MPK

[14/7 19.16] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Assalamu'alaikum Wr wb

Selamat malam  Bapak Ibu semua🙏

Sekarang kita mulai kelas online di hari ke 1 ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesungguhannya untuk saling belajar bersama saya 🙏

Di setiap kulwap selalu ada beberapa praktisi maupun Trainer Pengembangan diri juga pakar dari bidang akademisi yang ilmunya tak kalah hebat namun mau menundukkan hati dan berkenan berbagi energi positif dengan bergabung di kulwap ini
Terimakasih ya.. .
dan salam hormat saya..🙏

Mohon ingatkan saya juga,  apabila ada salah sebut istilah istilah tertentu yang sebetulnya bukan wilayah saya yaitu terutama di bidang medis..dan lain lain ..🙏

Kenalkan saya

Saeful Richy Segara
EO, Penulis, Founder MPK, Founder TSDC, Pemerhati Pola, Praktisi Energy, Quantum, Reiki dan Hypnoterapist

Saya akan dibantu oleh dua fasilitator

Pak Tri Yulianto dan Pak Anton Santoso
=====

Pemberian materi selama 3 malam ini dalam bentuk text .dan juga voice note serta beberapa video
[14/7 19.17] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: *Disclaimer*

Saya berharap keseluruhan materi kelas ini tidak untuk disebarluaskan, semua materi hanya saya ijinkan bagi yang ikut kulwap , untuk menjaga komentar komentar maupun pendapat atas dasar persepsi orang yang belum tentu benar ..
Serta untuk menghindari penggunaan /praktek yang kurang bertanggung jawab
[14/7 19.18] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: *hari ini lebih banyak teori pikiran sadar dan bawah sadar, besok membahas tentang praktik dan hari ketiga,materi utama 5 langkah MPk*
[14/7 19.18] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Saya bikin kelas ini bukan untuk membuktikan saya hebat atau bagaimana. Tapi saya ingin mencoba berbagi apa yang saya alami dan praktik kan.

Dalam kelas ini juga jangan berharap terlalu banyak ekspekstasi bakal menjadi kelas yang sempurna.
[14/7 19.19] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Kelas ini jauh dari sempurna. Jadi terima lah kesederhanaan ini. Insya Allah akan bermanfaat bagi yang berkomitmen dan sungguh sungguh mempraktikkannya. Pakai yang paling sederhana dan tergampang.

Kuncinya, istikomah dan konsistensi
[14/7 19.19] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Saya hanya menggunakan prinsip, *iso ku Yo iki. Bisa ku ya begini ini* Seadanya. Kalau menunggu sempurna maka kelas ini tidak akan pernah ada.
[14/7 19.20] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Selanjutnya, saya hari pertama ini akan lebih dominan mengenai teori. Karena saya sadar bahwa peserta tidak semua sudah ahli dan paham tentang bawah sadar.
[14/7 19.20] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Mohon nanti segala pertanyaan diutarakan menunggu saya memberi kesempatan ya..
Agar materi yang saya sampaikan bisa berurutan dan tidak terpotong potong

Informasi awal yang ingin saya tau , apa alasan anda ikut kelas ini, apa yang ingin di dapat? Dan dapat dari siapa informasi kelas ini?

Silahkan dijawab jujur spontan...tidak usah takut hehehe
[14/7 19.20] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Jadi bagi yang sudah banyak belajar tentang pikiran bawah sadar, sabar ya untuk berjalan bersama.
[14/7 19.21] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Jadi di harap tidak terjadi kejomplangan
[14/7 19.21] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Sekali lagi, kelas ini bukan bermaksud saya menggurui, karena saya sadar betul di antara kita banyak praktisi yang sudah mumpuni dan juga peserta yang lain juga barang kali sudah mendengar teori teori dari kelas lain.

Saya hanya akan mensharingkan apa apa yang sudah saya praktik kan. Saya hanya akan membagi pengalaman saya. Pengalaman dalam kehidupan saya langsung. Siapa tahu disini kita semua bisa belajar menjadi lebih mudah yang terangkum dalam materi yang saya sharing kan.

