Macam income

[2/6 08.01] Cp Agusdin Iibf: Pagi bosque....

Maaf semalam libur sharingnya....
Karena semalam sy nongki di wisma patria muda bareng sama om Dhodi dan om Wastam ngobrolin bisnis barunya om Wastam yg sebentar lagi mau dilaunching.
Insyaa Allah nanti malam kita lanjut lagi.

Oh ya hari rabu malam Insyaa Allah di markas Cenpro di Patriot akan diadakan silaturahmi dan halal bi halal IIBF Purwokerto. Dan om Wastam akan presentasi tentang bisnisnya. Yang berkenan hadir monggo...

Oh ya Om Wastam yg blm kenal sama beliau sy bocorin dikit ttg profil nya..
Anggota DPR RI periode berjalan... Yg jelas bukan dari P*I
Owner Dream Land Ajibarang
Owner the Forest Baturaden
Dll...
[2/6 20.06] Cp Agusdin Iibf: baik sy lanjutin aja.... khusus untuk yang mau belajar saja.... yang tidak butuh ilmu ini sy mohon maaf, anda tinggal skip atau hapus saja chat sy ini di layar hp anda. 🙏
[2/6 20.08] Cp Agusdin Iibf: sy belajar ilmu ini sejak usia sy awal 30 an, dan sy berkomitmen untuk belajar dan praktek ilmu ini. Dan hasilnya di usia 40 an sy memutuskan untuk jadi *"PNS"*
[2/6 20.09] Cp Agusdin Iibf: Ada yang mau pesiun saat usia 40 an?
[2/6 20.10] Cp Agusdin Iibf: tentu dengan penghasilan yang bisa mengcover biaya hidup kita selama pensiun.
[2/6 20.11] Cp Agusdin Iibf: Ada wacana pemerintah untuk mempensiunkan ASN di usia 45 tahun
[2/6 20.12] Cp Agusdin Iibf: mungkin banyak yang akan kaget dan belum siap menghadapinya ketika pemerintah akhirnya mempensiunkan ASN diusia 45
[2/6 20.13] Cp Agusdin Iibf: andai mereka tahu ilmu ini di usia lebih awal, hal itu tidak akan terjadi
[2/6 20.15] Cp Agusdin Iibf: Kemarin saya sudah singgung ada beberapa jenis Asset. Bisnis, Properti/Real Estate, Stock&Bonds/Surat Berharga, dan Emas/Deposito/setara cash.
[2/6 20.15] Cp Agusdin Iibf: malam ini sy akan share tentang jenis Income
[2/6 20.16] Cp Agusdin Iibf: Ada 3 Jenis income
[2/6 20.17] Cp Agusdin Iibf: Aktif Income
[2/6 20.17] Cp Agusdin Iibf: Pasif Income
[2/6 20.17] Cp Agusdin Iibf: Capital Gain
[2/6 20.22] Cp Agusdin Iibf: Selama ini kita hanya tahu satu jenis penghasilan saja, yaitu pasif income
[2/6 20.22] Cp Agusdin Iibf: sory Aktif Income
[2/6 20.22] Cp Agusdin Iibf: ya kita hanya tahu satu jenis income saja yaitu Aktif Income
[2/6 20.22] Cp Agusdin Iibf: Aktif Income adalah income yg kita peroleh karena kita 'aktif' bekerja.
[2/6 20.23] Cp Agusdin Iibf: Kita lahir, besar, belajar, dan bekerja di lingkungan yg hanya tahu 1 jenis penghasilan saja, yaitu penghasilan aktif. Penghasilan yg diperoleh dari apa yg kita kerjakan sekarang. Kita belajar bahwa yang benar itu adalah BEKERJA MENCARI UANG, karena itulah yg dilakukan oleh 95% orang di dunia. Dalam melakukan pekerjaan apapun, mereka inginnya langsung menerima uangnya. Mereka menjual waktunya untuk sejumlah uang. Sayangnya mereka terbukti hanya menikmati 5% dari kekayaan di dunia krn tenaga dan waktunya terbatas. Tanpa disadari banyak dari mereka yg bekerja supaya orang lain bertambah kaya sedang mereka sendiri bertambah miskin.
[2/6 20.24] Cp Agusdin Iibf: Problem dengan aktif income adalah kalau saya tidak bekerja, saya tidak mendapatkan penghasilan.
