Wanita menurut osho

Pertanyaan: 
Osho, bisakah seorang wanita membuat pri menjadi gila?

Anand Deepesh (nama si penanya),
Semua tergantung pria itu. Jika dia bijaksana dia menjadi suami yang dikuasai oleh istrinya; jika dia tidak begitu bijaksana, maka tidak ada cara lain selain menjadi gila. Itulah sebabnya sembilan puluh sembilan koma sembilan persen pria memutuskan untuk menjadi suami yang dikuasai oleh istrinya- hanya untuk bertahan hidup.

Tidak ada yang salah dengan wanita; dia tidak sengaja mencoba membuatmu gila. Hanya pikiran mereka yang berfungsi dengan cara yang sangat berbeda. Nyatanya, itulah ketertarikan mereka; polaritasnya berfungsi seperti medan magnet. Semakin berbeda seorang wanita, semakin dia akan menarik bagimu. Jika dia seperti dirimu, berpikir dengan cara berpikirmu, ketertarikanmu akan hilang. Tidak akan ada ketegangan; hubungan akan runtuh.

Hubungan itu seperti lengkungan. Saat engkau membuat lengkungan, engkau meletakkan batu bata bersilangan satu sama lain; oposisi mereka menciptakan kekuatan, dan lengkungan dapat menopang seluruh bangunan. Tetapi kekuatannya tergantung pada lawan.
Hubungan hidup antara pria dan wanita pasti akan sedikit gila. Pria tidak dapat membuat wanita gila karena argumennya, cara berpikirnya logis. Cara berpikir wanita itu tidak logis, tapi begitulah caranya; begitulah dia dibuat. Dia berfungsi secara naluriah paling rendah dan secara intuitif paling tinggi. Pria berfungsi secara intelektual paling rendah dan secara intelegensia paling tinggi.

Cara naluri dan intuisi adalah jalan yang tidak logis. Logika tidak bisa membuat orang yang tidak logis menjadi gila; jika sesuatu akan terjadi, itu akan terjadi pada pikiran logis.

Kegilaan adalah bagian dari pikiran logis. Kegilaan berarti logikamu tidak lagi berfungsi dan engkau tidak tahu harus berbuat apa. Engkau mencintai wanita itu, engkau tidak ingin kehilangannya dengan cara apa pun. Engkau merasakan perbedaannya, engkau mencoba dengan segala cara untuk memahaminya. Tetapi apa pun yang kau lakukan, engkau juga tidak berdaya - engkau hanya dapat melakukannya secara logis. Dan wanita tidak bisa dimengerti secara logis ; jika dia dimengerti dengan cara logis, dia menjadi misterius, sangat misterius. Engkau dapat mengabdikan seluruh hidupmu untuk mempelajari seorang wanita lajang dan engkau tidak akan dapat menemukan apa itu.

Dia tidak pernah mencoba untuk memahamimu. Fungsi tidak logis dari jiwa adalah tidak tertarik pada pemahaman; ia hanya mencapai kesimpulan tanpa prosedur apa pun - ia melompat ke kesimpulan. Dan keajaibannya adalah wanita itu hampir selalu benar dan engkau hampir selalu salah. Itu membuatmu gila! Dan meski engkau telah berfungsi secara logis, matematis, selangkah demi selangkah; tetap saja kesimpulanmu tidak benar.

Hal yang nyata adalah kesimpulannya. Dia tidak pernah mencoba memahami pria - tidak ada wanita yang pernah mencoba - dia sudah memahami pria. Faktanya, mereka selalu bingung mengapa pria terus mencoba memahami wanita. Selama berabad-abad manusia telah melakukan itu. Kupikir wanita pasti subjek paling kuno dari pertanyaan pria - secara alami; bahkan di hadapan Tuhan dia pasti sudah bertanya tentang wanita. Nyatanya, perempuanlah yang membuatnya terlibat dalam masalah ini, bukan Tuhan. Tuhan mungkin telah menciptakan dunia, tetapi tidak ada masalah dengan dunia.

Hawa-lah yang membujuk Adam untuk memakan buah dari pohon pengetahuan, yang dilarang itu. Pria mencoba untuk membantah bahwa "Itu dilarang. Tuhan telah berkata untuk tidak mendekati pohon itu, jangan pernah memakan buah itu."