Yang akan saya bagikan antara lain lebih banyak tentang pikiran sadar, pikiran bawah sadar, quantum dan energi. Dan tidak menutup kemungkinan jika berkembang akan muncul materi di luar dari materi utama.
[14/7 19.22] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: *Cerita kebangkitan*

Saya ceritakan pengalaman saya dulu ya, walaupun sudah pernah saya tuliskan di facebook, tap

i ga pp saya sharing kan kembali. Sejak keluar SMA, sudah mandiri jadi kuli. Hehehe. 5 tahun kemudian punya usaha sendiri. 5 tahun kemudian menikah di 2004. Kehidupan bagus, kesadaran kurang. Ilmu kehidupan seadanya. Tahun 2009 perusahaan mulai colaps. Tahun 2010 resmi bangkrut. Setelah saya telusuri. Saya salah mengelola manajemen RASA karena pemahaman tentang pemberdayaan diri sangat minim.
[14/7 19.23] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Lalu ada sisa uang dikit, jualan sate di Indramayu. Pulang dari jakarta. 3 bulan bangkrut lagi. Lalu jualan kaos keliling. Sembari ikut CNI, tau kan CNI? MLM itu loh. Gak berhasil semua. Lalu gabung di Komunitas Enterpreuner University EU. Semua di lakukan karena ingin bangkit lagi. Dengan berbagai macam cara. Di EU inilah mulai mengenal ilmu ilmu pemberdayaan diri. Banyak motivasi disana. Namun tetap saja, kesulitan hidup tidak berubah.
[14/7 19.23] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: 2011 awal terlempar lagi ke jakarta. Serabutan ikut saudara. Dan juli 2011 saya jualan es jus di cikunir Bekasi. Nah di periode jualan es inilah titik terendah kehidupan saya terjadi. Yang saya sharing kan menjadi status viral saya itu loh. Bersyukur telah mengalami titik yang paling terendah, karena pilihan nya tidak ada ke bawah lagi, namun yang ada pilihan naik ke atas. Prinsip saya adalah jangan jadi tanah liat ketika di jatuh kan, namun jadilah bola bekel, semakin keras di banting, semakin melesat tinggi.
[14/7 19.24] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Dan terbukti, setelah beberapa bulan di dalam kondisi yang memprihatinkan. Persis di tanggal 11-11-2011 saya hijrah ke jakarta Utara, bekerja pada kakak sepupu. Dari bos, lalu bangkrut, lontang lantung, jualan segala macam, lalu jadi karyawan wkwkwk. Namun di tempat ini lah saya belajar banyak untuk bangkit.
[14/7 19.24] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Oh ya, di Awal tahun 2011 saya sempat belajar Hipnotis sama pak Mardigu Wowiek. Di desember 2011 saya belajar Hipnotis sama Romo Dewa, bersama Mas Tri Yulianto. Di 2012 saya ketemu blog Human Earth. Di juni 2012 saya belajar Quantum Awarenese Healing, Quantum X Formation agustus 2012. Dan kelas Vibrasi Desember 2012.
[14/7 19.24] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Tahun 2012 adalah tahun ketemu cahaya hehehehe
[14/7 19.25] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Sebelumnya penuh kegelapan wkwkwk
[14/7 19.25] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Nah di tahun inilah juga saya menemukan satu teknik yang akhirnya menjadi kelas ini. Akhirnya saya intens mempelajari POLA. Bahwa Pola bawah sadar tidak bisa di hapus, akan tetap ada. Namun kita bisa membuat Pola baru, pola tandingan.
[14/7 19.25] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Jika kehidupan masih penuh keruwetan hidup maka dalam diri seseorang ada guratan pola yang tebal pola keruwetan

Guratan lama tidak akan hilang, hanya bisa di tandingi oleh Guratan baru yang setara atau lebih tebal

Bisa di hilangkan guratan pola itu? *Tidak bisa*

Dia akan tetap ada selamanya. Akan selalu on jika di picu.

Apakah jika sudah membuat Pola baru tandingan otomatis pola lama akan hilang?

Tidak, pola lama akan tetap ada. Namun jika kita sering mengaktifkan pola baru, otomatis pola lama akan tidur. Dan akan bangkit lagi ketik terpicu sebab tertentu.
[14/7 19.25] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: *special thaks buat para guru*

