Kisah Cinta di Malang by rico

Hutama
Alkisah.. sebuah kisah inspiratif..
Kawan saya bu ibu, emak emak di kota malang...
Seorang hipnoterapi.. sebut saja namanya Bunga...
Percakapan sekitar tahun lalu.. dirumahnya beliau..
Bunga: mas.. sampean bisa bantu saya?
Saya: ga bisa bu.. minta sama Tuhan aja
Bunga: wkwkkwkw asem, kamu mas..
Bunga: jujur yah, saya sering bantu orang lain, hipno, healing (oh iya beliau seorang praktisi re*iiii) ... saya dulu merasa ketika membantu orang lain, kita akan bahagia..
Saya: trus kenyataannya?
Bunga: kalo saya jujur, saya kacau balau mas, menderita, bingung, dan saya ga tau mengapa saya menderita.... mental, psikis, fisik saya menderita.. fisik disini termasuk keuangan yah mas..
Saya: oke.. then? Menurutmu mengapa bisa seperti itu?
Bunga: saya ga tau mas.. tapi pikiran saya itu sering mengkait kaitkan kondisi saya yang sekarang dengan mendiang ibu saya..
Saya: maksudnya?
Bunga: kualat gituloh mas.. saya ga nurutin perkataannya ibu..
Saya: lanjutin ceritanya...
Bunga: dulu saya kuliah kedokteran, tapi putus ditengah jalan, karena passion saya psikologi mas.. saya daftar kuliah lagi, psikologi.. itu konflik banget sama ortu...
Saya: then?
Bunga: dari situ, saya terus menentang ortu saya.. saya menikah dengan pria pilihan saya, padahal saya udah dijodohkan loh mas..
Saya: trus?
Bunga: ditengah jalan, saya diselingkuhi mas, anak sudah 4, dan diselingkuhin.. rasanya buyar mas... dari situ saya nyari uang sendiri.. hipnotrapi saya buka lagi... trus saya ketemu orang orang healing, diajarin, saya gabung gabung...
Saya: then?
Bunga: yah intinya, saya merasa kualat... saya salah yah menentang orang tua saya?
Saya: menurutmu?
Bunga: salah mas.. ortu pasti tau yang terbaik buat kita, kita sering kali ga tau malah..
Saya : kamu kira ortumu Tuhan? Maha tau gitu .. gaklah...
Bunga: hemmmm...
Saya: saya akan flashback dikit yah... apa perasaanmu waktu ortumu ikut campur hidupmu? Menentukan jalanmu dan semua titik pointmu..
Bunga: saya jengkel banget mas... saya kan udah dewasa, bisa menentukan jalan hidup sendiri..yah masa diatur atur.. harus gini harus gitu, harus kerja gini harus kerja gitu..lah saya ini kan manusia, bukan boneka mereka..
Saya: yah, kebanyakan orang tua mencintai anaknya dengan cara yang salah.. yah ini karena tradisi, dogma bahwa orang tua itu tau yang terbaik untuk anaknya... padahal yah ga selalu, yang paling tau yah anak mereka sendiri.. dirimu sendiri.. bukan orang lain...
Bunga: iyaa. Betul mas..
Saya: nah dari situ jatuhnya malah keperbudakan terselubung.. orang tua berusaha mendominasi anak.. ia tak bisa dewasa.. orang tua selalu memandang anaknya sebagai anak kecil meskipun itu anak udah umur 40 tahun,, itu kesalahan mendasar.. otak manusia itu sudah berkembang penuh di usia 15 tahun.. disitu sudah harus dibiarkan jalan sendiri..
Bunga: tapi biasanya orang tua takut anaknya terjatuh kependeritaan mas..
Saya: kalo ga ada noda, bagaimana bisa belajar? Kadang jatuh itu perlu, ga perlu takut.. melakukan kesalahan dan terjatuh itu wajar, human error. Wajar.. dan itu perlu.. ini yang harus dipahami orang tua.. biarkan anak mengepakkan sayapnya dengan bebas dan tanpa rasa takut.. orang tua cukup memberikan support kepada anaknya.. meskipun anaknya ditentang sama 1000 org,, org tua harus mendukung pilihan si anak.. dengan itu ia bisa berkembang... namun orang tua kebanyakan malah ada dipihak 1000 orang itu... fatal...
Bunga: iya..
Saya: bagaimana rasanya diatur atur orang tua?
Bunga: ga enak mas.. serasa boneka.. jengkel banget saya.. udah gede masih dianggap anak kecil yang harus dituntun..
Saya: then,??
Bunga: tapi saya bingung.. mungkin hidup saya ga akan seperti sekarang, susah, kalo saya nurutin orang tua saya.. mubgkin sekrg saya bakalan hidup enak sebagai dokter.. nikah ama dokter juga..
Saya: siapa yang bisa membuktikan khayalanmu itu?
Bunga: ga ada mas..
Saya: coba pinjam mesin waktu doraemon, jalani hidupmu kembali, jadilah dokter..
Bunga: hahaha.. ga bisa lah mas. Khayal..
Saya: lah itu tau kalo ilusi.. khayal.. ente ga bisa mengubah masa lalu.. ngapain dipikirin? Ngapain disesali? Bekerjalah dengan saat ini, bukan dengan masa lalu...
Bunga: iya juga sih..
Saya: pikiran itu suka begitu.. mengkait kaitkan sesuatu.. ia memberimu penyesalan, sebuah masa lalu, dan memberimu harapan, sebuah masa depan... itu menarikmu terus kedalam gerakan masa lalu masa depan.. hingga engkau lupa akan masa kini.. bahwa kenyataan itu yah disini saat ini.. engkau lupa..
