Makna Kupat

Zakiyah Darojah

---Ketupat, Simbol Kebijaksanaan Orang Jawa --

Gara-gara suami mau mengadakan kelas The Magic of Symbol. Dan kebetulan lagi nguplek-uplek ketupat, jadi terpikir buat tulisan ini.

Symbol, konon diakui sebagai bahasa paling tua yang pernah ada. Jika tulisan bisa punah oleh masa, jika kata-kata bisa terdistorsi maknanya, namun tidak dengan symbol. Ia melekat, sebagai budaya. Dan turun temurun dijadikan sebuah tradisi. Meski tidak tahu maknanya dalam simbol simbol itu, namun filosofi sesungguhnya sudah masuk di dalam budaya itu sendiri. Tanpa sadar, orang mampu mengikat maknanya. Karena symbol sudah terpatri di bawah sadar yang diturunkan oleh para leluhur dalam waktu yang lama.

Kebudayaan-kebudayaan yang tinggi, selalu meninggalkan simbol. Sebut saja contohnya piramida, bintang david, yin yang dan lain-lain. Begitu juga kebudayaan jawa, sebagai kebudayaan yang memiliki khasanah kebijaksanaan hidup yang tinggi, mempunyai banyak sekali simbol. Keris, wayang, blangkon, bubur abang putih, dan lain sebagainya, banyak sekali, dan termasuk di dalamnya ketupat.

Ketupat dalam bahasa jawa disebut kupat. Konon maknanya adalah "Ngaku Lepat" artinya mengakui kesalahan. Dan "Nglakoni laku papat " artinya melakukan 4 hal. Yaitu: lebaran (selesai. Selesai melakukan tirakat puasa), luberan (melimpah. Saling melimpahkan rezeki. Terutama untuk yang membutuhkan), leburan (lebur. Saling memaafkan/

meleburkan kesalahan satu sama lain), laburan (labur artinya mengecat dinding dengan kapur yang berwarna putih. Maksudnya, kembali menjadi putih bersih dan jernih hati masing-masing).

Begitulah katanya, makna dibalik simbol kupat/ketupat. Yang biasa tersaji di hari raya Idul Fitri/Lebaran....

====>>>lanjut ngupat

# selfreminder

# RamadhanDay30

Zakiyah Darojah

--- "Embuh" kondisi Total Berserah ---

Mempelajari suatu ilmu, memang sangat banyak manfaatnya. Intelektualitas kita berkembang, wawasan kita semakin luas, pemahaman kita semakin dalam dan lain sebagainya. Tentu hal itu menjadikan hidup kita lebih hidup, banyak inspirasi baru untuk berkarya, lebih lurus dalam menjalani laku hidup, lebih tepa slira, dan lain lain, banyak.

Bahkan ibadahnya orang berilmu juga lebih baik dibanding yang tak berilmu. Juga Allah menjanjikan mereka yang berilmu dinaikkan kemuliaan hidupnya beberapa derajat. Begitulah diantara keutamaan orang yang berilmu.

Namun pada akhirnya, pada dasarnya apa yang kita tahu dan pahami, hanyalah sedikit sekali dari yang sesungguhnya. Kebenaran yang kita tahu saat ini, selain sedikit juga tidak pasti. Bisa jadi berubah atau meluas 5 atau 10 tahun yang akan datang.

Jadi, jika pun kita merasa sudah menemukan kebenaran saat ini, genggamlah sewajarnya. Karena jika kita bertumbuh, kebenaran yang dulu, sekarang dan yang akan datang, bisa berubah seiring bertumbuhnya diri kita.

Allah sudah menceritakan dalam firmannya, tentang suatu kaum yang merasa sudah mendapat banyak ilmu, yaitu diturunkannya Taurat untuk mereka. Maka Allah mewahyukan sebagai bantahannya, "Katakanlah (wahai Muhammad), “Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum kalimat-kalimat Rabbku habis (ditulis), meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)." (QS: Al-Kahfi:109)

Pengetahuan yang kita tahu, bukan untuk menghakimi lian, tapi untuk menuntun diri sendiri menuju pada ilmu lainnya lagi. Menjadi batu loncatan kepada pemahaman yang baru lagi. Jika itu disebarkan, tentunya dalam rangka menyampaikan saja apa yang dipahami saat ini. Jika itu dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain untuk menambah pemahamannya juga, di situlah ada berkahnya ilmu.

Maka, para guru selalu menyebutkan diakhir kalamnya dengan "wallahua'lam bissowab" (Dan Allah Mahatahu yang benar/yang sebenarnya). Orang jawa menyebutnya sebagai "embuh" (tidak tahu). Karena yang kita tahu hanyalah kebenaran relatif, yang tidak tahu yang sebenar-benarnya.

