SIMBOL-SIMBOL HANYALAH TOOLS ATAU PASSWORD UNTUK MENGAKSES SESUATU YANG MENURUT FIKIRAN ADALAH KEKUATAN ADI KODRATI (TUHAN / SEMESTA).


ShamMind - The Art Of SUWUNG
Aku nggak bilang bahwa pemakaian simbol itu buruk atau tidak boleh. Tidak begitu. Menurut ku ini hanya pemahaman yang keliru dalam mencerna apa yang ku sampaikan. Simbol-simbol itu adalah tools sebagai password untuk memahami dan mengakses apa yang dimaksud. Tetapi.. bukan maksud itu sendiri.
Untuk membuat fikiran tidak terserap pada simbol-simbol, maka fikiran mesti menyadari bahwa simbol hanyalah tools untuk mengakses maksud. Baik doa, mantra, segala macam ubo rampe dan syarat syari'at, segala macam bentuk-bentuk Mandala, system kepercayaan, berbagai macam konsep energi, berbagai macam konsep makhluk-makhluk gaib dan gaib itu sendiri bahkan.. berbagai macam nama Tuhan hanyalah simbol-simbol kita untuk mengakses suatu bentuk tuhan, semesta, alam atau apapun yang menyimbolkan kekuatan adi kodrati yang kita yakini.
Aku mengajak anda untuk menyadari bahwa simbol adalah simbol adalah tools adalah ALAT BANTU, dan bukan tujuan. Keterserapan fikiran pada simbol membuat fikiran termuati oleh simbol dan ini bukan SUWUNG. Menyadari bahwa simbol-simbol adalah simbol membuat fikiran lebih sadar dan tak termuati oleh simbol.
Silahkan pakai simbol.. tetapi ketika simbol dijadikan tujuan.. kesadaran akan tenggelam.
SUWUNG sajalah!!
# ShamMind