang

Ifan Winarno
sebuah peristiwa.. akan dikisahkan oleh seorang penutur menurut versinya.. dengan penekanan dan intonasi suara serta gaya penulisan yang mewakili emosi yang dirasakannya dalam melihat peristiwa itu..
jadi mudahlah untuk memahami apa yang sedang terjadi di benaknya.. dan secara 111111
pribadi, aku memilih menghindari dekat-dekat dengan mereka yang masih perang di dalam dirinya.. karena kehadiranku bisa saja membuat perang di dalam dirinya makin membara.. dia perlu ruang dan waktu untuk berdamai di dalam.. biarkanlah mereka belajar.. kita # ceklik aja dulu..
aku tidak menuntutmu menjadi sama denganku.. karena itu tak mungkin.. namun, bila arah ketertarikan kita berbeda.. alangkah bodohnya kita berdua berusaha bergandengan tangan melakukan perjalanan bersama..
kau tahu .. kenapa binatang liar dijinakkan dg rasa sakit?.. dan manusia jadi tak berkembang pemikirannya karena terus menerus disakiti secara mental? ..
# offline.. mendingan beresin setrikaan dulu..
Ifan Winarno
ya sudah ..nggak usah ikut tahun baruan ..itu khan manut kalender orang nggak bener .. ntar tanggal 1 juga jangan minta gajian ya .. itu khan juga ngikut kalendernya orang nggak bener .. gajian itu tiap saat kawan .. # new .year.new.mindset

Ifan Winarno
1111111heran kenapa nggak ada orang yang mencintaimu? .. jangan2 kamu kurang mencintai dirimu sendiri .. jangan2 kamu kurang mencintai orang yang menghadirkanmu di dunia .. jangan2 kamu tewur .. hahahaha

Ifan Winarno bersama Fitri Andarini .
malam pergantian tahun .. selalu memiliki kenangan bagiku .. karena waktu pergantian tahun di suatu saat di millenium yang lalu .. wakakakak .. aku memutuskan untuk mulai mencintai diriku sendiri .. dan menjadi diriku sendiri .. teman nakal ilang semua .. ya gak apa2 .. yang hidup di dunia khan nggak cuma mereka ..
# berhenti.nakal.beregu .. hahahaha

Ifan Winarno
kalau sedemikian besar engkau mencintai dirimu... menjaga kesucian batinmu... untuk apa masih kau biarkan ada kebencian membusuk di sana?... tak mungkinlah kau biarkan ada te a i di kasurmu khan...

Ifan Winarno
INI BUKAN SOAL NGUPIL!!!
hahahaha .. benar, ini bukan soal ngupil .. tapi soal bernafas .. ternyata, eh ternyata .. 85% manusia bernafas hanya menggunakan 1 lubang hidungnya .. cek aja nafas di depan lubang hidungmu .. bisa saja yang kiri dan yang kanan tidak sama kecepatan/
kekuatannya ..
itu bukanlah sebuah kelainan ..melainkan sebuah kelebihan dari body .. body tahu persis mana lubang hidung yang harus diberi kesempatan menarik nafas lebih .. dan ini sangat dinamis .. beberapa jam akan dominan yang sebelah kiri, namun beberapa waktu kemudian dominan sebelah kanan .. semua ini bisa dimungkinkan karena di dalam ronggo hidung kita ada sebuah jaringan yang bisa melar .. yup, benar .. bisa ereksi seperti pada penis maupun clitoris .. jaringan ini akan mulai membengkak dan menutup lubang yang bersangkutan .. dan menyusut ketika diperlukan aliran udara dari lubang yang bersangkutan..
tubuh memindahkan dominasi aktifitas nafas ini tergantung akan banyak hal .. selain waktu .. kondisi kesehatan .. posisi tubuh .. atau lagi dekat dengan siapa kita saat itu .. wajar, orang tahu kalo kamu mulai berpikir mesum .. hahahaha .. dan, sejak dahulu .. orang2 di India sudah mengenal hal ini .. sudah tahu apa dampak ke aktifitas tubuh dari aktifitas nafas masing-masing sisi .. contoh, lubang hidung sebelah kanan kita .. terhubung dengan otak sebelah kiri kita .. selain mempengaruhi pola berpikir yang jaid lebih logis, ternyata bernafas dari lubang hidung sebelah kanan akan meningkatkan kadar gula di dalam darah .. serta menjadi lebih boros terhadap pemakaian oksigen ..
dan hal ini, saling terkait .. jadi ketika kita berpikir terlalu logis, maka dominasi nafas dari sisi kanan akan terjadi .. dan otomatis kadar gula dalam darah juga meningkat .. dan lebih cepat lelah karena boros oksigen .. makanya aku selalu bilang jangan kebanyakan mikir alias KAFIR ..hahahaha .. # kakehan
.fikiran .. tuh ada upil nempel di hidungmu