Engkau terus hidup dikepala.. di sebuah tayangan masa lalu dan masa depan.. engkau begitu terpaku dikepala...
Bunga: iya, kepala saya ramai.. saya baru sadar bahwa itulah sumber derita saya..
Saya: jadi kondisimu sekarang ga ada kaitannya ama kualat kualatan.. semesta menghadirkan skenario tertentu untukmu.. untuk kamu jalani, dan tentunya skenario itu memberimu sebuah pelajaran, pelajaran agar engkau bisa kembali ke dirimu sendiri, YANG SEJATI... karena semua susunan skenario itu sampean bisa mencari materi materi kesadaran, dan ketemu saya... kalo ga ada susunan skenario itu, yah sampean ga mungkin ketemu saya..
Saya: PIKIRAN ITU CUMA BERISI KATA JIKA, JIKA DAN JIKA.. ITU ADALAH MIMPI.. BUKAN KENYATAAN... DIDALAM KENYATAAN GA ADA KATA JIKA.. NAMUN MANUSIA KEBANYAKAN DIHIDUP DIKEPALANYA BERMIMPI, LARUT DALAM KATA KATA JIKA.. BANGUNLAH HEY..
Bunga: hahahhaam betuk betul (ala upin ipin)
Saya : wait, saya mau tanya, apakah kamu melakuakn hal yang sama? Engkau berusaha mengendalikan keempat anakmu?
Bunga: iya, hahaha.. wah, berarti saya sedang membuat lingkatan setan nih..
Saya: nah itu kamu sadar.. semua manusia itu esensinya kebebasan, pasti berontak dia kalo ada yang berniat memperbudak mereka meskipun terselubung.. kwkwkw.
Bunga: iya.. nanti saya bicarakan dengan keempat anak saya...
Saya: yang harus sampean lakukan itu adalah berjalan di belakang anak anak sampean, bukan didepan dan menyuruh mereka mengikutimu... sampean cukup mendukung apapun keputusan mereka.. kalo jatuh, yah disemangati.. only that.. posisikan anakmu sebagai manusia.. seperti halnya dirimu ingin diposisikan sebagai manusia.. jangan memberi mereka beban apapun, jangan mewariskan keinginanmu pada mereka.. apalagi mewariskan hutang wkwkwk
Bunga: asem.. canda aja kamu haha..
Bunga: terus apa yang harus saya lakukan..
Saya : baca buku saya.. itu kan tadi kamu beli 4 buku hahaha...
Bunga: iya yah...
Saya: semuanya lengkap disitu.. trus harus didampingi praktek meditasi..
Bunga: yap.. meditasi apa yah yg cocok untuk saya?
Saya: menurutku sih centering di agya,, titik diantara 2 alis...
Bunga: akan saya lakukan..
Saya: tapi saya punya syarat...
Bunga: apa?
Saya: engkau harus menutup sementara hipnoterapimu, dan healingmu.. selama 6 bulan sampai 1 tahun.. tergantung..
Bunga: lah, terus saya makan apa mas?
Saya: sampean bisa dagang, bisa ngelamar kerja , sementara aja loh..... ane ga bilang kamu harus langsung buyar, nutup.. nggak.. persiapkan dulu.. dapatkan pekerjaan dulu.. baru tutup yang sekarang.. nanti kalo udah siap baru buka lagi..
Bunga: emmm..
Saya: kamu sadar kan akan posisimu sekarang?
Bunga: iya,, saya kacau.. jujur saja..
Saya: apa yang bisa kau berikan kepada orang lain melalui dirimu yang kacau?
Bunga: kekacauan juga..
Saya: nah.. orang kacau ga bisa memberikan kebahagiaan untuk orang lain, wong dia sendiri ga bahagia.... sekarang fokusmu adalah dirimu sendiri, lupakan dulu orang lain.. bebaskanlah dirimu dahulu dari penderitaan.. itu fokusmu...
Saya: meditasi centering itu pengumpulan energy disatu titik... titik itu jadi centermu.. lama kelamaan itu mengkristak.. dan meledak.. center lenyap.. pusat lenyap, dan engkau ada dimana mana... tidak terpusat.. hanya ada.. bebas dari dirimu sendiri.. its a bliss..
Bunga : yap..
Saya: namun gimana kalo dalam proses kristalisasi itu ente ngurusin orang lain? Healing , terapi dll.. ente membagikan energimu...
Bunga : yah kagak mbledos mbledoswkwkw
Saya: itu yang saya maksud, jadilah egois..
Bunga: oke mas...
8 bukan setelahnya.. waktu ke malang sama si ayuya.. saya ketemu beliau lagi..
Udah beda cuy..
Bunga: mas ke rumah sini, ajakin calonnya hahaha..
Saya: wkwkkw oke..
Tak lama dikediaman bunga..
Bunga : wah terima kasih mas.. penderitaan udah ga pernah hinggap lagi.. karena yang dihinggapi ga ada. Wkwkwkkw
Buku sampean maknyos.. dan tentu saja saya sendiri harus praktek meditasi.. hahaha...
Saya: mantap.. udah buka lagi hipnoterapinya?
Bunga: udah, pendekatannya berbeda tapi.. lebih ke pembebasan dari kepala.. dari diri.. bukan lagi ke upaya membuat kenyamanan dikepala.. wkwkkw.
Mantap... lanjutkan..
Wush
4 Agustus pukul 15.33 · 

Posting Komentar untuk "Kisah Cinta di Malang by rico"