Kerja Cerdas by diar seonubi

Diar Seonubi
Seorang seller tau mana produknya yg murah dan mana yg mahal, berdasarkan harga modalnya, kualitas, masa proses, dst. Tapi murah kata seller, bisa jadi masih termasuk mahal kata buyer.
Karena seller menentukan harga jual berdasarkan harga modal + laba kotor. Disebut laba kotor karena belum dipotong biaya resiko, dll. Sedangkan buyer menentukan taksiran harga suatu produk berdasarkan perkiraan/ekspektasi/daya beli.
Di sini muncul gap, dimana harga paling murah dari seller pun kdg msh dianggap kemahalan bagi buyer. Krn buyer kan nggak tau brp hrg modal sebuah produk. Diceritain pun nggak akan percaya, atau malah masa bodo?
Jadi, bagaimana cara supaya harga yg ditawarkan seller masih bisa memenuhi ekspektasi buyer (yg kdg nggak masuk akal) tapi seller juga msh bisa untung? Ada rumusnya dan sederhana banget tapi saya sendiri msh sering lupa menerapkannya
29 Desember 2019 

Diar Seonubi
Orang tionghoa kalo jual makanan mahal pasti enak banget. Kalo jual murah, kemungkinan ngambil untungnya sangat kecil. Kalo mau ngambil untung agak gede, harus dapet supplier dgn harga lebih murah.
Bisnis makanan itu kalo rasanya enak, biar kata masuk gang juga dicari orang drmana2. Yang susah itu pertama merintis usaha, udah bikin rasa yg paling enak tapi yg beli sepi .. hiks ..
27 Desember 2019 

Diar Seonubi
"Kalo kita nemu uang di jalan, nggak akan kita ambil kalo kita nggak tau itu uang. Itu sebabnya diperlukan pengetahuan saat bertemu kesempatan"
- deddy corbuzier

Diar Seonubi
"Keberuntungan bisa diciptakan karena kesempatan bisa dicari dan kemampuan bisa diasah. Keberuntungan adalah bertemunya kesempatan dan kemampuan."
- dzawin

Diar Seonubi
Setinggi apapun intonasi atau sekeras apapun teriak "sayang!" akan tetap terdengar nyaman. Tapi sepelan apapun mengucap kata "anjing!" akan terkesan memaki bahkan menghina Jadi, masalahnya bukan intonasi, tapi pemilihan kata.
26 Desember 2019 pukul

Diar Seonubi
Kalo mau nangkep ular itu pegang kepalanya nanti buntutnya ikut. Skrg gimana caranya supaya ularnya keluar dari sarang?
Strategi marketing sederhana gitu aja sering lupa ..
25 Desember 2019

Diar Seonubi
"Gue heran kalo ada orang yg suka ngitungin pendapatan orang. Kalo dia sehari dibayar segini, berarti sebulan dia dapet segini. Wah dia enak banget ya? Itu kan belum pengeluaran lain lain," kata yuni shara di chanel deddy corbuzier.
Banyak orang cuma liat bagian enaknya. Coba kalo disuruh meniru juga prosesnya dari nol, mau?

Diar Seonubi
Dengan 'kenal' band koil jadi banyak hal baru yg saya pelajari. Menurut vokalisnya, mereka ga pernah rewel soal sound system, bahkan cuma pake ampli mini pun ga masalah. Tapi soal stage visual mereka sangat perhatian, mulai dari dress code sampe back screen. Saya pikir, emang seberapa pentingnya sih visual?
Barusan saya dapet perbandingan, ada band namanya komunal, karakter vokalnya growl, pake kaos item, rambutnya kayak orang abis keujanan, serius. Pemaen bass nya pake jaket jins robek warna biru telor asin yang lebih cocok untuk musik speed metal atau band peserta festival musik tengah hari bolong. Kostum drummernya casual kayak mau nongkrong maen gitar di pinggir jalan.
Baru saya ngerti kenapa kostum panggung itu penting ..
23 Desember 2019 

Diar Seonubi
"Saat kita minta dibuatkan lukisan, mungkin terasa mahal karena ukurannya sangat kecil. Tapi yg kita bayar bukan lukisannya melainkan keahliannya. Kalau menurut kita itu pekerjaan mudah, kenapa kita tidak bisa melakukannya sendiri? Kita tidak tahu berapa banyak waktu yg ia korbankan utk berlatih sampai ia bisa melukis."
**Tulisan nemu di artikel sebuah blog berbahasa inggris.