Ifan Winarno
sore tadi.. aku demam dan diare... karena sangat panas ya harus aku beri minumlah... beberapa kali ke belakang tentunya membuat dehidrasi... ya aku minum aja lebih banyak lagi... masa pesen gojek? ... yang masalah di dalam diri, ya berikan waktu untuk diri memperbaikinya... aku cuma bisa mendukungnya dengan tindakan yang seperlunya dan memberikan ruang dan waktu yang sebanyak-banyaknya...
sekarang, semua sudah baik adanya... ya gak perlu lagi membahas yang sudah berlalu... cukup hidup sepenuhnya saat ini... karena sudah malam ya sebaiknya yang tidak menimbulkan keramaian...

Ifan Winarno
ini menarik.. sore tadi aku parkir mau ambil kaos... dan aku diusir sama pegawaii toko elektronik karena parkir di lahan tokonya... terus, aku pergi makan malam... selesai makan dan selesai bayar parkir... ada preman mabuk mengusirku dari sana... hahahaha... karena jalanan macet dan aku masih harua nunggu istri... akupun pergi ke jalan yang lebih longgar... parkir di pinggir jalan sambil facebookan... tiba2 ada tentara memintaku untuk tidak parkir di sana karena atasannya tidak suka ada orang yang nongkrong di depan rumah dinasnya... dan akupun memilih jalan yang lebih ramai... hahahaha... kali ini diusir petugas pengangkut sampah karena truk sampah mau parkir di situ... pindahlah aku ke dekat pohon... kali ini... aman... sampai ada tai burung jatuh pas di tanganku yang lagi mengetik comment.. hahahaha... # offline.dulu

Ifan Winarno
kira-kira di usia 9 bulan .. hampir semua dari kita telah kehilangan sebuah kemampuan besar .. kemampuan untuk tetap bernafas sembari menelan makanan atau minuman .. kemampuan ini tetap ada di seluruh jenis mamalia ..namun hilang di manusia ..
semua ini terjadi karena di usia tersebut .. terjadi proses pembentukan kotak suara .. sebuah kotak suara di bagian bawah leher .. kalo dibandingkan mamalia lain, maka posisi kotak suara kita jauh lebih bawah .. inilah yang memungkinkan kita menghasilkan resonansi suara yang lebih beragam .. sebuah kemampuan bersuara yang menjadi kemampuan dasar berbicara dan mengemukakan pendapat ..
nggak heran .. aku sering menemui anak yang sudah lebih besar namun masih minum dari dot .. seringkali tidak bernafas ketika menikmati minumannya .. itu mekanisme alamiah .. agar dia tidak tersedak .. namun, seringkali karena minumnya pakai dot .. sehingga proses minumnyapun terus menerus .. sampai kekenyangan .. dan tertidur .. hahahaha .. dan jadi tersedak karena otak kekurangan oksigen dan memaksa paru2 menarik nafas ..
proses tersedak ini terjadi sekitar 4-6 menit setelah proses berhenti bernafas itu terjadi .. karena dalam kondisi biasa saja .. memang otak mampu bertahan antara 4-6 menit meski tanpa supply oksigen .. sayangnya .. terjadi pertukaran lagi di sini .. kekurang oksigen di otak tentunya juga memiliki dampak kerusakan .. oleh karenanya .. di usia 6 bulan atau lebih, di tradisi kita ada proses disapih .. proses belajar berhenti minum asi .. agar perkembangan kemampuan bicara tidak mengalami hambatan .. dan mulai diajarkan pakai gelas .. agar kemampuan kontrol dan koordinasi mekanis tangan juga ikutan berkembang ..
# cerdasnya .nenek.moyangku .. _/|\_