Jadi, ilmu yang kita tahu dan pahami seyogyanya membawa pada semakin tunduk dan rendah hati. Karena semakin tahu, sejatinya semakin tahu kalau ia tidak tahu. Di sini lah titik kepasrahan hamba tertinggi. Berserah diri total. Embuh, wallahua'lambissowab....

# selfreminder

# RamadhanDay29

22 Mei pukul 09.04 ·

Zakiyah Darojah

---- Tirakat membawa Berkat ----

Baik sekala besar maupun kecil, pasti semua kena dampak pandemi covid yang sudah kita alami beberapa bulan ini. Meskipun selalu ada yang justru mengalami lonjakan produktivitas. Seperti mendapat tambahan job, omset naik, bisnis berkembang, banjir orderan dan lain lain. Tapi minimal terdampak pada pola hidup yang tidak seperti biasanya. Harus dadakan menjadi guru sekolah untuk anak-anak, keluar rumah musti hati-hati dan terbatas, tidak bisa mudik dan lainnya.

Kondisi ini juga bisa disebut sebagai ajang untuk tirakat. Meski awalnya terpaksa, namun jika menerima, bahwa situasi memang sedang tidak menentu seperti ini, dan legowo karena ini memang kondisi di luar kuasa kita, dan tetap waras untuk tetap kreatif berkarya, insyaAllah ini menjadi arena tirakat.

Terlebih bertepatan dengan bulan puasa, waktu yang istimewa untuk bermesra-mesra dengan sang pencipta. Semoga membuat tirakat kali ini terasa lebih bermakna.

Tirakat sendiri bisa dimaknai jalan pengendalian hawa nafsu. Fungsinya tentunya mengasah ketajaman/

kejernihan batin. Kondisi masa pandemi seperti ini membawa semua orang untuk tirakat. Tinggal masing-masing mau menyelami atau tidak. Mau memaknai seperti apa situasi ini. Mengambil peran untuk berbuat sesuatu, minimal untuk diri dan keluarga. Atau menyalahkan pihak lain yang di luar kendalinya.

"Bersama kesulitan ada kemudahan" , "Mengeluarkan dari kegelapan menuju cahaya", demikian Allah memberikan optimisme kepada hambanya yang tengah dirundung duka. Jadikan sholat dan sabar sebagai penawarnya. Mudah-mudahan tirakat ini akan membawa berkat untuk kehidupan kita.

Kami sepanjang Ramadhan tidak terpikir lebaran. Baju baru, kue, dan lain lain tidak terpikir. Padahal, biasanya itu adalah suatu yang fardu'ain, bagi saya utamanya. Kalau suami si, manut saya . Kami malah mikirin melarisi dagangan teman-teman, dan sebisa mungkin banyak memberi sebisa kami. Dan jebulnya ada yang mikirin kami ternyata. Tentunya mereka adalah perpanjangan tangan-Nya, sehingga dalam hati mereka tercantum nama kami.

Mukena, baju, parcel ada yang ngirim. Bahkan sampai sabun mandi, lipstik, bedak juga ada yang ngirim... Robbanaa, mungkin ini yang disebut "Siapa yang memikirkan hamba-Ku, maka Aku yang akan memikirkannya." Tapi nggak mau ke-GR an juga si, takut ujub. Hlaa wong iman aja masih sebesar butiran debu kok .

Intinya, tirakat membawa berkat, begitu saja...

# selfreminder

# RamadhanDay28

Zakiyah Darojah

---- Cintai Nasibmu ----

Seringkali seseorang meratapi nasibnya, merasa penderitaan hidup begitu berat. Kemudian membandingkan dengan nasib orang lain, "Ah dia si gak ada apa-apanya, aku lhoo... Bla bla bla..." Di sisi lain, susah juga melihat orang lain bahagia dengan nikmat hidupnya. Merasa yang diterima dalam hidupnya lebih istimewa "Ah, gitu aja bangga... Aku lhoo.. Bla bla bla.."

Perbandingan, baik apa yang disebut derita maupun kenikmatan (meskipun di level non duality, semuanya baik adanya) merupakan sumber penderitaan.

Seperti dalam sebuah pertandingan, setiap orang mempunyai arena pertandingannya sendiri-sendiri. Lengkap dengan tantangan dan hadiahnya. Perbedaannya, kita tidak sedang bertanding dengan siapa pun. Kita tidak sedang mau mengalahkan atau mengungguli siapa pun juga. Kita hanya sekedar bermain saja. Tugas kita adalah bermain sebaik-baiknya di lapangan ini, dengan aturan main yang sudah ditetapkan.