Tetapi wanita itu berkata, "Tuhan melarang karena dia takut jika kita makan buah pohon pengetahuan kita akan menjadi bijak seperti Tuhan. Dia cemburu. Mari kita pergi dan memakannya." Dan dia merayunya.

Tuhan mungkin telah menciptakan dunia, tetapi dunia yang kita kenal diciptakan oleh wanita.

Jika engkau mengamati berfungsinya pikiran wanita, engkau dapat melihatnya dengan jelas: tidak mungkin untuk memahaminya. Upayamu untuk memahami akan membuatmu gila.

Bukan kebetulan bahwa Buddha melarikan diri dari istrinya, Mahavira melarikan diri dari istrinya. Bukan dunia yang benar-benar menciptakan masalah, karena engkau tidak bisa lepas dari dunia.

Kemana kamu akan melarikan diri? Paling-paling engkau bisa melarikan diri dari wanita yang membuatmu gila.

Tanpa kerja samamu, tidak, tidak ada yang bisa membuatmu gila. Jika engkau berhenti mencoba untuk memahami dan memilih untuk lebih menikmatinya, dia tidak dapat membuatmu gila. Jika engkau mencoba untuk memahaminya, secara alami engkau akan berhenti menikmatinya, dan kemudian dia pasti akan membuatmu gila. Bersukacitalah padanya! Bersukacitalah dalam perbedaannya, bersukacitalah dalam pendekatan hidupnya yang berbeda. Bersukacitalah karena dia bukan laki-laki tapi perempuan. Dia tidak berpikir sepertimu; tidak hanya tubuhnya berbeda darimu, jiwanya juga berbeda darimu. Dan begitu engkau lupa mencoba memahaminya, dia tidak mungkin membuatmu gila.

Saat engkau bersama wanitamu, kesampingkan pikiranmu. Jadilah lebih eksistensial dan kurangi intelektual.

Cintailah dia, berdansa dengannya, bernyanyi dengannya, tetapi jangan mencoba untuk berdebat dengannya. Sejauh menyangkut argumen, selalu setujui dia dan engkau tidak akan pernah bingung. Dan bagaimanapun, bahkan jika engkau berdebat, akhirnya engkau harus setuju dengannya. Semakin banyak engkau berdebat, semakin dia bersikeras. Dan cara femininnya memaksa sedemikian rupa sehingga tidak mungkin untuk tidak mendengarkannya - karena dia tidak akan berdebat.

Dan melihat semua ini, untuk sesuatu yang kecil, engkau harus setuju. Mungkin itu hanya pertanyaan tentang pergi ke bioskop dan engkau tidak setuju untuk pergi kemana pun. Dia akan mendapatkan apa yang diinginkannya, jadi mengapa melakukan tindakan yang tidak perlu untuk mengalahkannya? Mengapa tidak menang saja? Saat dia berkata ... "Benar, benar sekali! Itulah yang kupikirkan." Dan dengan cara itu engkau akan merasa bahagia dan engkau akan menang. Dan gula di dalam tehmu akan berada dalam jumlah yang tepat dan garam di dalam sayuranmu akan berada dalam jumlah yang tepat, dan anak-anak akan selamat. Untuk beberapa hal kecil wanita dapat membuat seluruh rumah terbakar! Tapi itu semua tergantung dirimu.

Jadilah sedikit lebih meditatif, Deepesh. Faktanya. meditasi telah ditemukan sebagai pertahanan. Ingat, ini bukan penemuan wanita. Banyak orang bertanya kepadaku, "Mengapa wanita belum menemukan meditasi?" Mengapa mereka harus menemukan? Mereka tidak punya alasan untuk menemukannya; meditasi adalah penemuan pria.

Dikelilingi oleh energi meditatifnya, ria dilindungi dari wanita. Tak seorang pun, bahkan seorang wanita, yang bisa membuatnya gila.

Jadi, jadilah lebih meditatif. Pelajari lebih dalam tentang zazen, vipassana.

OSHO
Zen The Special Transmission
--------------------

OSHO,
CAN A WOMAN REALLY DRIVE A MAN CRAZY?

Anand Deepesh,
It depends on the man. If he is wise he becomes a henpecked husband; if he is not so wise, then there is no other way than to be crazy. That's why ninety-nine point nine percent of men decide to be henpecked husbands - just to survive.

Nothing is wrong with the woman; she is not deliberately trying to drive you crazy. Just their minds function in a totally different way. In fact, that is their attraction; their polarities function like a magnetic field. The more different a woman is, the more she will attract you. If she is just like you, thinks the way you think, the attraction will be lost. There will be no tension; the relationship will collapse.

