meroket otak by osho

Meditasi untuk Merilekskan Otak


Ketika kita duduk bermeditasi, ada tiga hal ....

Hal pertama: seluruh otak harus rileks, begitu tenang dan rileks sehingga tidak melakukan apa-apa. Tetapi bagaimana engkau tahu bahwa otak sudah santai? Jika kita membuat tinju dengan telapak tangan, kita akan menyadari bahwa semua otot sangat tegang. Kemudian ketika kita membuka kepalan tangan kita menjadi sadar bahwa semua otot telah menjadi kendur dan rileks. Karena pikiran kita selalu tegang, kita bahkan tidak tahu apa itu tegang dan apa itu santai. Jadi kita akan melakukan satu hal. Pertama kita akan membuat otak menjadi tegang semampu kita - lalu kita akan mengendurkannya secara tiba-tiba. Engkau akan menyadari apa perbedaan antara otak yang tegang dan sedang rileks.

Sekarang, saat kita duduk bermeditasi, selama satu menit buat otak setegang mungkin, berikan stres sebanyak yang kau bisa. Dan kemudian aku akan berkata, "Sekarang biarkan rileks" - kemudian biarkan rileks total. Secara bertahap engkau harus melakukannya, untuk mengetahui apa itu tegang dan apa itu santai. Engkau harus bisa merasakannya, tegng dan rileks itu harus menjadi pengalamanmu, dan kemudian engkau akan bisa membuatnya semakin rileks. Jadi hal pertama adalah mengendurkan otak secara total.

Bersama dengan otak, seluruh tubuh harus relaks. Seseorang harus duduk dengan nyaman sehingga tidak ada ketegangan atau stres di mana pun di tubuh. Seharusnya tidak ada beban di manapun pada tubuh. Lalu apa yang akan kau lakukan? Saat engkau membiarkan semuanya menjadi rileks, burung mulai bernyanyi, ada suara kincir air, di suatu tempat burung gagak mungkin menangis, di suatu tempat akan ada suara lain - engkau akan mulai mendengar semua suara ini karena semakin rileks otak, semakin sensitif jadinya. Engkau akan mulai mendengar dan merasakan setiap hal kecil. ENgkau juga akan mulai mendengar detak jantung, pendengaranmu peka, dan perasaan akan masuk dan keluarnya napasmu sendiri.

Kemudian, duduklah diam, seseorang harus mengalami dengan tenang semua yang terjadi di sekitarnya dan tidak melakukan apa pun. Engkau mendengar suara, dengarkan dalam hati; seekor burung bernyanyi, dengarkan dalam hati; nafas bergerak masuk dan keluar, teruslah melihatnya tanpa suara - tidak ada lagi yang harus dilakukan. Engkau tidak perlu melakukan apapun dari sisimu karena begitu engkau melakukannya otak akan mulai menjadi tegang.

Engkau harus terus duduk dalam keadaan kesadaran rileks. Semuanya terjadi dengan sendirinya, Engkau hanya mendengarkannya dengan tenang. Dan engkau akan kagum bahwa saat engkau mendengarkan dalam hati, keheningan yang lebih dalam akan mulai muncul di dalam dirimu. Semakin dalam engkau mendengarkan, semakin banyak keheningan yang akan terus berkembang. Dalam sepuluh menit engkau akan menemukan bahwa engkau telah menjadi pusat keheningan yang luar biasa, segalanya menjadi damai.

Jadi kita akan melakukan ini sebagai percobaan pertama di pagi hari. Hal pertama: engkau akan membuat otakmu tegang, ketika aku menyuruhmu untuk membuat otak benar-benar tegang. Tutup matamu dan buat otakmu setegang mungkin. Kemudian aku akan memberitahumu untuk membiarkannya rileks - kemudian biarkan rileks, terus biarkan rileks .... Dengan cara yang sama juga biarkan tubuh rileks. Mata akan terpejam, dan, dengan duduk diam, dengarkan dengan tenang suara apa pun yang terdengar. Selama sepuluh menit engkau hanya perlu mendengarkan dalam hati - tidak ada lagi yang harus dilakukan. Dalam sepuluh menit ini, untuk pertama kalinya, engkau akan mulai merasakan aliran keheningan mulai mengalir dan energi kehidupanmu mulai turun di dalam. Energi akan mulai tenggelam ke bawah dari otak.