*yan Nurindra Kyai Dadan Sukabumi Pak Rizky Adem Ati Erianto Rachman Mardigu Wowiek Romo Dewa Ronaldo Ardianto Ifan Winarno Arif Rahutomo Pratiwi Dwi Ahmad Masruri Beni Budaya Gmps Aditya Adji Saka  Suzyana Shakroni Wong Kian Hin Romo Grassius Romo Muhammad Triswedi* dan para guru virtual yang tidak saya sebutkan satu satu.
[14/7 19.25] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Nah itulah sedikit cerita kelas ini terbentuk
[14/7 19.26] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Baik, sekarang kita mengulas apa itu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar secara sederhana saja. InsyaAllah manfaat atau bisa jadi pengetahuan. Bagi yang sudah khatam tentang teori pikiran sadar dan bawah sadar, gpp anggap sedang mengulang ingatan tentang nya y

a hehehe
[14/7 19.26] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Pengucapan yang benar itu pikiran sadar atau pikiran bawah sadar. Bukan alam sadar atau alam bawah sadar ya hehehe
[14/7 19.26] Saeful Richy Segara (Eep) New Number:  A. *Pikiran sadar manusia*

Adalah proses pemikiran yang Anda sadari dan dapat Anda kendalikan. Contohnya jika Anda ingin memilih menu makanan. Kita memilih mana yang ingin kita makan berdasarkan logika sadar kita, contohnya berdasarkan waktu makan, budget (dana) untuk makan dan lain sebagainya.

Dan pemilihan berdasarkan kesadaran itu pun juga terpengaruh dengan data-data yang ada di dalam memori pikiran kita. Jadi logika kita pun akan berbeda-beda berdasarkan dengan pengalaman yang tersimpan dalam memori pikiran.

Berikut ringkasan proses dalam pikiran sadar kita,

Mengenali informasi yang masuk dari sensor tubuh ( baca _panca indera_), Kemudian membandingkan dengan isi memori kita,

Selanjutnya menganalisa informasi tersebut,Terakhir memutuskan respon apa yang dilakukan terhadap informasi tersebut.
[14/7 19.27] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Untuk pikiran sadar ini saya tidak akan mengulas panjang lebar
Akan lebih banyak mengulas tentang pikiran bawah sadar
Nanti banyak penjelasan tambahan tentang pikiran sadar pas mengulas hal lain
[14/7 19.27] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: B. *Pikiran bawah sadar*

Adalah proses pemikiran yang bertolak belakang dengan pikiran sadar. Proses ini tidak melalui kendali sadar kita. Contohnya tiba-tiba Anda jatuh cinta pada seseorang, atau tiba-tiba saja Anda sangat ingin sekali makan bakso. Dan jika ditanya pun Anda akan menjawab tidak tahu alasan dari tindakan Anda itu. Karena memang pikiran sadar Anda tidak ikut campur dalam pemilihan proses itu.

Apa yang di lakukan pikiran bawah sadar sebenarnya tidak sepenuhnya terjadi di luar kendali kita. Karena isi pikiran bawah sadar adalah program-program ataupun data yang dahulu kita masukkan ke dalam bawah sadar kita.
[14/7 19.27] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Kalau saya nulis PBS, itu artinya pikiran bawah sadar ya
[14/7 19.27] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: B.1. *Simulasi pikiran bawah sadar*

Sebagai contoh Anda ditanya mengapa Anda menyukai warna merah, dan Anda tidak tahu jawabannya. Namun mungkin saja dahulu Anda di wejang oleh kakek tercinta bahwa kita harus menjadi orang yang berani. Dan terbentuklah sebuah _belief_ (keyakinan) => berani adalah sifat yang baik serta memiliki _Value_ (nilai) tinggi di dalam pikiran Anda.

Setiap warna memiliki konsep pengertiannya masing-masing. Dan yang melambangkan ke-berani-an oleh pikiran bawah sadar Anda adalah warna merah, hal ini mungkin dikarenakan data-data yang kita dapatkan sehari-hari. Misal, warna merah bendera melambangkan ke-berani-an. Merah seperti warna darah melambangkan pengorbanan. Dan orang yang berkorban adalah orang yang berani.

Hal ini adalah contoh sederhana bagaimana pikiran bawah sadar kita menentukan warna kesukaan. Semua proses itu tidak kita sadari. Dan tentunya semua orang mengalami hal ini dalam model yang berbeda-beda. Pasti.

 _Belief system_ (Keyakinan) ini yang menjadi pertimbangan kita dalam melakukan semua hal
[14/7 19.27] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: B.2. *Apa saja yang diproses dalam bawah sadar?*

Berikut beberapa contohnya:

*Kebiasaan* (habit),
Anda pasti merasakan bahwa kebiasaan dilakukan dengan sangat mudah dan terjadi begitu saja, dan sangat sulit melawan kebiasaan yang sudah kita tanam.