Ifan Winarno
111112banyak perselisihan terjadi karena kurang bisa menerima kekurangan diri.. kemampuan menerima diri dengan segala kekurangannya inilah yang menjadikan seseorang mampu menerima kekurangan orang lain .. sehingga mampu bersinergi dengan mengedepankan kelebihan dan keunikan masing-masing .. di semua level.. # masih .jomblo?

Ifan Winarno
daging buah yang manis .. akan memancing binatang untuk memakannya .. sehingga biji menjadi terbuka .. tidak terbungkus lagi .. dan bijipun jadi mudah terseret air ke tempat yang subur .. ya karena aliran air itu juga membawa mineral dari tanah yang dilewatinya ..
saat kemarau datang.. kulit biji mengering .. retak ..dan akhirnya pecah .. sehingga inti lembaga bisa jatuh ke tanah yang subur.. dan memulai kehidupan sebagai benih .. dan bertumbuh menjadi tanaman ..
sebuah rancangan semesta yang luar biasa dalam kemasan yang sangat sederhana .. dan bukanlah soal waktunya .. panjang atau pendek itu relatif .. punya waktu atau tak ada waktu juga demikian .. justru yang signifikan adalah "apa" yang bisa dijadikan dengan sisa waktu yang ada .. demikian juga dengan uang ..

Ifan Winarno
ketika dirimu merasa ada yang nggak beres... ada masalah... dan mulai kaupermasalahkan... xixixixi... khan yang merasa itu dirimu... rasa itu khan di dalam diri... berarti yang masalah itu ya yang di dalam diri... lha ngapain sibuk mempermasalahkan di luar diri?... xixixxixi... ini lepas dari benar atau salah ya... lha terus harus gimana?... ada masalah ya beri masa lah... # ada .masa.nya
26 Desember 2015 p

Ifan Winarno
ada sebuah pepatah bahasa Italia yang aku suka ..
"Il bocca chiusa, non c’entra mosca" .. yang artinya "di dalam mulut yang tertutup, takkan ada lalat yang masuk" ..
karena di setiap ucapan, terdapat potensi laler masuk .. laler apa hater .. acch sudahlah

Ifan Winarno merasa bersyukur.
mungkin saja... pernah kaulihat pagi hari yang lebih baik.. dan pagi hari yang lebih kelam tentunya...
mungkin saja... tak kaumiliki semua yang kauinginkan... tapi apapun yang kaubutuhkan telah membuatmu bertahan hidup sampai hari ini..
mungkin saja... pagi ini kau bangun tidur dengan rasa pegal dan sakit di beberapa bagian tubuh... namun kau masih bisa bangun dan membaca status ini..
1111222ya... mungkin saja hidup tak kau anggap sempurna... namun sejauh ini jelas kehidupan telah berjalan baik... dan akan makin banyak hal baik akan datang ke dalam kehidupan selama kita mau beranjak dan bergerak... mengisi sisa kehidupan dengan manfaat dan berkat... sisa hidupmu jelas masih sangat lama kalau kaujalani dengan sukacita... dan hari ini... adalah hari pertama dari sisa kehidupanmu...

