New Normal

Risang Rimbatmaja
Skenario komunikasi untuk relawan yang berjuang mengedukasi warga tentang COVID-19.
-------------------------------------------------------------------
-Mengomunikasikan 3 perkara cegah virus corona secara singkat-
(setelah memberi leaflet, masker atau lainnya)
1. Ibu/ Bapak/ Abang/ Adik, jangan sampai kena virus corona ya. Ini 3 perkara untuk lindungi diri dan keluarga dari virus
2. Pertama, coba bentangkan tangan ke arah saya. RELAWAN JUGA BENTANGKAN TANGAN, BERI JARAK 1-2 JENGKAL. Nah, begini jarak kita sama siapapun. Supaya aman. Virus corona menyebar lewat percikan waktu kita bicara. Bicara seperti ini bisa sebarkan virus tetapi karena jaraknya seperti ini, aaaaman.
Di luar rumah, selalu jaga jarak sama siapapun karena kita tak tahu siapa yang bawa virus. Banyak OTG – Orang Tanpa Gejala. Ingat OTG. Sakit tapi tidak merasa sakit alias sehat dan bawa penyakit.
3. Kedua, pakai masker. TUNJUK MASKER SENDIRI. Masker ini melindungiku dan melindungimu. Tapi kalau salah pakai, bisa mencelakakan. Cara yang benar begini. BUAT GERAKAN-GERAKAN SESUAI.
• Cuci tangan pakai sabu dulu
• Tutupi dari hidung sampai dagu. Jangan ada sela
• Jangan buka tutup atau sentuh-sentuh
• Kalau basah, ganti. Masukkan ke kantong plastik atau langsung cuci
4. Ingat, walau pakai masker tetap jaga jarak. Kalau terlalu dekat, masker percuma. Apalagi kalau orangnya batuk, bersin. Tembus juga itu virus. Coba bentangkan tangan. Kalau beda sejengkal, pakai masker amanlah. Tapi kalau kurang dari 1 meter. Berbahaya. Jadi selalu jaga jarak. TUNJUKKAN. Langkah mundur atau samping. Atau jangan sungkan-sungkan, kasih tanda seperti ini TANGAN BERSEDEKAP, SALAM SUNDA dan bilang maaf kita jaga jarak ya supaya sama-sama sehat. Atau pas ngantri orang desak-desakan, TUNJUKKAN batuk-batuk aja lalu bilang maaf kita jaga jarak ya.
5. Yang ketiga, coba lihat tangannya. Ada virusnya? Ga kelihatan? Tapi sudah pegang apa saja tadi?
Percikan orang bicara, batuk, bersin itu bisa jatuh ke benda-benda. Masih hidup virusnya. Kalau kita sentuh, virus berpindah ke tangan kita. Kalau sentuh mulut, hidung, mata, masuk ke tubuh kita. Sakit deh kita. Makanya, sering cuci tangan pakai sabun. PERAGAKAN. Ikuti gerakan saya.
• Pertama-tama, bilas air lalu pakai sabun, gosok-gosok telapak secara melingkar
• Gosok punggung tangan sampai jari-jari bergantian
• Gosok sela-sela jari
• Gosok punggung jari dengan posisi saling mengunci bergantian
• Gosok jempol bergantian
• Gosok ujung-ujung jari di telapak tangan bergantian lalu bilas dengan air bersih
Gosok-gosok minimal selama 20 detik. KALAU MUSLIM 20 detik itu seperti baca Alfatihah agak cepat. Hapal kan? UNTUK UMUM kapan ulang tahunnya? Wah SEBUT TANGGALNYA. 20 detik itu seperti nyanyi lagu selamat ulang tahun.
6. Ibu/ Bapak/ Abang/ Adik mau kena virus? Saya ga mau Ibu/ Bapak/ Abang/ Adik kena virus lalu menularkan ke keluarga dan tetangga. Mau saya kita semua sehat selalu. Ga mau kena virus, kan? Kalau ga mau ada berapa perkara yang harus kita lakukan? Apa saja?
7. Sehat kita ya Ibu/ Bapak/ Abang/ Adik ya. Amiin. BERI SALAM
KALAU WAKTU TERBATAS, CARA PAKAI MASKER DAN/ ATAU 6 LANGKAH CUCI TANGAN BISA DISKIP.
Winnie Sang

Posting Komentar untuk "New Normal"