*Perasaan* (emotion),
Emosi atau perasaan juga sulit untuk kita kendalikan secara sadar. Sangat sulit bukan menahan rasa sedih ketika ada orang terdekat meninggal misalnya?

*Ingatan Jangka Panjang* (Long term memory),
2+2 sama dengan? Anda langsung menjawab 4 secara spontan. Karena hal itu telah kita tanam di memori jangka panjang yang terletak di bawah sadar. Untuk merubah memori-memori ini Anda perlu masuk ke pikiran bawah sadar.

*Persepsi* (perception),
Cara kita memandang dan memaknai segala sesuatu di proses oleh pikiran bawah sadar sesuai kebiasan, pengetahuan dan keyakinan kita.

*Kepribadian* (c

haracter)
Kepribadian terbentuk dan tertanam di dalam pikiran bawah sadar, sehingga sangat sulit bagi kita untung melenceng dari kepribadian itu.

*Intuisi* (Intuition),
terkadang kita merasakan sesuatu tanpa proses berpikir logis. Orang sering mengungkapkan intuisi dalam contoh kalimat-kalimat berikut, feelingku mengatakan bahwa bisnis di bidang ini akan sukses, aku kok tiba-tiba merasakan sesuatu yang buruk mengenai anakku dan lain sebagainya.

*Kreativitas* (creativity),
Anda pasti sudah menyadari bahwa proses timbulnya kreativitas tidak bisa di paksa dengan pemikiran secara sadar.

*Keyakinan* (belief),
Keyakinan yang tertanam dalam pikiran bawah sadar sangat menentukan bagaimana orang bersikap dan bertindak
[14/7 19.28] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: B.3. *Sifat-sifat pikiran bawah sadar*

bahwa cara kerja pikiran bawah sadar sesuai dengan sifat-sifat berikut ini:

a) _Tidak rasional dan percaya tanpa perlu penjelasan logis_

Metode ini sering digunakan oleh para marketer, untuk memanipulasi pikiran sadar kita. Contoh ada iklan, beli mobil hanya seharga Rp, 10.000. Otak sadar Anda berpikir hal itu tidak logis, tapi karena ini bermain dengan perasaan (rasa untung, rasa mewah, rasa spesial) maka bawah sadar kita yang dominan, dan percaya dengan hal itu walaupun tidak logis.

b) _Tidak membedakan antara realitas dan imajinasi_

Ketika pikiran bawah sadar dominan, maka imajinasi pun akan kita anggap kenyataan. Bagaimana rasanya mimpi? seperti kenyataan bukan? Itu bedanya ketika anda melamun dan ikut kedalam lamunan Anda maka anda bisa merasakan bahwa imajinasi itu seperti sangat nyata. Hal itu salah satu contoh bahwa antara ingatan ataupun imajinasi tidak bisa dibedakan di dalam bawah sadar.

Ada teknik hipnoterapi untuk mengobati pasien yang trauma dengan mengubah jalan cerita memori yang membuat trauma pasien tersebut. Karena dalam kondisi aktif bawah sadarnya, maka sepenuhnya Dia akan menyadari bahwa modifikasi memorinya itu merupakan kenyataan yang ia alami. Sehingga alasan yang membuat traumanya hilang.

Berarti memori kita sangat rawan untuk di palsukan.

Bagaimana cara menciptakan memori palsu? Itu bagian para hypnoterapist ya hahahaha
[14/7 19.28] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: C. *Menembus pikiran bawah sadar*

Nah, lantas bagaimana cara kita menembus pikiran bawah sadar?

Penghubung di antara pikiran sadar dan bawah sadar adalah RAS atau _Reticular Activiting System_  (Critical Factor)

RAS atau Critical Area ataupun Critcal Factor berfungsi sebagai penjaga yang akan menganalisis apakah suatu informasi layak untuk di terima atau tidak. Berdasarkan beberapa pertimbangan.

Pertimbangan ini pun tidak melulu berdasarkan sesuatu yang secara logika kita hal yang benar.

Contohnya kita harus jadi pribadi yang tidak malas.

Secara logika kita hal itu benar, namun program itu tidak begitu saja diloloskan oleh RAS (critical factor). Karena ada informasi yang berbentuk belief yang ikut memberikan pertimbangan, seperti malas-malasan itu enak, kalau kerja terus capek, dan lain sebagainya.

Dan hasilnya pun tergantung mana dari beberapa belief itu yang memiliki nilai lebih tinggi di dalam diri kita. Dan itulah yang akan menjadi pemenangnya.

