Etika antara pabrik kosmetik, Christina Lie


Etika dikalangan pabrik kosmetik/skincare di indonesia ini buruk banget ya.
Pitching 3 pabrik, ketiganya langsung sodorin beberapa brand lokal trending yang mereka buat, dan langsung bilang kurang lebih begini..
“kami bisa bikin kayak merek ini, ini kita yang bikin, best seller banget loh ini, cici kalau mau, hppnya segini, moq-nya segini”
Ci, kenapa gak bikin ini aja ci (langsung sodorin merek yg gue kenal, karena kebetulan punya temen gue), ini lagi happening banget”
“Ci, (sodorin merek yang gue kenal juga) ini karena kita yang bikin, langsung hits loh ci”
Padahal mulai dari yang ngeracik, ngeformula, sampai promosi sana sini, brand ownernya, lah ini pabrik main self claim saja
===
Pabrik kayak gini, langsung saya blacklist, gak punya etika! Gimana gue mau mempercayakan brand gue, kalau nanti begitu trending, disebar kemana-mana formulanya.
Padahal yang bikin trending atau viral, semua juga upaya dari brand ownernya untuk meningkatkan awareness dll..
Ck ck ck..

Terima kasih buat semua yang sudah komentar disini,
1. Mengenai agreement, saya juga kurang paham, agreement seperti apa yang dilakukan oleh clientnya dengan pabrik tersebut.
Karena memang yang saya bicarakan BUKAN PABRIK saya.
2. Pabrik yang saya pitching, ini bukan saya yang sengaja cari, tapi memang banyak pabrik yang menawarkan untuk buat produk dengan mereka, mulai dari yang skala kecil, medium sampai besar.
Ya yang mengejutkan, justru yang handling brand2 besar lokal yang marketing/salesnya langsung begitu datang, menggelar produk dari brand2 lokal lumayan terkenal di depan saya.
Padahal saya gak lagi mau bikin jenis itu.
Jadi kayak ditawarin, lebih tepatnya dibeberin, bahkan membujuk saya utk bikin produk sejenis itu dengan alasan lagi hype.
Jadi, BUKAN saya yang mengundang kemudian ujuk2 nanya bisa bikin produk kayak gini gak?
Tapi ini mereka yang nawarin produk yang mereka pernah buat yang kini terkenal.
Gitu aja ya guys

Posting Komentar untuk "Etika antara pabrik kosmetik, Christina Lie"