Indah jika belum dimiliki Gesa Falugon

Gesa Falugon
Pola Pengusaha Newbie
Tahun lalu sampai awal tahun ini gw ngementorin beberapa bisnis “ade-ade” yang baru mulai. Ya cuma jadi tempat bertanya atau minta arahan ajah klo lagi kepentok. walau ada yang gw ikut inves juga. Tapi semakin kesini kayanya semakin kebaca deh pola pengusaha awal, atau newbie lah, hehe..
Mereka terlalu optimis, terlalu percaya sm idenya dan cenderung ga mau “mengkaji” pendapat orang lain.. bahasa lebih lembut dari gak mau dengerin orang lain, hehe..
Ga semuanya sih tapi itu yang gw rasakan dari menemui beberapa orang dan termasuk berkaca ke diri gw jaman dulu sih waktu awal2 mulai usaha. mungkin kawan2 MudaMapan ingat cerita yang gw nawarin investasi ke orang dg return fix 8% per bulan, dan waktu itu mentor gw dah ngingetin klo itu kegedean bgt, dan ngasih 2% ajah udah tinggi, tapi gw dengan pedenya ngebantah dan ngerasa mentor gw ga tau apa2 ttg bisnis yg gw jalanin, hehehe.. akhirnya gw gagal dan bangkrut, bukan karena RIBA ya tapi emang karena salah kelola ajah jadi ketipu orang waktu itu
Kenapa pengusaha pemula begitu ya? apa karena tau sedikit, jadi seolah2 tau semua hal?
atauuu.. terlalu ngedengerin kata motivator yg bunyinya ginih, “klo anda mau sukses, jangan pernah denger omongan kiri kananmu, fokus ajah sm yg kamu kerjakan”

wkwk ya klo orang yg nyinyir ya ga pa2 jgn didenger, lah ini mentor yg udah pernah ngalamin jatuh bangun.
kaya salah satu kasusnya beginih, ada pengusaha lagi bikin minuman kekinian, baru 1 bulan, konsep belum ajeg, SOP belum ada, tapi karena ngerasa penjualannya byk jadi pede buka byk cabang, dan dg skema yg beresiko lagi. sampai mau masuk bulan kedua, dia rencana mau buka di luar propinsi, yg ngontrolnya harus naik pesawat.
“LAH.. di propinsimu ajah belum kegarap maksimal, tim mu masih belum siap, QC produk masih berantakan, belum lagi hidden cost dan waktu yg keluar karena harus wara wiri beda pulau, klo gw bilang jangan, tapi ya terserah loe, gw dah ngingetin”
“tapi ini peluang bang.. tapi oke deh nanti kita pikirin”
akhirnya karena ngeliat gelagat2 dia mau tetep buka diluar. yowes gw tinggal daripada nanti kena masalahnya, entah kenapa gw udah kaya bisa ngerasa ujungnya bakal gimana.
dan bener duongs, 2 bulan kemudian gw denger kabar, dia bermasalah sm investor, bahkan sm founder yg lain dan akhirnya bubar. bahkan smpe kedengeran kabar dia “bawa kabur” duit orang lah. wkwk. ya resiko nerima investasi dari investor pemula ya gtuh, rugi bisnis dibilang bawa kabur duit. wkwkwkwk..
Susah klo pengusaha pemula ketemu Investor pemula.
Lebih susah lagi klo dua-duanya ga mau denger dan belajar dari pengalaman orang lain,
sehingga..
mungkin pengalamannya sendiri yang akan mengajarkannya..
Silaturahim bisa membuat kita terhindar dari Lubang-lubang yang akan kita lewati sehingga kita bisa mengantisipasi agar tidak terjeblos. asalkan Silaturahim pada orang yang tepat.
tapi emang POLA nya begitu kali yah, biar kegagalan dan kebangkrutan yang jadi guru buat para pengusaha pemula. ya klo lulus, klo egga mungkin akan nyerah dan berhenti ditengah jalan. Wallahu’alam.
With Love
-Papagon-