Diar Seonubi
Dunia digital terus berkembang sehingga tersedia banyak sekali peluang. Setiap hari ada situs yg tumbuh dan bertambah. Jangan lupa, pasarnya bukan cuma indonesia doang tapi ke luar negeri.
Buat gambaran, coba amati apa saja yg orang jual di forum dan situs2 frelancer seperti fiverr, seoclerk, sribulancer, peoplehour, dst. Di sana banyak sekali jasa yg dijual mulai bikin slide, video, animasi, coding, artikel, translate, dst. Itu baru jasanya belum pendukung penyedia jasa seperti akun gmail, akun pesbuk, akun pinterest, dst.
Jadi, kalo merasa gagal di dunia nyata, masih ada peluang di dunia maya. Intinya sih, kitanya harus pny gambaran dulu mau kemana dan ngapain. Ibaratnya, ga masalah cuman pny perahu kecil tapi cita2nya menuju ke kutub utara, drpd pny kapal besar di rumah tapi cuma diem di kolam halaman rumah.
Cuma ngasih kamu semangat jangan lupa bahwa kelak kamu juga pny anak dan anakmu harus (bisa) mewarisi semangatmu.
22 Desember 2019 

Diar Seonubi
Saya punya tetangga yg melihara banyak kucing liar, mungkin ada sekitar 8-10 ekor dari yg kecil sampe yg besar. Kalau malam, kucing yg besar dilepas di luar rumah, jadinya keluyuran kemana2. Sebelnya itu beberapa kali pup di depan pintu. Sebelumnya saya pernah kasih tips siram cuka, tapi nggak efektif karena repot juga harus nyiram cuka tiap hari. Trus dapet tips dari tetangga yg beda RT, katanya jejerin botol bening isi air di teras atau depan pintu. Boleh botol plastik bekas air mineral atau botol bening bekas sirop. Hasilnya, aman!! Silakan dipraktekkan.

Diar Seonubi
yg pernah ke blok s, jakarta selatan, pasti tau nasi goreng bakti. Pertama kali ke situ, saya makan kok nasi gorengnya nggak seenak yg saya bayangkan. Padahal ngetop kemana2, yg makan ngantri udah kayak batalyon bubar latihan. Ternyata, menu andalannya itu nasi goreng kambing, sedangkan saya ga pake kambing.
Nasi goreng kambing itu pasti pake minyak samin, jadi kalo ga pake daging kambing ga ketemu enaknya. Sama aja kayak nasi goreng pete, bumbu nasinya cocok pake sambel terasi. Tapi kalo nggak pake pete, rasa nasi gorengnya malah bikin heran kayak nasi rames sambel balado .. wkwkwk ..
Kalo kata ahli masak, masakan indonesia itu paling susah, krn bumbunya banyak dan cara masaknya juga lebih panjang. Beda dgn masakan bule, lebih sedikit bumbunya dan cara masaknya lebih cepat. Belakangan ini aja saya baru tau yg mana dan seperti apa bumbu pekak dan kembang lawang. Wanginya khas banget, biasanya dipake buat masakan berwarna gelap seperti tengkleng.
20 Desembe

Diar Seonubi
"Pasang iklan semudah menggunakan remote tv."
Tagline begitu ga bisa disengaja muncul idenya. Udah cocok belom jadi cofeewaiter? # nyisirrambut
20 Desember 2019 

Diar Seonubi
Bisnis jual mobil bekas itu pasarnya masih besar. Harga jual mobil bekas dimana2 sama, bedanya nggak jauh2 amat. Supaya untung bisa besar, jangan beli dari perorangan. Biasanya ada instansi yg melelang semua kendaraan yg usianya minimal 3-4 tahun. Makanya harus banyak relasi 'orang dalam'. Harganya lumayan miring, bisa 1/4-1/2 dari harga jual mobil second di pasaran. Malah ada mobil2 mewah yg kondisinya cuma berdebu doang karena kilometernya cuma 1000. Tapi belinya harus borongan.