Bagaimana hasilnya? Itulah nasib kita. Dan sebaik-baiknya pemain adalah yang rela dengan hasil bermainnya. Tidak menyalahkan siapa-siapa, terlebih yang membuat aturan main.

Dalam permainan, kita memang seakan-akan boleh memilih dan menentukan nasib, namun pada akhirnya kita hanya bisa menerimanya. Karena kita bukan pemilik permainan.

Rela, menjadi bahan bakar untuk terus optimis bermain yang terbaik. Karena mengeluh dan meratapi nasib, hanya akan membuat permainan semakin sulit.

Ridho, terhadap apa pun hasil permainan di setiap rondenya. Karena sadar keridhoan itu yang akan mengantar kepada kepuasan hati.

Bukan hanya pihak lain kadang yang membuat tidak rela. Tapi juga harapan-harapan diri sendiri yang melenceng dari kenyataan. Maka penting untuk berlatih mencintai nasib. Agar permainan terus berjalan dengan baik dengan ending yang terbaik.

# selfreminder

# RamadhanDay27

Zakiyah Darojah

---- Temukan Caramu Sendiri ----

Ada sahabat yang bertanya, "kok saya susah hening ya, kalau hening duduk diam malah yang muncul kecemasan?" ya, nggak papa juga. Mengakses hening tidak harus dengan duduk diam. Memang Tuhan berkomunikasi dengan hambanya dengan banyak cara. Dan bisa diakses hambanya dengan cara yang berbeda-beda.

Cara otak bekerja bagi setiap orang juga beda-beda. Meski strukur otak manusia sama, tetapi kinerjanya berbeda-beda tergantung belahan otak mana yang lebih dominan bekerja. Ada yang kuat di neo kortexnya, ada yang di limbiknya dan lainnya yang menghasilkan karakter orang yang berbeda juga. Termasuk dalam mengakses keheningannya.

Kalau saya menikmati hening dengan dzikir atau hanya duduk diam, sementara suami justru hening saat mikir. Mikir yang sangat kuat, sampai mentok dan blank, dan akhirnya 'embuh', di situ katanya dia lebih merasakan nikmat.

Barangkali karena saya lahir di lingkungan santri. Dari orang tua, sampai mbah-mbah ke atas semuanya terdidik dengan kebiasaan ajaran islam tradisional, sehingga secara lingkungan dan DNA saya sudah bawaannya begitu.

Sementara suami lahir dari orangtua yang banyak mikir. Bahkan sampai sekarang bapak mertua saya masih banyak bertanya tentang hal yang aneh-aneh. Makanya nurun ke anaknya . Dan itu sama sekali tidak salah juga. Justru karena banyak mikir itu, barangkali banyak insight - insight yang suami saya dapat, yang tidak dipikirin orang lainnya.

Dan saya rasa juga, semua orang punya cara masing-masing untuk mencapai keheningan batinnya. Jika ngomel-ngomel itu membuat nyaman, ya lakukanlah. Jika beraktifitas membuat damai, ya lakukanlah. Jika nonton drakor membuat ayem tentrem, ya lakukanlah. Karena hening bukan cara, tapi suatu kondisi batin. Duduk diam hanya suatu cara untuk berlatih.

Kita bisa lihat, yang sepertinya suka misuh-misuh di dunia maya, ketika berjumpa di dunia nyata, aslinya baik hati dan santun-santun. Barangkali itu cara mereka untuk katarsis, dan setelah katarsis berasa lega. Ya monggo saja.

Yang justru hendak dicapai adalah hening dalam segala kondisi. Kalau bahasa para wali disebut sholat daim. Yaitu mengingat Allah secara terus menerus. Sesuai firman Allah:

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda dari orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksaan neraka" (QS Ali Imran:190-191).

Sunan Bonang menjelaskan, "berbakti yang utama tidak mengenal waktu. Semua tingkah lakunya itulah menyembah. Diam, bicara, dan semua gerakan tubuh merupakan kegiatan menyembah. Itulah niat sejati. Pujian yang tidak pernah berakhir"

Tidak mudah untuk bisa shalat daim memang. Hening, tersambung dengan yang Maha Kuasa selalu. Bisa menghadirkan hati di setiap aktifitas saja, itu sudah sangat bagus dan sangat membantu. Karena itulah perlunya untuk berlatih.

So, temukan cara sendiri-sendiri yang menurut kita pas..... Yang membuat lebih berdaya dan mudah untuk berserah diri

# selfreminder

# RamadhanDay26

Posting Komentar untuk "Makna Kupat"