Gesa Falugon
Dark Consumerism
Ada yang nanya kenapa gw beli sepeda (dan barang2 lain) mikirnya cukup lama.
1. Mastiin sesuai kebutuhan
2. Budgeting, ngeluarin duit sesuai budget
3. Megang prinsip, Segala sesuatu akan terasa indah jika belum dimiliki, hehe
Nah gw mo cerita nih yg nomer 3. Entah kenapa gw ngerasa terkadang lebih bahagia didalam proses "mecari barang" dibanding dg ketika sudah punya.
Misal mau beli ipad, ngulik2nya sampe lama.. Bandingin jenis2nya, cek harga termurah smpe potensi2 diskonnya, ada perasaan bahagia pen memiliki. Tapi pas udah punya, ya anyep ajah wkwk.. Dipake seperti biasa tp ga yg dioptimalin bgt kek ngeliat tips2 di youtube sebelum membeli. Dan ini kejadian puluhan kali ketika membeli barang. Bahkan pernah 1 tahun beli hape ajah smpe lebih dr 10x. Beli mobil smpe 3x. Ada ajah alesan untuk pembenaranya Wkwk tapi itu dulu..
Makanya prinsip gw sekarang, buying is not great anymore..
Kawan2 pernah denger Mallism (Malisme)?
Jadi ini kek Suatu paham di kaum urban dalam memanjakan keinginan dan kebutuhan mereka di tempt keramat nan eksotis bernama Mall, klo sekarang mungkin di Marketplace atau toko online wkwk.
Kepercayaannya: "Buying is Great"
Silanya ada 2.
1. "Consuming is good",
2. "buying is great".
Menurut mereka hasrat membeli dan mengonsumsi harus dimanjakan, dibebaskan, dan dilepaskan, tidak boleh ditahan-tahan. kalau ditahan nanti jadi bisul dan jerawat. Hehe
Lalu, kenapa buying "great", sedangkan consuming cuma "good"?
Karena bagi mereka yang penting "beli-beli-beli", mau nanti barang yang dibeli dikonsumsi atau ngga itu urusan belakang. Yang penting "pengen-pengen-
pengen", perihal nanti barang yg dipengenin dibutuhkan atau engga, urusan nanti.
"Want" is far more important than "need".
Mallism ini biasanya hinggap di kaum hawa nih, salah satu produk2nya: tas backpack, tas selempang besar, tas selempang sedang, tas selempang rada kecil, tas utk kondangan, tas utk seminar, tas klo bawa bayi.. Wkwk tas semua ini.. Bagi pria semuanya adalah tas.. Tp buat wanita semua ini adalah produk yg berbeda wkwk bener ga sih? Selain tas biasanya kosemetik, sepatu, jam, kacamata dll dll dll dll.
Klo laki2 sih paling mainan atau gadget. Naik dikit, sepeda, motor atau mobil. Dikit tapi muahal. Wkwk. Pernah ngerasa ga pas iphone atau samsung terbaru keluar kayanya pengeeen bgt punya.. Liatin youtube review produk tiap hari, baca2 artikel ttg produk, diskusi sm org2 yg dah make.. Kayanya ada kebahagiaan sendiri.. Tapi pas udah beli rasanya biasa ajah.. Wkwk... Pernah ngerasa jg kan?
Yah begitulah
Semua akan terasa indah jika belum dimiliki..
Ini lah dunia.. Kebahagiaan nya bukan di materi..
Ga akan puas klo ngejar materi..
Mo sampai kapanpun..
Sekarang sy pribadi klo mau beli apapun mikir..
Ah ini mah senengnya cm sebelum beli ajah..
Pas udah dibeli paling rasanya biasa ajah..
With Love
-Papagon-

