Christina Lie - Seandainya gw diinterview oleh Howard Behar, ex...

Christina Lie - Seandainya gw diinterview oleh Howard Behar, ex...
Seandainya gw diinterview oleh Howard Behar, ex President Starbuck.

Howard pernah berkata kalau dia lebih fokus pada karakter kandidat dibandingkan kemampuannya, dan berikut 5 pertanyaan yang biasa dia tanya ketika interview.

1. Apakah kamu memliki saudara kandung? Apa yang saudara kamu suka tentang dirimu? Lalu, apa yang saudara kamu tidak suka tentang dirimu?

2. Ceritakan kegagalan terbesar yang pernah kamu miliki dalam hidup kamu?

3. Ceritakan pengalaman ketika kamu memperlakukan seseorang dengan tidak hormat, apa yang terjadi setelah itu?

4. Apa 3 nilai prinsip hidup yang kamu pegang sekarang? dan mengapa?

5. Bayangkan kalau kamu memiliki tongkat sihir dan kamu bisa mengubah apapun hari ini, apa yang ingin kamu ubah?

=====

Jawaban gue yang terlintas di otak, seandainya gw yang diinterview.

1. gw anak paling gede, apa yang ade gw suka dari gw, mungkin ya.. gw ini lumayan sabar dan bisa poker face beradaptasi aja sama orang-orang terdekat gw, meskipun orang tersebut annoying banget.

Apa yang adik gw gak suka? hmm..
gw ini selalu dibilang paling susah diajak kumpul keluarga di akhir pekan. Sebenernya karena gw gak suka keluar rumah kayak ke mall/resto gitu.. ngumpul asal ada tempat rebahan mah gpp.

Dan gw kayak anak ilang, terlalu cuek, kalau gak ditegur, jarang gw negur duluan di group family.

gw juga orang yang kalau ngomong terlalu jujur blak-blakan kalau udah berhubungan dengan sok kasih advice bisnis yang mungkin bertentangan dengan pendapat mereka sendiri, dan gw cukup keras kepala kalau gw udah bilang itu kurang tepat, ya kurang tepat. Tapi sekarang gw udah bisa lebih banyak diam dan hanya memberikan saran kalau diminta aja.

====

2. Kegagalan terbesar di dalam hidup gw itu ya udah pasti ketika gw itu terlalu serakah dan kurang manajemen emosi pada saat trading option saham di tahun 2013. Terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tanpa pikir panjang, yang berimbas duit lenyap milyaran. Tapi ini adalah momen pembelajaran hidup yang paling berharga, yang bisa membawa gw ke titik sekarang, dimana gw mulai terlatih melakukan analisa SWOT untuk big decision yang gw buat.

=====

3. Sepanjang ingetan gw sih, gw kayaknya gak pernah memperlakukan orang dengan tidak hormat. Gw bukan tipe suka ngebully orang, tiap kali dulu kerja di perusahaan gede pun, gw malah respect banget sama para OB disana, bahkan ART gw pun, gw perlakukan dengan baik.

Tapi kalau gw jutekin orang mungkin.. hmmm.. oh gw bisa jutek mampus kalau udah kayak lagi di pantai gitu, terus banyak yang "maksa" nawarin dagangan sampe kita tolak berkali-kali tetep aja maksa,

jadi inget dulu ada ibu-ibu pas di pantai mana gitu... (gw lupa antara anyer atau bali), maksa nawarin pijet, gw dah jutekin, eh terus malah langsung beralih ke laki gw yang lagi jalan di samping gw, mulai maen dipijet-pijet gitu pundaknya,
Gw langsung murka sambil langsung berhenti jalan, dan tatap muka itu ibu ibu dan bilang "Ibu jangan main grapa grepe suami saya dong!, sopan dikit kenapa!"

Apa yang terjadi setelah itu.. ya gak ada rasa penyesalan sih wkwkwkwkw.. jadi gak tauk deh, itu termasuk memperlakukan orang dengan tidak hormat atau nggak wkwkw

(lah malah jadi curhat)

=====

4. Tiga nilai prinsip yang gw pegang sampe sekarang.
a. Menaburlah di tanah yang subur, bukan di tanah yang tandus, ini relevansinya ke menolong orang, kalau itu orang gak layak ditolong, gw gak akan tolong, kayak misalnya pinjemin duit buat bayar cicilan kartu kredit gaya hidup dia.

b. Kegagalan itu bukan berarti kehancuran. Jadi daripada terus terpuruk dan merasa hancur, lebih baik segera bangkit dan mengevaluasi kegagalan, kegagalan saat ini bukan berarti kita tidak akan berhasil di masa depan. Justru ketika kita gagal sekarang, kita akan lebih menghargai kemenangan yang menunggu kita nanti.

c. Hidup itu terlalu singkat, jadi "hidup"lah sekarang, jangan sia-siakan waktu yang ada untuk apapun itu, dan jangan biarkan hal gak penting merampas kebahagiaan kita.

=====

5. Jika gw punya tongkat sihir, dan gw bisa ubah apapun, apakah itu?
pengen ilangin nafsu keserakahan para manusia di muka bumi ini. Biar gak ada yang miskin banget, kaya banget, gak ada perang, ah indahnya. wkwkwkw

=====

Jadi gue bakalan diterima gak ya jadi pegawai Starbuck?? wkwkwkwwkwkw

Suka
Tunjukkan lebih banyak tanggapan

Posting Komentar untuk "Christina Lie - Seandainya gw diinterview oleh Howard Behar, ex..."