Uang atau cetak uang by dahlan iskan

Dahlan Iskan cetak uang atau utang ? Dahlan Iskan
.
Terus terang saya tidak dua duanya. Atau dua duanya. Dalam pengertian begini. Saya ini mungkin karena latar belakangnya orang miskin. Dan ayah menyontohkan orang itu harus kerja keras. Saya memilih kita menderita dahulu. Dan bekerja sekeras kerasnya  . Tapi mungkin orang tidak mau menderita.
.
Saya tidak setuju prinsip seperti itu. Dalam kehidupan sehari hari saya pun mererapkan begitu. Dari pada utang lebih baik menderita. Tetapi sekarang menderita tingkat nasioanl. Semua orang harus mau menderita. Dengan penderitaan maka utang kita tidak bayak. Kalau harus cetak uang juga tidak banyak.

Jadi tidak bahaya.

Dulu saya pernah di angkat jadi pimpinan perusahaan yang perusahaan itu hampir bankrut. Tetapi saya harua bangkit kan perusahaan ini. Pilihannya harus punya modal. Ngemis atau utang. Atau cari cara lain yang lebih bahaya. Maka saya pilih menderita . Misal mobil untuk perusahaan. Dari pada kita sewa mobil. Dan yang biasa bekerja lebih longgar sekarang lebih panjang . Lebih mati matian. Dan saya pilih itu. Selalu saya lakukan terus menerus. Tetapi itu tadi. Latar belakang orang beda beda. Jadi saya pilih menderita dahulu.
.
Katakan apbn potong. Tahun ini gak ada jembatan baru. Tidak ad kenaikan gaji. Tak ada kenIkannpensiun. Tidak ada jalan bRu. Satu tahun penuh. Nah karena itu utangnnya tidak sebanyak yang direncanakan. Kalau toh cetak uang tidak sebanyak yang direncanakan.

.
Saya juga pernah ketika jadi pln. Dalam 1 bulan tidak boleh ada uang perjalanan yang dikeluarkan oleh pln. Ribut sekali. Tidak mungkin tidak melakukan perjalanan. Ini perusahaan besar sekali. Ternyata perjalanan di pln ada 5000 lebih. Dan uang perjalanan sebanyak itu. Tetapi apa betul kalau tidak ada uang peejalanan peeusahaan ini macet?
.
Teman teman pada mempersoalkan. Tidak bisa pak. Kita sudah komitmen hadir di bali. Itu kita tuan rumahnya . Saya bilang  tidak boleh. Wakilkan ke orang yang ada di bali. Wah ini ada pertemuan internasional. Tidak boleh. Bilang bahwa dirut kaami tidak boleh ada perjalanan. Sudah minta maaf. Pak kalau nanti ada tower listrik yang roboh di satu tempat bagaimana?? Apakah kita biarkan tiang itu roboh. Tetep tidak boleh ada perjalanan. Saya percaya orang pln setempat mampu mengartasi itu. Kita doakan.
.
Memang agak ekstrim. Tapi saya ingin ada penderita tertentu dalam hidup ini. Akhirnya 1 bulan tidak ada uang perjalan. Atau spj. Tidak ada. Dan hemat 50 milyar 1 bulan.
.
Hal seperti ini banyak sekali bisa dilakukan. Hal ini komit soal idwologi apa yang akan di laksanakan. Jadi ideologi saya penderitan. Jadi saya pemilih itu. Minta maaf. Karena kita sudah terbiasa nyaman.
.
Kalau disuruh menderit kita marah marah. Kita harua menderita. Negara sesang sisah. Kita ingat negara besar juga perlu menderita. Saya pro kita harus bersedia menderit demi kemajuan bangsa.
.

Posting Komentar untuk "Uang atau cetak uang by dahlan iskan "