Engkau harus duduk sedikit lebih jauh satu sama lain. Tidak ada yang boleh menyentuh orang lain. Tidak ada yang boleh duduk menyentuh orang lain. Tidak ada yang saling menyentuh yang lain.

Pertama-tama tutup matamu dengan lembut. Tutup matamu dengan sangat lembut. Seharusnya tidak ada ketegangan pada mata; jangan menutupnya secara paksa. Turunkan kelopak mata perlahan, seharusnya tidak ada beban di mata. Tutup matamu. Ya, tutup matamu, tutup dengan lembut.

Sekarang biarkan seluruh tubuh menjadi rileks dan buat hanya otak yang tegang. Letakkan ketegangan sebanyak yang kau bisa pada otak, berikan stres sebanyak yang kau bisa, streskan seluruh otak! Paksa dirimu untuk membuat seluruh otak tegang. Buatlah menjadi tegang dengan semua kekuatan yang kau miliki. Buatlah otak menjadi tegang dengan seluruh kekuatanmu tetapi biarkan seluruh tubuh rileks. Letakkan semua energi di otak sehingga otak benar-benar tegang - seperti kepalan tangan yang tertutup dengan semua otot tegang. Selama satu menit, pertahankan ketegangan dalam segala hal. Jangan biarkan lepas; buatlah menjadi sangat tegang. Buatlah setegang mungkin. Buat otak tegang dengan segala cara. Tetap tegang. Tegang dengan kekuatan penuh, sampai klimaks. Dengan kekuatan apa pun yang kau miliki, kau harus membuatnya benar-benar tegang sehingga ketika engkau membiarkannya rileks, otak bisa benar-benar rileks. Teganglah! Tegang terus!

Sekarang biarkan sepenuhnya rileks. Biarkan menjadi rileks total. Biarkan otak benar-benar rileks! Lepaskan semua ketegangan. Relaksasi akan mulai terjadi di dalam. Engkau akan merasakan di dalam hati bahwa ada sesuatu yang turun, beberapa ketegangan telah hilang, sesuatu menjadi damai. 

Biarkan benar-benar rileks, santai saja .... Dan suara yang ada di sekitar - angin melewati dedaunan, beberapa burung berkicau - duduk diam, mendengarkan semua suara ini dengan tenang. Dengarkan saja! Terus dengarkan suara di sekitar. Saat engkau mendengarkan, pikiran akan menjadi lebih diam, bahkan lebih sunyi ... dengarkan! Dengarkan dalam hati, sangat santai. Terus dengarkan. Selama sepuluh menit hanya menjadi mendengarkan .... Teruskan mendengarkan dan pikiran akan mulai menjadi diam .... Teruskan mendengarkan dalam hati, hanya mendengarkan, pikiran akan menjadi diam. Keheningan akan mulai muncul di dalam dirimu dengan sendirinya. Engkau hanya mendengarkan ... teruslah mendengarkan, pikiran menjadi hening. Pikiran menjadi sunyi total. Pikiran menjadi diam. Teruskan mendengarkan dalam keheningan, pikiran menjadi hening. pikiran menjadi hening. Pikiran menjadi sunyi total. Pikiran menjadi diam. Teruskan mendengarkan dalam keheningan, pikiran menjadi hening ....