Nilai atau value dalam diri kita bermacam-macam, yang mana yang paling memanjakan dengan perasaan-perasaan menyenangkan bagi kita. Misalnya rasa bangga, bahagia, nyaman, nikmat, harapan, semangat dan lain sebagainya memiliki nilai tinggi.

Jadi value setiap informasi menentukan di urutan prioritas suatu belief, dan kumpulan belief menentukan hasil keputusan kita
[14/7 19.28] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: C.1. *Faktor yang mempengaruhi RAS*

faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan RAS adalah Fokus, Minat dan Emosi.

_Fokus_
Ketika kita terfokus pada suatu hal atau ide, maka logika kita pun akan menurun dan menganggap ide itu yang paling benar. Ini yang kebanyakan orang sebut sebagai pemikiran yang sempit. Sebenarnya bukan sempit pikiran subjeknya, tapi seseorang telah berhasil membuatnya fokus dan menyempitkan pikirannya pada hal tertentu.

_Minat_
Suatu ide

ataupun informasi yang memiliki kaitan dengan minat kita, akan membuat tingkat seleksi terhadap informasi itu menurun.Sehingga mudah mencapai pikiran bawah sadar.

Contohnya nasehat dari orang yang sangat kita idolakan atau _sosok otoritas_

_Emosi_
Ketika tingkat intensitas emosi kita tinggi, kita akan sangat mudah sekali terpengaruh oleh informasi tanpa perlu pemikiran ulang.Bagi sebagian orang masih beranggapan bahwa emosi adalah perasaan marah. Bukan itu, tapi semua perasaan adalah emosi. Bahagia, marah, kecewa, sedih dan lain sebagainya.Jadi ketika sangat bahagia pun pikiran bawah sadar kita mudah di susupi. Sangat kecewa, sangat kagum, dan semua emosi berlebih lainnya.

Jadi anda sekarang tau ya cara instal program? Hehehe
[14/7 19.29] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: C.2. *Cara-cara menembus pikiran bawah sadar*

Dan dari mekanisme RAS ini dapat dijelaskan cara-cara sebuah informasi masuk ke pikiran bawah sadar kita, sebagai berikut:

_Repitisi_ atau pengulangan.
Jika suatu informasi di ulang-ulang akan membuat kita fokus ke informasi itu. Dan masuklah informasi itu ke alam bawah sadar kita. Dan menjadi program di pikiran bawah sadar.

_Orang Yang Memiliki Integritas_ Integritas atau kepercayaan di sini maksudnya seseorang yang memiliki tingkat integritas tinggi di dalam pikiran kita akan mudah memasukkan informasi ke bawah sadar kita. Ini sama dengan sosok otoritas.

_Hipnosis_
Tujuan hipnosis sendiri adalah menembus wilayah pikiran bawah sadar. Dan salah satu cara tercepat. Di dunia Hipnotis kita mengenal yang namanya gelombang otak manusia. Ada betha, artinya gelombang otak sadar atau terjaga. Alfa, merupakan gelombang yang lebih tenang, namun frekuensi nya lebih tinggi. Ada juga Theta, ini lebih deep atau dalam. Alfa dan Theta ini lah gelombang yang di pakai di dunia Hipnotis. Memahami ini penting, mengenai gelombang otak manusia dan mengukur kedalaman trance beserta sugesti yang dapat di lakukan.
[14/7 19.29] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Repetisi juga sangat Power full. Ini hampir mirip proses nya dengan sugesti dari sosok otoritas. Karena yang di lakukan adalah dalam kondisi sadar. Ini memanfaatkan kelengahan dari RAS, yang di buat bosan, dengan informasi yang sama berulang ulang. Karena informasi nya sama dalam jangka panjang maka bawah sadar menganggap hal itu sebagai suatu kebenaran.
[14/7 19.29] Saeful Richy Segara (Eep) New Number: Sosok otoritas ini memiliki keberhasilan yang sangat besar dalam pemberian sugesti. Karena bener bener tidak terasa. Sosok otoritas dengan tindak tanduk nya saja, bisa membuat seseorang tersugesti dan masuk kedalam bawah sadar. Apalagi ucapan dan tulisan nya. Sangat Power full. Dalam dunia Hipnotis, sosok otoritas main di wilayah waking Hipnosis. Di kondisi sadar. Bukan kondisi relaksasi.

Posting Komentar untuk "MPK"