[2/6 20.24] Cp Agusdin Iibf: Seperti banyak kasus yang kita lihat saat pandemi ini
[2/6 20.25] Cp Agusdin Iibf: Hal ini juga  yg menyebabkan 70% 'high paid executive' bangkrut ketika pensiun (tidak bekerja lagi).
[2/6 20.31] Cp Agusdin Iibf: Definisi aktif income yang lebih komplit adalah penghasilan dari pekerjaan seperti gaji, honorarium, komisi broker, dan keuntungan bisnis yg kita kelola sendiri. Penghasilan jenis ini sering disebut sebagai UANG YANG SALAH. Karena uang jenis ini tidak menyebabkan kita kaya. Uang jenis ini juga menyebabkan kita semakin stress. Sudah sangat terbukti bahwa semakin besar penghasilan aktif seseorang, semakin besar masalah keuangan mereka dan semakin stres mereka. Uang tidak menyebabkan seseorang menjadi kaya.
[2/6 20.32] Cp Agusdin Iibf: Yg membuat kita kaya adalah jika memiliki SUMBER UANG yaitu *ASET*.
[2/6 20.35] Cp Agusdin Iibf: Ciri lain dari penghasilan aktif adalah mudahnya digunakan untuk bersenang senang. Karena kita merasa mendapatkannya dengan bekerja keras membanting tulang. Kita cenderung merasa berhak menggunakan secepatnya. Akibatnya kita terjebak dalam hedonic treadmill, terus menerus menumpuk beban sehingga bebannya semakin berat dan kita sebagai aset akhirnya tidak memiliki kekuatan lagi.
[2/6 20.36] Cp Agusdin Iibf: Berbeda dg penghasilan pasif, mula mula nggak dapat uang. Tetapi lama lama uangnya akan melimpah.
[2/6 20.37] Cp Agusdin Iibf: Penghasilan pasif diperoleh dari apa yg sdh kita kerjakan di masa lalu, yaitu MEMBANGUN ASET. Disebut juga residual income. Ini adalah jenis penghasilan yg bisa membuat kita kaya. Uang yg berasal dari penghasilan jenis ini disebut juga sebagai *uang yang benar*.
[2/6 20.37] Cp Agusdin Iibf: Berbeda dg penghasilan aktif, semakin besar penghasilan pasif Anda, semakin relaks dan tenang kehidupan Anda.
[2/6 20.39] Cp Agusdin Iibf: Hambatan utk mendapatkan penghasilan pasif ini adalah diri Anda sendiri. Yaitu kepercayaan salah tentang penghasilan jenis ini. Di lingkungan orang miskin, ide penghasilan pasif tidak populer krn mereka nyaris tidak pernah mendapatkan. Dianggapnya penghasilan jenis ini adalah penghasilan yg tidak jelas berasal dari mana, seolah olah tanpa bekerja atau melakukan sesuatu kita bisa mendapatkan, sehingga kita menganggapnya sebagai penghasilan tidak sah atau haram.
[2/6 20.39] Cp Agusdin Iibf: Istilah pasif income sebenarnya tidak terlalu cocok. Saya kurang setuju dengan istilah pasif income. Tidak ada income yg bisa kita peroleh dengan tidak melakukan apa-apa (pasif).
[2/6 20.41] Cp Agusdin Iibf: Lebih cocok sebenernya income dari Investasi. Thus...kita harus tetap me-manage investasinya secara aktif.
[2/6 20.41] Cp Agusdin Iibf: Namun istilah pasif income, yg dipopulerkan oleh Robert T Kiyosaki ini memang memudahkan orang mengerti. Jadi kita pakai saja ya. Walaupun saya percaya yg Kiyosaki maksudkan dengan pasif income adalah income dari Investasi. Bukan income yg didapatkan by doing nothing.☺️
