Kunci keluarga harmonis

Keluarga harmonis adalah keluarga yang bisa membangun 2 hal, yaitu simbol dan rasionalitas. Simbol apa kah itu? Simbol cinta, perhatian dan kepedulian. Rasionalitas apakah itu?? Rasionalitas kehidupan. Bahwa hidup juga butuh harta. Tidak selalu harus makan ayam bakar di luar atau berwisata tiap hari. Bisa habis nanti uangnya.
.
Mencium istri adalah simbol cinta. Membantu suami istri cuci piring adalah simbol cinta. Membantu istri mandiin anak adalah simbol cinta. Sapu lantai adalah simbol cinta. Tidur berpelukan adalah simbol cinta. Simbol tidaklah menunjukan kenyataan realistis namun itu sangat penting karena manusia adalah makhluk simbolis.
.
Sama seperti bendera. Bendera itu simbol. Manfaatnya buat apa bendera itu?? Tidak ada. Hanya di kibarkan saja fungsinya. Lebih bermanfaat kain lap. Bisa untuk bersihkan ompol, pel lantai, bersihkan meja makan, usap ingus, serap air tumpah, dll. Bendera tidak se-bermanfaat itu.
.
Lalu rasionalitas itu apa?? Rasionalitas itu artinya sadar bahwa kita hidup di bumi yang sifatnya material dan sadar bahwa itu terjadi sekarang. Jadi unsur dari rasional adalah materi dan saat ini.
.
Rumah juga butuh dirasionalisasi kan. Baju dan handuk jangan asal naruh, nanti semua ikut lembab. Mainan harus ditempatkan pada tempatnya, nanti tidak rusak terinjak. Kalau habis ambil barang harus di kembalikan ke tempat penyimpanannya kembali, nanti tidak bingung kalau mau ambil kembali. Makanan kalau tidak dimakan di tutup, agar lalat tidak masuk. Lauk pauk kalau bisa di selamatkan dari bau busuk yaa di masak kembali. Itu lebih hemat uang. Habis buang air besar, closet disiram banyak air agar PUP nya tidak mampet di tengah. Habis makan piring harus di taruh ditempat cuci dan di kucuri air sekalian agar nasi tidak mengeras. Kalau nasi mengeras dicuci jadi lama. Karena keras. Kalau lihat halaman kotor di sapu agar hati lebih longgar kalau melihatnya. Kan tidak lucu capai-capai bersihin rumah lihat halaman kotor lalu muncul rasa ga enak karena kotor.
.



Posting Komentar untuk "Kunci keluarga harmonis"