Christina lie sekolah

Christina Lie
Ok ini lanjutan dari postingan sebelumnya, yang belum baca, klik https://www.facebook.com/chistinalie/
posts/10158340320628050
di Foto sekolah 1 SMP ini, gw duduk paling depan, coba tebak yang mana? hahaha.
===
Jadi setelah selalu merasa anak yang bodoh, jelek, nobody, dan invisible dengan ranking 10 besar paling belakang melulu, ya intinya gak keren lah..
Gw jujur lupa kenapa bisa tau tau pergi ke Amrik, waktu itu nyokap gue ajak liat pameran pendidikan yang biasa ada di hotel-hotel gitu, lalu cuma kasih rapot terakhir (waktu itu gw udah kelas 1 SMA di sekolah yang sama), dan kebetulan sih pas SMA, ranking gw udah 15 besar,.
---
Tapi mungkin gw coba mengingat dulu ya, kenapa sih gw bisa merasa kayak gitu di kala itu,
1. Ortu gue itu bukan tipe ortu yang ngemong, agak cuek ke anak, tapi ya diurusin.. cuma jarang ngobrol heart to heart gitu.
Jadi meskipun gw mayan deket sama nyokap gw, yang selalu bilang gw itu cakep, pinter, tapi itu tetep gak ngefek masuk ke otak gue hahaha, gw pasti denial.
Lah kalau gw cakep kok temen-temen gw dah punya pacar, sementara gw?, yang naksir juga kagak ada hahahaha.
Jadi gw hidup dengan pemikiran dan realita gw sendiri, dan menurut gw, ortu gw itu mana ngerti sih apa yg gw hadapin di sekolah.
Nah ini juga lah yang membuat gw jadi ngerti pentingnya memperlakukan anak gw yang gede ini layaknya temen, ngobrol juga yang berarti, bukan cuma sekedar nanya udah makan belum, ada PR nggak.
2. Nyokap gue itu dulunya bintang kelas di sekolahnya, ketua osis, pemimpin paduan suara, juara umum tiap tahun di sekolahnya, pokoknya keren banget, plus banyak yang naksir, kalau gw liat foto-foto nyokap jaman dulu, suwer sih, cakep banget.
Jadi karena gw merasa gw gak bisa relate dengan nyokap yang masuk kategori anak keren dan gaul, sementara gue anak o'on, mungkin ini juga yang bikin gw gak terlalu banyak mau cerita kalau gw aslinya itu gak punya temen di sekolah.
----
Jadi apa yang bikin gue berubah pas di Amrik ?
1. SMA kelas 2 di Amrik itu, mereka sebutnya grade 11, sekolahnya, sekolah private (bukan public) yang sekelas isinya cuma 12 orang. Total murid di sekolah itu cuma ada 450 anak, dan gw satu-satunya Asian.
Di saat itu, gue itu jadi anak terpintar di kelas, soalnya beneran sih, pelajarannya guampang banget, bayangin aja ya:
- Pelajaran matematikanya, masa cuma masih nyari berapa derajat sudut segitiga jika 2 sudut sudah diketahui derajatnya wkkwkw
- Pelajaran kimianya?, masih baru ngafalin tabel chart unsur Kimia, yang gw udah hafal luar kepala dari kelas 1 SMA.
- Pelajaran Fisikanya?, walah lebih gampang lagi, tapi gw lupa dulu disuruh ngapain..
- Pelajaran geografinya?, gurunya kan bilang tuh, pelajari halaman 100 s/d 130, nah 2 hari sebelum ulangan, dia kasih kisi-kisi, suruh highlight pake stabilo tuh, text-text apa saja yang akan keluar di ulangan wkwkwkwkwkw.
Pelajaran yang menurut gw itu level SMP tapi gw dapetinnya pas grade 11 disana.
Rapot disana itu udah kayak rapot kuliah, pake model IPK, paling tinggi 4.0.
Gue sabet itu 4.0 selama setahun terus terusan, tiap 3 bulan rapotnya. straight A semua nilai gue.
Gue mengalami sendiri, decakan kagum dari temen sekelas, sampai tatapan iri, kok gue bisa.