Diar Seonubi
Jalur emas.
Padahal di kalimantan banyak penambang emas, knp nggak potong jalur ke jakarta? Saya pernah baca bahwa emas hasil tambang di kalimantan udah ada bandarnya untuk dibawa ke surabaya. Di sana dilebur lalu dibawa ke singapura. Sampai singapura dicetak dan dibuat surat2nya supaya legal, lalu dijual masuk ke indonesia (lagi). Pada surat2nya, disebutkan asal emas dari malaysia.


Diar Seonubi
Produk harga 10 rb akan beda dgn produk harga 100 rb, dari mulai terima order sampai selesai pembayaran. Makin mahal harga produknya, makin panjang prosesnya (rumit). Ada produk yg harga jualnya tinggi dan prosesnya cepat, tapi justru ilmunya atau pengalamannya yg mahal atau bahkan resikonya yg besar. Akan selalu ada "tapi" dibalik hal2 yg keliatannya "menggiurkan".
Lagi beli minum di minimarket depan kampus. Liat mahasiswi kampus cakep2 amat ya? "tapi" si nyonya pake ikut segala

Diar Seonubi
Kadang ketemu orang yg hidupnya brengsek tapi nasehatnya kayak orang yg hidupnya sempurna. Cuih!!
Lah trus emang kenapa? Orang kita kalo dinasehatin malah tersinggung, orang bule kok kalo dinasehatin malah berterimakasih? Nggak perlu liat siapa yg ngomong, tapi kalo nasehatnya bagus, manfaatkan aja buat diri kita sendiri. Anggap aja lagi dengerin radio, kita kan nggak liat orang yg ngomong cakep apa nggak, kaya apa nggak, hidupnya sempurna apa nggak, dst. Yang penting omongannya berguna nggak buat kita, titik.
Kata pepatah lama, butiran emas malah sering ditemukan di tanah yang becek, kotor dan belumpur

Diar Seonubi
Saya dulu nggak paham kerja cerdas itu apa dan kayak gimana. Ternyata, kerja cerdas itu banyak jenisnya, tergantung bidangnya, produknya, sistemnya, targetnya, dst. Bakalan panjang kalo dibahas, nggak cukup 7 hari 7 malem. Contoh kecilnya begini:
1. Di terminal bis antar kota biasanya ada agen air mineral. Agen itu buka lowongan siapa aja boleh juwalin. Kita dikasih jatah 1 dus air mineral 600ml. Kalo laku, setoran trus boleh ngambil lagi 1 dus. Bagi agen, itu kerja cerdas karena kaki tangannya banyak sehingga penjualan lebih cepat dan banyak. Bagi penjuwal jg termasuk kerja cerdas krn ga pake modal dan ga perlu nyetok barang apalagi sampe harus nyewa kios buat gudang.
2. Juwalan kue basah. Kue basah biasanya laku pagi2 sampe siang doang. Nah drpd repot2 bikin sendiri aneka jenis kue, belom belanja bahan. Lebih enak itu ngambil dr pasar trus jualin. Untung sih jadi sedikit dibanding bikin sendiri, tapi resiko juga jadi lebih kecil. Kalo ngambil di pasar, apapun jenisnya ada, butuh berapapun jumlahnya tinggal pesen, dan bukan cuma 1 toko tapi ada banyak. Jangan khawatir, nggak semua pembeli tau kamu belanja dr pasar dan nggak semua pembeli mau repot2 beli kue ke pasar pagi2. Ini juga termasuk kerja cerdas krn kamu bisa membaca peluang dari orang yg pagi2 butuh sarapan.
3. Bikin template juga termasuk kerja cerdas karena mempercepat pekerjaan. Contoh yg pake template misalnya bikin website.
Jadi, kegiatan yg bisa:
-menghemat waktu
-menghemat biaya
-menghemat tenaga
-mempercepat pertumbuhan bisnis
-meningkatkan omset lebih cepat
dst
termasuk kerja cerdas.
Udah ngerti kan?
17 Desember 2019 

