Atheis bagian dari Islam

Atheis bagian dari Islam
.
Pernahkan kita sadar bahwa dalam kalimat tauhid itu ada kata tidak ada Tuhan (sebelum akhirnya dilanjutkan dengan kata kecuali Allah).
.
Kata tidak ada tuhan dalam kalimat syahadat adalah sebuah penegasan bahwa keberadaan Tuhan ada karena dasar ketidakberadaan Tuhan.
.
Kalau kita melihat dari struktur bahasa kalimat tauhid berbunyi "tidak ada Tuhan kecuali Tuhan". Perbedaannya hanya terletak pada kata Tuhan yang pertama tidak memakai Al dan kata yang kedua memakai Al.
.
Islam memiliki 2 Tuhan. Namun itu Tuhan yang sama. Yang satu Tuhan yang umum dan satu Tuhan yang Khusus. Karena memakai kata Al.
.
Dalam bahasa arab kata Al berfungsi menunjukan bahwa sesuatu itu khusus. Dalam bahasa inggris berarti "the" dalam bahasa Indonesia "Si" anu. Contoh ada orang bernama kancil. Kalau menunjukkan satu kancil khusus maka menjadi si kancil. Dengan maksud adalah kancil yang itu.
.
Islam menolak adanya Tuhan yang umum. Tuhannya semua umat dan agama. Namun Islam menerima adanya Tuhan yang khusus. Namun Tuhan yang umum dan khusus itu pun sebenarnya adalah tuhan yang sama.
.
Disisi lain perlu dipahami sebagai alternatif pemaknaan lain bahwa Tidak ada tuhan umum yang ada diluar diri. Yang ada adalah Tuhan khusus yang ada di dalam diri.
.
Itulah makna tauhid yang kami pahami.

Posting Komentar untuk "Atheis bagian dari Islam"