[2/6 20.45] Cp Agusdin Iibf: Jenis income yg ketiga adalah Capital Gain. Income yg didapat atas kenaikan harga Assetnya. Saham dan properti bisa memberikan capital gain.
[2/6 20.47] Cp Agusdin Iibf: Contohnya, saya membangun Rumah Kost Premium 20 kamar di Wirasana Purbalingga dekat RS Goetheng, kemudian Kost itu kemudian dioperate oleh istri saya, dan saya mendapatkan penghasilan bulanan atas penyewaan kost tersebut, itu artinya saya mendapatkan pasif income.
[2/6 20.47] Cp Agusdin Iibf: Dan jika kostnya kemudian dijual, dan naik harganya, saya mendapatkan income capital gain.
[2/6 20.50] Cp Agusdin Iibf: Saran saya sih kita harus memiliki multiple source of income, ya yang aktif income ada, pasif income banyak, dan capital gain beusar
[2/6 20.53] Cp Agusdin Iibf: KAlau anda hanya berdiri di satu kaki akan sangat beresiko jika terjadi sesuatu dengan kaki anda, kalau dua kaki akan menjadi lebih baik. Apalagi jika kita berdiri seperti kaki meja akan semakin kokoh anda berdiri.
[2/6 20.53] Cp Agusdin Iibf: Jadi coba kita audit, berapa jenis income yg kita miliki saat ini.?
[2/6 20.54] Cp Agusdin Iibf: Kalau ada pertanyaan langsung di group saja ya.... biar yang lain ikut belajar, dan sy juga tidak harus mengulang jawaban yang pertanyaannya sama
[2/6 20.55] Cp Agusdin Iibf: ok segitu dulu untuk malam ini, kalau ada pertanyaan saya tunggu sampai jam 21.00
[2/6 20.55] Cp Agusdin Iibf: kita lanjut besok
[2/6 20.58] Cp Agusdin Iibf: Pasif income bisa kita warisankan ke anak cucu kita, aktif income tidak bisa kita wariskan.
[2/6 21.04] Cp Agusdin Iibf: Tema untuk lusa "Bagaimana membangun Asset"
[2/6 21.18] Cp Agusdin Iibf: Ini ada pertanyaan bagus ..... "Bagaimana cara kita menjual asset kita supaya kita mendapatkan capital gain yang beusaaar?"  Asset itu bisa bisnis dan properti ya...
[2/6 21.19] Cp Agusdin Iibf: Sy pernah melakukan hal ini denganangka yang cukup fantastis bagi saya....
[2/6 21.21] Cp Agusdin Iibf: sy pernah menjual bisnis sy yaitu lembaga bimbingan yang sy miliki dengan angka pas 1 M, padahal dari segi real aset nilainya tidak lebih dari 100 jt. (dan ini no tipu-tipu) dan sy berhasil mwnjual 2 lembaga pendidikan saya 😊
[2/6 21.24] Cp Agusdin Iibf: sy belajar dari mentor saya pak Budi Satria Isman di worshop SBM (Smart Busines Map)
[2/6 21.24] Cp Agusdin Iibf: Beliau adalah mantan CEO coca cola Indonesia
[2/6 21.26] Cp Agusdin Iibf: Beliau mengakuisisi (mengambil alih) PT. Sari Husada (perusahaan susu SGM) dengan angka 4 T, dengan rincian 1 T untuk tangibel aset, dan 3 T untuk intengibel aset.
[2/6 21.27] Cp Ana Abdulloh: Kalo yang modal dikit gimana yah?
[2/6 21.27] Cp Agusdin Iibf: Dia kelola selama kurang dari 3 tahun, kemudian dia jual ke Perusahaan Danone dari Prancis dengan harga 21 T
[2/6 21.30] Cp Agusdin Iibf: Memang angka saya belum sebesar beliau, tapi ini bisa membuat sy bisa lebih cepat untuk pensiun dini.
[2/6 21.30] Cp Ana Abdulloh: Alhamdulillah semoga saya bisa ikut jadi milyarder
[2/6 21.38] Cp Agusdin Iibf: ini hanya intermezo saja kok..... ilmu ini cukup dahsyat kalau kita serius untuk memperlajarinya dan mempraktekkannya....

Posting Komentar untuk "Macam income"