The relationship is like an arch. When you make an arch you put bricks against each other; their very opposition creates the strength, and the arch can support the whole building. But the strength depends on the opposition.

A living relationship between a man and a woman is bound to be a little bit crazy. Man cannot drive the woman crazy because his argument, his way of thinking is logical. The woman's way of thinking

is illogical, but that is her way; that's how she is made. She functions instinctively at the lowest and intuitively at the highest. Man functions intellectually at the lowest and intelligently at the highest.

The way of instinct and intuition is the way of illogic. Logic cannot drive the illogical person crazy; if anything is going to happen it is going to happen to the logical mind.

Craziness is part of the logical mind. Craziness simply means your logic is no more functioning and you are at a loss what to do. You love the woman, you would not like to lose her at any cost. You feel for her, you try in every way to understand her. But whatsoever you do you are also helpless - you can do only logically. And logically she is not comprehensible; that way she is mysterious, very mysterious. You can devote your whole life in studying a single woman and you will not be able to figure out what is what.

She never tries to understand you. The illogical functioning of the psyche is not interested in understanding; it simply reaches to the conclusions without any procedures - it jumps to the conclusions. And the miracle is that the woman is almost always right and you are almost always wrong. That drives you crazy! And you have been functioning so logically, mathematically, step by step; still your conclusion is not right.

The real thing is the conclusion. She never tries to understand man - no woman ever tries - she understands already. In fact, they are always puzzled why men go on trying to understand women. For centuries man has been doing that. I think woman must have been the ancient-most subject of his inquiries - naturally; even before God he must have inquired about woman. In fact, it was the woman who got him into the whole trouble, not God. God may have created the world, but there was no trouble.

It was Eve who persuaded him to eat the fruit from the tree of knowledge, which was forbidden. Man tried to argue that "It is forbidden. God has said not to go near to that tree, never to eat that fruit."

But the woman says, "God is prohibiting because he is afraid that if we eat the fruit of the tree of knowledge we will become as wise as God. He is jealous. Let us go and eat it." And she seduced him.

God may have created the world, but the world we know is created by the woman.

If you watch the functioning of the woman's mind you can see it clearly: it is impossible to understand it. The very effort to understand will drive you crazy.

It is not just accidental that Buddha escaped from his wife, Mahavira escaped from his wife. It was not the world really that was creating the trouble, because you cannot escape from the world.

Where you will escape to? At the most you can escape from the woman who is driving you crazy.

Without your cooperation, no, nobody can drive you crazy. If you stop trying to understand her and enjoying her she cannot drive you crazy. If you try to understand her, naturally you will stop enjoying her, and then she is bound to drive you crazy. Rejoice in her! Rejoice in her differences, rejoice in her different approaches towards life. Rejoice that she is not a man but a woman. She does not think like you; not only is her body different from you, her psyche is also different from you. And once you forget trying to understand her, there is no way for her to drive you crazy.

When you are with your woman, put your mind aside. Become more existential and less intellectual.

Love her, dance with her, sing with her, but don't try to argue with her. As far as argument is concerned, always agree with her and you will never be at a loss. And anyway, even if you argue, finally you will have to agree with her. The more you argue, the more she will insist. And her feminine ways of insistence are such that it is impossible not to listen to her - because she will not argue.

And seeing all this, for something small, you will have to agree. Maybe it was only a question of going to see a picture to the movie house and you were not agreeing to which picture to go. She will have her way, so why unnecessarily go defeated with her? Why not go victorious? The moment she says..."Right, absolutely right! That's what I was thinking." And that way you will feel happy and you

will go victorious. And your sugar in the tea will be in the right amount and your salt in the vegetables will be right amount, and children will be saved. For some small thing the woman can put the whole house on fire! But it all depends on you.

Be a little more meditative, Deepesh. In fact. meditation has been discovered as a defense. It is not a discovery of women, remember. Many people have asked me, "Why women have not discovered meditation?" Why they should discover? They have no reason to discover it; it is man's discovery.

Surrounded by his meditative energy he is protected. Nobody, not even a woman, can drive him crazy.

So become more meditative. Go a little deeper into zazen, vipassana.

OSHO
Zen The Special Transmission

Picture courtesy: Pinterest

Posting Komentar untuk "Wanita menurut osho"