Ifan Winarno
hari ini .. begitu istimewa .. bukan cuma karena hari ini dirayakan sebagai hari natal ..bukan cuma karena hari ini akan banyak orang muslim pergi sholat jumat .. bukan juga karena hari ini orang hindu akan merayakan upacara purnama sasih kapitu .. bukan juga karena hari ini akan ada upacara sembahyangan cap go di klenteng .. tapi karena hari ini tidak akan pernah datang lagi...
oleh karenanya .. untuk hari ini saja .. jadilah berkat bagi dunia .. jadilah seorang teman bagi siapapun .. buatlah perbedaan dalam hidupmu .. ya, untuk hari ini saja .. luangkan waktu untuk peduli dengan kehidupan .. katakan pada seseorang betapa istimewanya dia di dalam hidupmu .. lakukanlah hal-hal yang membuat orang tersenyum dan membuat harinya jadi cerah ...
dengan semua itu .. kau bukan hany amembantu orang-orang di sekitarmu merasa lebih baik .. kaupun juga sedang menolong dirimu sendiri .. karena ketika kau berusaha untuk menginspirasi kebahagiaan pada semua orang .. kau tidak hanya akan menemukan 11111122kebahagiaan .. kau telah menjadi kebahagiaan itu sendiri ..

Ifan Winarno
mau diucapakan atau tidak diucapkan... ketika kau pikirkan "tidak" sedetik saja... puluhan jenis hormon yang berkaitan dg stress membanjiri dirimu... dan banyak neurotransmitter terpancar dan ditangkap signalnya oleh sel2 tubuh... tubuh sendiri dan orang lain...
sunyi... senyapp... udannn

Ifan Winarno
kerja .. itu fokus pada prosentase .. usaha .. itu fokus pada berapa kali lipat .. # gitu .ajah

Ifan Winarno
xixixixi .. kalo dipikir-pikir .. tubuh kita ini mayoritas air .. gak jauh berbeda dengan semangka, bengkoang, atau mentimun .. bedanya, kita pandai memainkan drama kecemasan .. wakakakak ..
#21.12 wita .. mengakhiri meditasi mengetik VBA Macro untuk excel dan mulai menyantap mentimun

Ifan Winarno
berlian yang masih alami ..harus dipotong .. diasah .. sedemikian rupa .. baru menjadi berlian yang indah dan sangat bernilai .. orang cenderung hanya mau berlian jadinya tanpa mau repot dengan prosesnya .. dari situlah muncul harga pertukaran yang signifikan ..
berlian sering dikisahkan berasal dari carbon yang rapuh ..karena tekanan dan suhu yang tinggi .. dalam jangka waktu yang panjang .. barulah berubah jadi berlian .. sayangnya nggak dikatakan bahwa ini baru sampai menjadi berlian yang mentah .. yang alami .. xixixi .. dan jarang yang mau tahu proses berikutnya .. ya benar, karena itu menyakitkan .. dan muncullah keinginan untuk menghindari proses ini .. ya dengan uang .. # juga .janji .. wakakakak

Ifan Winarno
ketika kamu menonton iklan di televisi... sebut saja iklan ice cream... ditunjukkan bagaimana suasana yang memang pas untuk menyantap ice cream... ditambah adegan yang membuat perasaan gimana gitu... achhh... terus (((kkress)))... sebuah gigitan didemokan oleh bintang iklannya yang cakep pakai banget... walah.. malah kita ikutan menelan air ludah... (((cleguk)))... jiaahh... sedemikian hebatnya rasa itu menerobos barier logis kita dan terekam kuat di dalam benak... ya ellahhh... 15menit kemudian film tayanganmu dihentikan sejenak... commercial break... iklan ice cream itupun disajikan kembali kepadamu... kali ini mungkin kau cuekin... tapi tanpa sadar.... itupun semakin berakar dalam benakmu...
xixixixixi... nah... pas siang hari cukup panas... tak sengaja kau lihat toko yang menjual ice cream itu... tiba-tiba saja ada dorongan rasa ingin mencobanya... dan terjadi lah
.. mekanisme inilah yang kuhindari saat di wall kulihat kautayangkan gambar kecelakaan, korban bencana, bahkan orang meninggal... meski tidak mengalaminya langsung... semua itu tersimpan di dalam benak... dan berpotensi besar menjadi sebuah pengalaman trauma di dalam diri... _/|\_ maaf ya... # cweklik

Ifan Winarno
1111111kalo mereka tidak mengenalmu secara baik .. nggak ada perlunya memasukkan omongan mereka ke dalam hati .. # cocot