OSHO
The Inner Journey
--------------

Now when we sit for meditation, there are three things....
The first thing: the whole brain has to be relaxed, so calm and relaxed that it is not doing anything. But how will you know that it is relaxed? If we close the fist very tightly we become aware that all the muscles are very tense. Then when we open the fist we become aware that all the muscles have become loose and relaxed. Because our minds are tense all the time, we do not even know what it is to be tense and what it is to be relaxed. So we will do one thing. First we will make the brain as tense as we can – then we will relax it suddenly. You will realize what the difference between the brain being tense and being relaxed is.
Now, when we sit for meditation, for one minute make the brain as tense as you can, give it as much stress as you can. And then I will say, ”Now let it relax” – then let it relax totally. Gradually you will
come to know what it is to be tense and what it is to be relaxed. You should be able to feel it, it should become your experience, and then you will be able to relax it more and more. So the first thing is to relax the brain totally.
Along with the brain the whole body has to be relaxed. One has to sit so comfortably that there is no tension or stress anywhere on the body. There should be no weight anywhere on the body. Then what will you do? The moment you allow everything to be relaxed the birds start singing, there is the sound of the watermill, somewhere a crow may cry, somewhere there will be some other sound – you will start hearing all these sounds because the more relaxed the brain is, the more sensitive it will become. You will start hearing and feeling every little thing. You will also start hearing your own heartbeat and hearing and feeling the coming and going of your breath.
Then, sitting silently, one should experience quietly all that is happening around and do nothing else. You are hearing sounds, listen to them silently; a bird is singing, listen to it silently; the breath is moving in and out, go on watching it silently – nothing else has to be done. You do not have to do anything from your side because as soon as you do the brain will start becoming tense.
You have to just go on sitting in a state of relaxed awareness. Everything is happening on its own, you are simply listening to it quietly. And you will be amazed that as you listen silently, a deeper silence will start arising within you. The more deeply you listen, the more the silence will go on growing. Within ten minutes you will find that you have become an extraordinary center of silence, everything has become peaceful.
So we will do this as the first experiment of the morning. The first thing: you will make your brain totally tense. When I tell you to make the brain completely tense, then close your eyes and make your brain as tense as you can. Then I will tell you to let it relax – then let it relax, go on letting it relax.... In the same way also let the body relax. The eyes will be closed, and, sitting silently, listen quietly to whatever sounds are heard. For ten minutes you have to simply listen silently – nothing else has to be done. In these ten minutes, for the first time, you will start feeling that a stream of silence has started flowing and your life-energy has started descending within. It will start sinking downwards from the brain.
You will have to sit a little farther apart from each other. Nobody should touch anybody else. Nobody should sit touching anybody else. Nobody should touch the other.
First of all close your eyes softly. Very softly close your eyes. There should be no strain on the eyes; it is not that you close them forcibly. Drop the eyelids slowly, there should be no weight on the eyes. Close your eyes. Yes, close your eyes, close them softly.
Now allow the whole body to be relaxed and make only the brain tense. Put as much tension as you can on the brain, give it as much stress as you can, stress the whole brain! Force yourself to make the whole brain tense. Make it tense with all the strength you have. Make it tense with all your strength but let the whole body relax. Put all the energy on the brain so that the brain is totally tense – just like a closed fist with all the muscles tense. For one minute keep it tense in every way. Don’t allow it to be loose; make it totally tense. Make it as tense as possible. Make the brain within tense in every way. Keep it tense. Make it tense with your full strength, at a climax. With whatever strength you have make it totally tense so that when you let it relax, it can be totally relaxed. Make it tense! Tense it!
Now let it completely relax. Allow it to relax totally. Let the brain be relaxed totally! Release all the tension. A relaxation will start happening inside. You will feel inside that something has dropped, some tension has disappeared, something has become peaceful. Let it relax totally, just relax.... And the sounds which are all around – the wind passing through the leaves, some birds singing – sitting silently, quietly listen to all these sounds. Just listen! Keep listening to the sounds all around. As you listen, the mind will become even more silent, even more silent... listen! Listen silently, totally relaxed. Keep listening. For ten minutes just become a listening.... Go on listening and the mind will start becoming silent.... Go on listening silently, just listening, the mind will become silent. A silence will start arising within you on it’s own. You just listen... go on listening, the mind is becoming silent. The mind is becoming totally silent. The mind is becoming silent. Go on listening in silence, the mind is becoming silent. the mind is becoming silent. The mind is becoming totally silent. The mind is becoming silent. Go on listening in silence, the mind is becoming silent....

OSHO
The Inner Journey

Picture courtesy: Pinterest

Posting Komentar untuk "meroket otak by osho"