Cara kelola uang

Ringkasan Materi Sharing Online Semalem
. .
7 Principal of Rich & Wise Person

1. HIDUPLAH di bawah Garis kemampuan
2. STOP MENABUNG !!!!!
3. JANGAN PERNAH BERHUTANG...
4. kalaupun terpaksa BERHUTANG.... JANGAN PERNAH BAYAR !!!, PASTIKAN orang lain yang membayarnya
5. Jangan Gunakan "uang BApak", sebisa mungkin gunakanlah "uang ANAK", kalu bisa pakai "uang CUCU"
6. INGAT !!!! HARTA DIBAWA MATI
7. NIKMATILAH HIDUP...
Apakah maksud dari semua itu?
Ini sedikit penjelasannya:
1. HIDUPLAH di bawah Garis kemampuan:
Hidup hemat, jangan besar pasak drpd tiang, buat disposable income, atau sisa uang. Semakin banyak semakin baik. Caranya cuma 2: perbesar income atau perketat pengeluaran. Dan untuk kebanyakan orang perketat pengeluaran lebih mudah dibanding nambah pemasukan.
2. STOP MENABUNG !!!!!
Stop menabung mulailah berinvestasi. Uang sisa dari hidup dibawah garis kemampuan, kita gunakan untuk berinvestasi. Jangan ditabung, karena inflasi Indonesia berdasar ITB dan IMK selama 40 tahun, besarnya 10,8% rata2 1 tahunnya. ITB adalah Indeks harga Teh Botol, IMK adalah Indeks harga Majalah Kartini wkwk. Jadi uang kita harus diinvestasikan yang kira2 bisa menghasilkan ROI siatas 11% pertahunnya. Dibawah itu kita rugi.
3. JANGAN PERNAH BERHUTANG
Diusahakan jgn pernah berhutang utk keinginan konsumtif. Tahan diri ajah. Susah, karena kita mau Beda dari orang kebanyakan.
4. kalaupun terpaksa BERHUTANG.... JANGAN PERNAH BAYAR !!! PASTIKAN orang lain yang membayarnya.
Berhutang utk kebutuhan produktif ajah.. Beli aset, asetnya diproduktifkan, akhirnya dr aset dpt duit dan bisa buat bayar cicilan hutang itu.
Contoh yg pernah sy lakuin: beli mobil Toyota Hilux, harga 430 jutaan, cicilan 9 juta. Mobilnya disewain ke perusahaan, sewa perbulan 13,5 juta. Kurang lebih lah angka nya segituh. Jadi mobil kita dibayarin dari uang sewa perusahaan, kita dpt tambahan income juga.
5. Jangan Gunakan "uang BApak", sebisa mungkin gunakanlah "uang ANAK", kalu bisa pakai "uang CUCU"
Uang Bapak = gaji. Gaji ini dibelikan aset. Aset ini menghasilkan = uang anak. Hasil dari aset ini diinvestasikan, terus menghasilkan ini yg disebut uang cucu. Inget materiku tentang Compunding Interest beberapa waktu lalu? Kurleb kek gini.
Contoh: penghasilan kita diinvestasikan ke projek teman. Dpt bagi hasil. Terus bagi hasil ini kita beliin iphone, Nah jadi kita belanja pakai uang anak. Diawal Pengeluaran2 yg sifatnya tersier klo bisa pakai uang anak. Diujung semua pengeluaran kita pakai uang cucu. Ini TOP.
6. INGAT !!!! HARTA DIBAWA MATI
Jadikah harta kita amal jariyah yg menolong kita nanti. Wakaf masjid, wakaf pesantren, wakaf pendidikan untuk anak yatim dll.
7. NIKMATILAH HIDUP
Nerimo.. Jgn keseringan liat kanan kiri, hehe.. Bahagia ajah dg apa yg dikasih.. Hati tenang hidup bahagia.
Ya itu kurang lebih 40% materi yg dibahas semalem, klo tiap minggu gw bikin beginian pada mau ngikut gak?
With Love
-Papagon-
Strategic Financial Guru

Posting Komentar untuk "Cara kelola uang"