Kegagalan adalah peristiwa, bukan orangnya

Kurnia Wan
Kemarin siang sempat berdiskusi dengan seorang tenaga kesehatan dan pengamat herbal. Dia cerita ada temannya yang berhasil mendapat paten dari meneliti jambu biji dan dibeli oleh perusahaan Farmasi Soho.
Saat meneliti daun jambu biji teman-temannya dan lingkungannya mencemooh.. "Lho kan itu sudah lama oranh jawa lakukan. Minum rebusan daun jambu". Tapi dia tetap melakukan riset, mengajukan sampai ke jurnal internasional sampai diakui bahwa cara pengolahan dan dosis terukur bisa menjadi obat. Dan berhasil.
Hampir semua dedaunan dan tumbuhan itu mempunyai khasiat, mempunyai zat tertentu yang diperlukan tubuh. Namun untuk menjadi sebuah pengobatan diperlukan namanya dosis pemakaian. Meskipun anda minum bergalon-galon rebusan daun jambu biji kalau dosisnya tidak pas ya ga bakalan berefek sembuh.
Cara mendapatkan zat khasiat agar efektif beragam. Apakah dikunyah langsung, apakah diminum, apakah dikeringkan lalu diseduh, ataukah perlu diremas/
ditumbuk dulu hingga keluar cairan konsentratnya....
Indonesia kaya akan tumbuhan obat, tapi masih berkutat bangga resep nenek moyang... Bukan dikembangkan budaya riset atas warisan leluhur itu sampai menjadi dosis yang terukur..

Kurnia Wan
Dijual tanaman "Ndog Iwak" harga Mangewu Mangatus Juta.... Khasiatnya bisa menyembuhkan penyakit jantung. Mudah caranya :
- Ambil segenggam buahnya lalu campurkan sejumput garam, bubuk kunyit dan kayumanis.
- Di uleg-uleg sampai keluar airnya dan tercampur rata. Seduh dengan air hangat 200ml.
- Masukkan ke dalam tumbler agar terjaga rasa dan suhu airnya.
- Nah.. Siap deh anda bawa sebagai bekal minuman saat pergi ke dokter Spesialis Jantung.
Semoga sehat selalu dan belilah tanaman saya ini ya....
*IngatBahagia


Kurnia Wan
Sabar itu bisa diperoleh dari dua hal..
Memiliki Kecerdasan Spiritual yang tinggi
Atau...
Memiliki pemahaman tentang proses bekerjanya pikiran.

Kurnia Wan
The Herd Mentality
-----------
Eksperimen 5 orang diminta menyatakan kebenaran. Tetapi sebenarnya 4 orang lainnya adalah satu kelompok yang sudah sepakat utk menyeragamkan jawaban. Satu orang itu tidak mengetahuinya. Meskipun awalnya dia ngotot berbeda, akhirnya "menyerah" dan mengikuti pendapat terbanyak.
Otak manusia meng-copy dan malas untuk berbeda dari mayoritas. Itulah senjata media. Saat anda browsing tentang suatu peristiwa dan ternyata di satu halaman pencarian dengan berbagai link media online pernyataannya sama, maka itulah "kebenaran" kolektifnya. Orang enggan untuk dikucilkan, disalahkan.
# wedhus

Kurnia Wan
Banyak banget sih yang serr kumpulan gambar2 ramuan daun sayuran buah dsb... .
Saya ga yakin kalau mereka sekaligus melakukan penelusuran kebenaran khasiat, atau jurnal kesehatannya. Apalagi melakukannya sendiri dan menjadikan cara pengobatan untuk tubuh sendiri.
"Tapi kan ga ada salahnya membagikan info kebaikan. "
Kebaikan apaan ? Bayangkan kalau ribuan orang menshare informasi yang itupun ga ada yang mempraktekkannya. ..
Atau jika tiba-tiba ada yang percaya lalu berhenti berobat dan hanya mempraktekkan "resep" alami itu saja. Lalu penyakitnya malah memburuk dan tidak terselamatkan nyawanya. Dan orang hanya bilang sudah takdirnya...
Bijak share dan bijak membaca.
Ngerem Jempol bentar apa susahnya sih... qkqkqkk

Kurnia Wan
Adalah Pak Mugni seorang Pria paruh baya aktivis mangrove di Ujungpangkah. Dari mulutnya keluar pengetahuan 17 jenis mangrove, cara budidayanya, karakternya dan sebagainya. Para akademisi pun belajar banyak dari beliau. Apa yang ada di buku, belum tentu sama dengan di habitat aslinya.
"Kalau saya cari uang 200.000/ hari gampang pak. Tinggal ke hutan bakau cari yang jenis... (saya lupa) lalu di bawahnya itu banyak kerang hijau jenis tertentu. Lalu sudah ada yang nampung dibeli. Ga perlu capek-capek melaut. "
Hmm.. Cerdas. Memang sebenarnya hanya perlu merawat ekosistem dan habitatnya. Maka "rejeki' itu datang sendiri..
.
Terimakasih pak sudah menjaganya.


Kurnia Wan
TIME IS ILLUSION (Albert Einstein)
----------------------
Karyawan : Kok waktu terasa lama ya ke tanggalnya gajian ?
Pengusaha : Kok waktu terasa cepat banget ya sudah waktunya bayar gaji ?


Kurnia Wan
Saat kau mempercayai bahwa segala hal baik adalah asalnya dari kekuatan Tuhan dan segala kejahatan adalah dari kekuatan Setan, disitulah kau sudah Syirik. MenduakanNya.
*SetipisAsap.


Kurnia Wan
Gerakkan ekonomi recehan di lingkunganmu. Dua ribu rupiah pun belanjakan. Beli gorengan.. . Sepuluh ribu belikan nasi bungkus di angkringan. Atau belikan es kopi susu dengan bahan kopi lokal nusantara.. . Emang 10.000 bisa dapat kopi susu yang rasanya enak bukan abal-abal ?
Bisa lah.. asal tahu caranya, resepnya dan pengaturan cashflow bisa banget. Pake espresso asli lho dengan mesin dan gula aren kualitas bagus.
Momen yang katanya mau resesi ini justru jadikan momen untuk membuka usaha modal ringan yang potensinya masih panjang. Es kopi dan coklat menurut para pengamat FnB trend nya masih 5 tahunan... Dengan start pricing yang pas di masa Pandemi dan Resesi.. Berpeluang berkembang besar tahun depan. Dan bagaimana jika BEP usahanya 3 bulan..?
Yang pingin buka di kotanya masing2 khusus di Jawa Timur.. Komen atau inbox dulu ya.. Nanti kalau serius, lokasi di survey virtual dulu utk pematangan target market yang pas.
Bukan franchise, Full brand anda sendiri, Profit jualan 100% ambil semuanya, sudah termasuk dikelola brand secara digital marketingnya.. .
28 September pukul 14.01 · 

′′ Ingatlah bahwa kegagalan adalah peristiwa, bukan orang ′′
Zig Ziglar

Posting Komentar untuk "Kegagalan adalah peristiwa, bukan orangnya "