Diar Seonubi
Belakangan ini saya nonton otong koil. Pengakuan otong, kalo lagi makan enak bareng keluarga, dia ngasih tukang parkir minimal 10rb. Dan masih ada cara sedekah lainnya yg saya lupa. Kata otong, hal2 seperti itu memberi keberuntungan, percaya gak percaya. Seperti ketika ada orang jual motor butuh duit cuma 1,5 juta. Otong bayarin krn niat nolong. Tapi setahun kemudian, motor tsb ditawar orang lain 15jt. Atau ketika beli velg mobil seharga 5 jt, tapi bbrp hari kemudian ada orang lain yg suka dan mau bayarin 15 jt. Kata otong, hal2 seperti itu nggak bisa direncanakan, nggak bisa juga diharapkan. Intinya kalo berbuat baik pasti nanti ada balasan kebaikan.
Otong koil agamanya cuma di ktp, tapi ia percaya bahwa alam semesta akan bekerja mengembalikan apa yg kita lakukan, bahwa hal2 baik akan berbuah kebaikan.

Diar Seonubi
Ada orang yg nulis artikel di kompas, mungkin tujuannya buat portfolio. Lalu dia bagikan linknya ke berbagai situs dengan harapan jumlah view nya tinggi. Tapi ternyata semua visitor ga dihitung sama sekali.
Saya cari tau jawabannya. Sepertinya skrg kompas mengubah cara perhitungan view, dimana setiap view dihitung jika durasi on site minimal 20 detik. Dulu sih nggak. Kenapa kompas melalukan perubahan perhitungan view? Karena di dalam situs kompas itu banyak iklan dari brand2 besar yg skrg perhitungannya dengan sistem cpm (cost per mile). Kok visitornya dibawah 20 detik semua? saya liat bukan masalah di visitornya, tapi di artikelnya antara lain judul nggak menarik, artikel 400 kata, nggak ada subjudul, nggak ada alur. Pokoknya garing banget artikelnya. Masih pinteran yg nulis artikel pake metode MAGF deh
Logikanya begini, misal suatu artikel jumlah view nya sangat tinggi katakanlah 1 juta view, tapi kalo tiap visitor cuma visit 3 detik apa gunanya? karena 3 detik itu boro2 baca artikel, buat liat iklan display aja ga sempet. Padahal iklan di letakkan di titik2 strategis yg pasti keliatan oleh tiap visitor yg mau baca artikel. Kompas juga butuh data yg sekiranya dapat menguntungkan si pemasang iklan.
Hal2 kayak gitu nggak penting. Tapi jadi penting kalo urusan duit. Karena si orang itu kan nulis di kompas buat portfolio. Dan saya udah bantu kasitau masalahnya dimana.
Ngomong2, kamu pengen tau cara dapet duit dari CPM? tunggu tanggal mainnya. Yang ini lokal punya dan dijamin untung.
14 Desember 2019 p

Diar Seonubi
Social signal masih menjadi salah satu faktor yg dipertimbangkan untuk meningkatkan ranking halaman website di Google. Saya sudah mencoba mendaftar hampir semua social media mulai twitter, instagram sampe yg mungkin belum pernah anda denger seperti mix, folk, twipu, dll. Tapi punya banyak akun sosmed itu susah pemeliharaannya karena punya akun sosmed itu harus update rutin untuk meningkatkan "reach" dan "internal autority". Jadi, kalo cuma "register and run" nggak akan efektif.
Satu2nya sosmed yang mudah pemeliharaannya cuma pesbuk, dalam arti cara mendapatkan penambahan audiens-nya lebih mudah dibanding sosmed lainnya, selain masih bisa gratis, dst. Bandingkan dengan reddit, beda ip internet saat login aja resiko didelet.
Jadi, banyak alasan kenapa saya menulis buku penjajah facebook. Alasan utama karena facebook multifungsi, selain bisa digunakan untuk pemasaran sekaligus social signal, juga bisa buat nambah viewer di youtube. Jadi, buat yang pengen tau cara bikin fenpej lihat di sini: http://bit. do/caranyabegini 

Posting Komentar untuk "Kerja Cerdas by diar seonubi"