Jualan tujuan nya cuma duit, Christina Lie,

JUALAN tujuannya CUMA DUIT atau MEMBANTU?
================
"Mbak, kok mahal sih, mending saya beli merek lain"
Ya udah mba! Beli aja di tempat lain!
Pernah gak ngomong gini ke customer?
====
Sebenernya apa sih tujuan kita membuat/makloon/menjual produk kita ini?
CUMA DUIT? Atau memang niat tulus membantu Customer mendapatkan produk/jasa yang berkualitas baik?
Niat tulus tanpa modus itu akan berbuah kebaikan juga. Bisa berbalik ke kita, mungkin bukan dalam bentuk uang, tapi rejeki yang lain.
====
Entah sudah berapa banyak yg PM ke saya, mau join 101Red, saya tolak "gak usah dulu mba, lebih baik mba jadi dropshipper antar marketplace dulu aja" bahkan sampai ada yg saya sampai ajarin sekilas tipsnya..
Kenapa saya tolak?, pertama, hidup dia lagi minus, dan masih bener2 gak ngerti sama sekali jualan online, bahkan cara upload foto di IG pun masih kaku.
Kedua, biasanya yang saya tolak itu, yg financialnya udah minus, hutang pula, dan ini malah mau ngutang lagi buat join 101Red..
Untuk seorang pemula, butuh praktek dan belajar itu minimal 1 bulan, sukur2 dia rajin dan konsisten praktekin modul, minimal seminggu pertama sudah bisa ada penjualan, jadi bayangin, otak lg pusing karena mikirin hutang eh ini disuruh belajar.. beda cerita kalau dia sebelumnya pernah jualan online, mulainya gak dari nol2 banget.
Kadang selain saya alihkan utk jadi marketplace dropshipper, saya malah arahkan ke beberapa nama teman saya yg kebetulan juga cari reseller/stockist, tinggal dia pilih.
=============
Begitu juga dengan pas orang tau saya bikin brand lumecolors, sering ada yg PM ke saya.
"Ci, punya warna ini gak ci?"
Yg mirip seperti itu gak ada, tapi merek X punya tuh yg mirip
"Cici jual juga?"
Nggak, tapi merek X ini bisa kamu beli di seller ini nih, ini WA-nya, dia salah satu distributornya, enak kok formulanya, beli deh, gak nyesel"
--
Cii, aku belum pernah coba lip matte, mau beli lumecolors cici, bakalan kering di bibir gak ya?, bibirku sensitif banget pecah2..
(Dulu lip&cheek mousse gw belum launching) jadinya gw bilang
"Lume buat orang yg biasa pake lip matte kissproof, pasti bilangnya gak kering, karena udah ada perbandingan, tapi kalau kamu belum pernah seumur2 pake lipmatte yg kissproof, mendingan coba merek m***o**r aja, itu enak banget dipakenya", beli di toko ini deh di MP, paling murah dia tuh.. ori juga.
--
Mba, kok mahal sih! Mendingan saya pake merek A
"Oh mba suka yaa merek itu, aku juga dulu suka, warnanya cantik2 ya.. mba paling suka yg warna A apa? Kalau aku dulu suka pake yg warna nomor 1
Terus akhirnya obrolan malah jadi berlanjut ngomongin merek tersebut..
"Oh iya mba, formulanya si A itu skrng gimana? Enak gak pas dipakenya? Aku biasa beli merek A itu di toko xxxxx di MP, yg jual baik banget"
ATAU, kalau memang gw gak pernah pake merek A, tapi pernah pake merek B yg harganya mirip A, gw malah jadi rekomen yg B, "mba cobain yg B deh mba, harganya kurleb sama, tapi menurut sy kualitasnya lebih bagus, bisa dibeli di marketplace banyak yg jual"
===============
Entah gimana karena gw sering gitu kalau di PM, gw jadi sering ditanyain review dan rekomendasi, ci beli serum yg bagus dimana ya? Entah berapa banyak yg gw rekomendasiin pake
B'erl serum yg sampe skrng gw masih pake hahaha..
Padahal sekarang udah ada skincare Evershine di 101Red, tapi tetep sih, gw itu cuma merekomendasikan produk yang emang dah gw coba dan gw suka!.. nah kalau sekarang ada yg punya masalah kulit dan berjerawat sampe ngeradang, gw dah pasti minta dia beli Evershine aja yg paket moringa, laki gw aja demen banget sampe tiap 2 hari sekali maskeran , dan emang bikin damai semua masalah di wajah.
--
Dan yg gw heran sih, yg gw tolak2in, yg gw rekomen produk lain, eh malah ujung2nya tau tau PM "ci aku dah join ya ci, udah bayar tadi siang" , lah gue omelin kalo sampe tau dia hutang, amit amit ke pinjol, tapi ternyata dia bilang, nggak ci, ini nabung dr jualan dropship saran cici di MP (makin terharu gw)
Lalu yg tadinya gw minta beli merek lipstick lain, tetiba gw bingung kok nama dia ada di top seller lumecolors gue, kapan joinnya ini orang .
--
Kesimpulannya,
Jadi manusia itu udah deh..
Duit itu gak usah dikejar kebangetan sampe ngorbanin kredibilitas dan perasaan customer yg kita jutekin gegara suka banding2in..
Duit bagaikan kupu2 yang kalau dikejar makin Lari.
Bangun Taman dengan value elo, kualitas elo. ketulusan elo.. kupu2 itu akan datang sendiri.
Pahami Customermu, apa yg mereka mau, banyaklah mendengar ketimbang ngoceh gak karuan tanpa titik kayak orang telemarketing nawarin pinjaman.
Sekian tulisan saya sebelum tidur sampai jam
10 pagi ini
Christina Lie

Posting Komentar untuk "Jualan tujuan nya cuma duit, Christina Lie, "