Besarnya energi bicara by Arif rh

Besarnya energi bicara by Arif rh
..

Saya sering mendapat curhatan motivator, trainer, coach, public speaker, konsultan, terapis, dan para leader mlm yang mereka juga sering memotivasi. Mereka bilang mengapa ngomong satu jam capeknya bisa berhari hari. Apa yang salah kata mereka.

Sebetulnya tidak ada yang salah. Saya sudah lama di dunia training. Yang namanya mengalami kelelahan setelah mengajar itu masih saya rasakan. Dulu saya mengajar hampir tiap hari. Terus .. belum perjalanan antar pulau. Itu menyita energi. Sekarang saya sudah jarang. Dalam setahun saya hanya membuat kelas publik Hanay 4 kali.

Itu saja sekali ngajar kelas vibrasi 2 hari. Dari jam 9 sampai jam 6 sore. Pegelnya sampai Minggu Minggu. Kalau anda merasakan betul pegelnya sebagi PS bukan pegel seperti anda olah raga tapi pegelnya sampai ke mental dan psikologis.

Tidurpun belum tentu mengobati itu. Kalau anda capai fisik Anda bisa recover cepet. Jadi memang ketika kita ngomong di depan publik. Kita subsidi energi kepad mereka. Jadi banyakngkan jika anda tidak punya stok energi banyak. Atau anda sedang rekor energi  otomatis anda akan tersedot dan anda kehabisan energi. Makanya ada pembicara sampai colaps.

Mereka tidak melihat keadaan diri mereka sendiri. Nah kalau anda pernah mendengar beberapa ritual dalam nenek moyang kita. Yang namanya topombisu sebenarnya latihan agar kita tidak boros energi. Saya pernah retreat Widyatama. Disuruh beberapa hari untuk melakukan topo misuh. Memang itu lebih mudah ke hening. Ke dua energinya jadi tidak terlalu boros. Jadi kalau anda misal merasa energiny banyak terkuras . Mungkin anda terllau banyak bicara.

Jadi orang yang kelebihan energi biasanya ngoceh terus. Seperti istri cerewet. Dan energi yang keluar ini bisa di gunakan untuk memberdayakan  atau merusak. Tergantung niatnya ke mana. Jadi buat PS mungkin terutama yang sifatnya spiritual maka waspadai diri anda sendiri . Keadaan fisik dan mental anda karena saat anda tidak fokus anda ngomong terus  anda akan kehabisan energi.

Saat itu bisa menyerang kepada fisik. Tiap orang kadarnya beda beda. Jangan buat jadwal tidak terlalun padat. Atau durasi panjang. Jadi anda bisa 2 jam sudah cukup untuk pemula. Semoga tips ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Besarnya energi bicara by Arif rh"