Momentum Bisnis

*TANGKI MOMENTUM*

Kang Rendy Business Notes,
19 September 2019

*Subscribe* >> http://bit.ly/gabungkrbn

**********

Balance sheet didepan Saya menunjukkan asset dalam orde triliun. Mungkin sebagian Anda menebak bahwa Liabilitynya yang tinggi, tapi di kolom beban hanya menunjukkan angka 20% kurang lebih dari total asset.

Piutangnya yang cukup tinggi. Pola bayar klien yang cukup panjang, menyebabkan angka piutang ini besar sekali.

Saya diminta untuk menyimak neraca perusahaan yang relatif sehat. Dan tak ketinggalan profit loss statement perusahaan yang alhamdulillah cukup menggembirakan. Teladan.

*****

Dalam kunjungan singkat tersebut Saya berbincang dengan ownernya. Perusahaan ini masih dimiliki pribadi. Tidak di tbk-kan. Atau sekedar jual saham tertutup. Sangat rapat. Dimiliki sendiri.

Penasaran tentang bagaimana memulainya, beliau akhirnya cerita,

"Saya gak ngerti apa-apa. Tiba-tiba mereka yang datang sendiri untuk meminta Saya mensupply, sekaligus mengajari dari nol, sampai sekarang."

Ajaib. Ada pembeli datang ke toko Anda, memberikan Anda modal untuk berkembang, lalu membeli wajar produk Anda, mengajari Anda bagaimana agar bisa menjadi mitra mereka. Ilustrasinya begitu. Hingga orde perusahaan Triliunan.

Begitulah momentum. Anda tidak tahu kapan momentum besar itu datang. Tugas Anda cukup melangkah dan terus bekerja. Seperti sahabat Saya ini. Tugasnya hanya bekerja, momentum besar datang begitu saja.

*****

Inilah yang terkadang kita lupakan. Postingan yang viral itu kan bukan yang sekali posting langsung viral, tetapi yang punya postingan sudah melakukan postingan berkali-kali, terus menerus, hingga akhirnya dapat momentum viral.

Begitu juga dengan bisnis, Anda cukup bekerja yang baik, fokus pada apa yang ada, fokus pada klien yang sudah dikirimkan Allah, fokus pada pelanggan yang sudah percaya membeli produk Anda, setelah itu tinggal menunggu momentum.

Sebagian dari kita menganggap momentum ini hanya soal keberuntungan saja, ukurannya tidak jelas, bisa berhasil bisa tidak. Padahal momentum ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

Momentum melesatnya kehidupan Anda sebenarnya mirip dengan sebuah tangki. Anggap saja kita beri nama tangki momentum.

Tangki ini hanya bisa dipenuhi dengan energi positif yang Anda lakukan. Ketika tangki ini penuh, maka momentum akan hadir dengan sendirinya.

Lalu apa cairan energi yang dapat mengisi tangki momentum?

1. Cairan kerja keras

Cairan jenis pertama yang bisa mengisi tangki momentum adalah kerja keras. Kerja keras itu bukan ngotot kerja tanpa istirahat. Tetapi selalu bergegas dari kerjaan yang satu ke kerjaan yang lain. Tanpa bermalas-malasan. Densitas waktu Anda padat. Dalam 24 jam yang sama, Anda bisa melakukan banyak hal..

2. Cairan doa baik orang lain

Cairan yang kedua adalah doa baik orang lain. Ada orang tua yang mendoakan, ada anggota tim yang mendukung, ada klien yang berharap bisnis kita lebih maju. Kesemua ini adalah cairan positif yang dapat segera memenuhi tangki momentum.

3. Cairan rahmat dari Allah

Cairan paling terakhir yang menjadi cairan paling utama adalah kasih sayang Allah. Yang paling penting ternyata "Rahmat Allah". Kasih sayang Allah. Ridhonya Allah pada diri kita.

Saat kita terima orderan kecil, kemaslah produk sebaik-baiknya. Packinglah dengan cinta. Bangunlah keseriusan mendalam terhadap layanan. Hargai satu dua customer yang ada. Ajak bicara. Minta feedback. Layani dengan hati.

Bukan masalah berapa nilai transaksinya, tetapi melayani manusia itu disenangi Allah. Membantu orang lain menyelesaikan masalahnya adalah amal sholih. Memenuhi kebutuhan orang lain adalah kesholihan.

Amal sholih inilah yang menghadirkan kasih sayang Allah pada hambanya, nantinya seorang Hamba akan dikaruniai pertolongan. Pertolongan itulah momentum.

*****

Maka inilah langkah mengundang momentum yang paling efektif : PENUHI TANGKINYA. InsyaAllah momentum akan datang kekehidupan Anda.

Selamat bergerak, mengundang momentum.

Saya akan menjelaskan lebih detail lagi materi ini melalui voice note, bagi sahabat yang ingin menyimak paparan voice note tentang TANGKI MOMENTUM, sahabat bisa segera bergabung ke grup WA khusus Audio.

Bagaimana cara gabungnya? Ketik "Join Grup Audio Kang Rendy" kirim ke WA 085220000122

****

_Silahkan copaste dan forward tulisan ini ke jejaring sahabat Anda. Semoga manfaat_

Posting Komentar untuk "Momentum Bisnis"