Atribut Sukses
Saat ini, untuk sebahagian orang, uang seolah menjadi satu-satunya atribut yang perlu dimiliki seseorang untuk menjadi bahagia. Kesuksesan hari ini diukur dari seberapa banyak uang yang kita miliki. Salah satu contonya seperti status saya beberapa hari lalu, ada orang yg gak berani keluar kamar karena malu ga memakai barang-barang yg famous atau branded atau ada orang yang malu untuk datang ke reuni sekolah, hanya karena merasa teman-temannya telah lebih dari kaya dari dirinya. Atau anak sekolah yang malu pakai sepatu atau tas jelek karena malu diejek atau dibully temannya. Mau ga mau begitulah pola pikir kebanyakan masyarakat saat ini.
Sejak kecil mungkin sudah sering mendengar orangtua atau guru kita mengajarkan kita untuk menjadi orang yang sukses dan punya banyak uang. Pernah ga sih terpikirkan, mengapa kesuksesan selalu dikaitkan dengan banyaknya uang yang kita miliki? Seolah kalau mau “dianggap” sukses, ya punya banyak uang.
tapi biasanya ketika muncul pertanyaan ini pasti refleks kita menyangkal,, enggak kok, itu mah loe ajah, itu mah orang lain yang begitu, gw mah engga.. hehe.. manusiawi ko..
Bahkan ketika kumpul sama temen, beberapa kali pernah mendapat pernyataan yg mirip2.
“si A bisnisnya sukses banget tuh, liat ajah mobilnya sekarang Fortuner”
ini cukup gw inget sih, karena kek “lho kok lo pada masih jadiin mobil sebagai ukuran kesuksesan sih?”
ya begitulah Bahkan kadang mobil dijadiin ukuran kesuksesan seseorang. ada tuh tingkatan2nya, hehe. Dari Ferari, BMW, Alphard, Mercy dst. Yang butuh “pengakuan” dari orang karena bisnis utama-nya terkait citra, biasanya pake mobil sport. Sebuah mahkota kesuksesan, ini lho, gw udah sukses. kalau kalian mau sukses, bergabung dengan bisnis gw. Salam Hora Umum. wkwk becanda.
Masyarakat Indonesia gampang banget ketipu citra yg beginian. Model yang sering ya, ada influencer masih muda, sukanya traveling mewah, mobilnya miliaran, rumahnya miliaran, akhirnya semua terinspirasi. terus pada “terjebak” ngikut trading forex, bin*mo, opti*n dan trading2 sejenisnya. Rame2 tuh pada masuk biar bisa ikutan kaya juga. Eh baru trading beberapa kali, jebol, karena ga semanis ucapan para influencer. si influencer mah dengan entengnya nyuruh top up2 teruuss. (biar gw makin kaya karena duit2 dari lo) wkwkwk.. akhirnya ujungnya banyak korban. Ya seperti kasus terbaru moneygame yang namanya JD Uni*n n Alim*ma, jatuh lagi korban.
Kekayaan jadi ukuran, jadi mau ga mau banyak yg terjebak dalam pola pikir kaya dengan instan. akhirnya malah jadi korban para “oknum” penjual mimpi kekayaan
Pertanyaan berikutnya, apakah orang yang sukses karena berhasil mengumpulkan banyak uang benar-benar merasa bahagia?
Mungkin, kita perlu berhenti sejenak dan merenungkan mengenai cara kita dalam mengukur arti dari suatu keberhasilan atau kesuksesan agar kita tidak terjebak dalam menentukan keberhasilan semata-mata dari banyaknya uang yang diperoleh.
Ada orang-orang yang bahagia dengan pekerjaan mereka walaupunya penghasilannya ga seberapa.
Mereka dikelilngi oleh keluarga dan teman-teman yang baik.
Bagi mereka, ini sudah cukup untuk menjadikan mereka sebagai “The Richest Man in The World”
Bagaimana dengan kalian?



Posting Komentar untuk "Indah jika belum dimiliki Gesa Falugon"