---
2. Semua orang mikir gue itu cakep, tapi memang pas pergi itu, kawat gigi gue di indo mau gak mau dilepas, mulut gw yang tadinya kayak tonggos gegara kawat, jadi bagusan..
Dan, mungkin keling itu kalau dimata bule kayaknya cakep yak hahahaha,
---
3. Gw disana lanjutin eskul taekwondo lagi, dan kembali lagi, jadi top student, cowo sparring sama gw, gak sengaja ketendang kepalanya sama gw (padahal dia pake helm), langsung jatuh ambruk.. abis itu semua yang di situ jadi segan sama gue.
---
4. Gw di amrik itu dapet Host Family (tinggal sama keluarga disana), makan dan biaya sekolah ditanggung mereka, jadi ternyata kenapa gw di pilih sama mereka untuk stay disitu,
Karena setelah selidik punya selidik, anak mereka yang ke 2 itu ulang tahunnya sama kayak gue, baik tanggal dan tahunnya.. dan anak mereka itu meninggal pas Florida kena topan gede, sedih banget sih.
Jadi memang yang ikut pertukaran pelajar ini, hoki-hokian juga sih dapet host familynya, ada yang dapetnya keluarga biasa saja, ada yang dapetnya keluarga lumayan.
Kebetulan gw dapet keluarga yang lumayan berada, punya kolam renang, trampoline, dan jet ski, tempat barbeque di halamannya, dan hubungan keluarganya tuh deket banget.
Tiap hari pasti ada jadwal family time bareng, entah nonton bareng, baca alkitab bareng (host family gue itu Kristen taat), berenang bareng, plus kalau weekend itu sering jet ski di danau dekat situ.
Dan mereka selalu mengagumi karya gambar gue, sampai dibeliin frame, lalu dipajang-pajangin, jujur gw merasa terharu.
---
Singkat cerita, secara tumbuh mental, dalam setahun itu,
Gue tetiba merasa diri gue itu begitu berharga, nggak invisible lagi, gw yang selama ini minder waktu di indo, jadi bangga sama diri sendiri.
Secara iman, meskipun agamanya beda, tapi ini yang menjadi titik awal akhirnya gw menjadi bertumbuh sisi spiritualnya.
Bayangin guys, gue waktu ke Amrik itu usia 15 tahun, ngerayain sweet 16 juga disana ( di Amrik itu adanya sweet 16, bukan 17),
Remaja usia 15 tahun yang tadinya merasa bodoh, jelek, nobody, tiba-tiba bisa menjadi somebody, ini adalah perasaan yang sungguh luar biasa.
Setahun berakhir, jujur gw sedih banget, tapi sesampainya di Indo, tentu saja gue gak mau balik lagi menjadi nobody,
Disitulah gue berupaya habis-habisan, belajar lebih keras, karena sudah ada jejak precedent-nya yang memberikan keyakinan ke diri gue, kalau gue pasti bisa.
Bahasa inggris gue juga (dulu) sih bagus banget hahaha, ya secara setahun itu gue asian sendiri, dan inilah yang bikin gw mengawali kerja pertama gw di indo itu sebagai guru bahasa inggris pas di usia 17.
ya kalau sekarang sih, Inggris gue dah ngaco-ngaco aksennya wkwkwkwk
----
Moral Storynya:
yang pasti bukan karena ke Amriknya, tapi jujur sih, menurut gue.. belajar dari pengalaman gw di masa lalu itu.
gw lebih milih anak gue pede di sekolahnya, jadi kalau dia merasa bodoh di sekolah A, mendingan gw pindahin ke sekolah B yang taraf edukasinya gak sesulit sekolah A.
Dan gw juga bukan tipe yang terlalu keras minta anak gue itu dapet nilai bagus.
Selain itu, memang sering kali ortu (termasuk gue) itu lupa kalau anak gw udah gede, tapi gw masih perlakukan dia kayak anak kecil.. padahal kalau diajak ngobrol udah bisa kayak ke temen.
Apa lagi ya?
Silahkan simpulin masing-masing ya, tulis di komen

Posting Komentar untuk "Christina lie sekolah"