Ifan Winarno
waktulah yang memastikan dengan siapa kau akan bertemu .. dan hatimulah yang memutuskan siapa yang kauinginkan menyertaimu .. sikap dan perilakumulah yang memutuskan siapa yang ingin hidup bersamamu

Winarno
1111111ketika baru lahir, tanganmu lebih sering mengepal . ini menunjukkan bahwa kau terlahir sebagai seorang petarung kehidupan sejati yang tangguh dan siap bertarung sejak awal ..
dan sejak awal pula kau suka menggenggam erat tangan orangtuamu sebagai bukti bahwa kau selalu mempercayai dan memperjuangkan kehidupan bersama mereka ..
# mungkin .bukan.untukmu .. # tapi .ini.mutlak

Ifan Winarno
1111111teman adalah saudara yang seharusnya dilahirkan lewat rahim ibumu, karena keterbatasan kemampuan ibumu dan belas kasihanNYAlah mereka dilahirkan lewat keluarga yang lain .. # light
.weaving .. # everything .is.connected

Ifan Winarno
111111sebuah penelitian .. menyebutkan bahwa rata-rata .. manusia berbohong 4 x sehari .. sekitar 1460 kebohongan setahun .. dan .. yang paling sering adalah mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja ..
# yok .opo.kabare?
padahal .. dirinya sedang sangat luar biasa ..sedang banyak rejeki .. malah tak jarang nyamar susah .. wakakakak

Ifan Winarno
1111111kalau masalahmu ada solusinya, ngapain juga kamu bingung memikirkannya ... nah sebaliknya, kalau masalahmu gak ada solusinya ... ngapain juga kamu bingung memikirkannya ...
sering kali orang ganti baju.. sibuk ganti kendaraan ..pindah pekerjaan .. gak jarang yang pindah agama.. bahkan ganti pasangan .. apa gak bosen gonta-ganti yang di luar .. sekali-sekali ganti diri gitu ..
maunya 'Maju' .. tapi jadi 'Rusak' .. itu 'Nubruk' namanya
koleksi # zen .tilan.zen.tilun dari tahun ke tahu

kadang-kadang .. keterampilan yang paling rumit adalah untuk keterampilan untuk menjadi sederhana... di dalam proses untuk menyederhanakan hidup .. kendala terbesar yang pasti harus kau hadapi adalah pikiranmu sendiri .. baru ketika kau bisa mengatasinya .. maka kau bisa mengatasi apapu

Ifan Winarno
kalaulah berternak ..atau bercocok tanam ..maupun membesarkan anak .. tentunya ingin hasilnya yang terbaik .. dan bisa dibanggakan ..
bagaimana bisa melihat sisi terang sebuah peristiwa ketika mata dibutakan oleh kebencian .. bagaimana bisa memahami sesuatu yang lebih besar ketika pikiran tertutup rapat oleh kemelekatan terhadap dogma yang dianggap paling benar .. kalaulah yang terjadi seturut kehendakNYA .. berarti yang ada di dalam realita jelaslah selaras RancanganNYA .. meski itu belum tentu selaras dengan dogma yang selama ini dianggap paling benar ..
inilah saatnya membuka diri dengan kebaikan ..cinta .. dan pemahaman .. kesempatan dalam hidup ini takkan datang lagi .. jadi janganlah disia-siakan .. gunakanlah selayaknya sesuatu yang sangat berharga .. dan dengan bijak tentunya .. akupun yakin DIA yang di atas sana ingin melihatmu menjadi jauh lebih baik ..menjadi yang terbaik dalam menjalankan peran di kehidupan .. dengan # sepenuh .hati

https://m.facebook.com/profile/timeline/stream/?cursor=AQHRztIh0Hsc9KGdlG1GAAViXIAvA4ZoPJCqsiknTDMeAIDGR_Of7sjcLjv-fZqZUwWCQpAHRk3vDXeb8tIlDGwWZLzb_Z12wGdzKKDHtbV-DvvzXc25lSE7XqEwgrgnViEi&profile_id=1841778561&replace_id=u_0_0&ref=opera_speed_dial



Posting Komentar untuk "Dampak buruk kembang api"