Untuk anakku yang ulang tahun

Untuk anakku yang ulang tahun
..
Papah mengucapkan selamat ulang tahun. Sungguh papahmu bukanlah orang yang anti ulang tahun. Apalagi mengharamkan ulang tahun. 
.
Namun papah adalah orang yang berusaha menanamkan tradisi baik agar menghindari apa apa membuat ego menjadi semakin besar. Ego adalah pagar yang menghalangi seseorang dengan Gusti Allah. Ego atau ke-aku-an adalah hijab antara manusia dengan dunia luar. Dan itu dipupuk lewat membeli sesuatu ketika ulang tahun. Lewat menganggap bahwa ini punya aku, ini ulang tahun aku. Belum lagi semangat materialisme beli ini beli itu beli itu ketika hari itu tiba.  
.
Engkau masih terlalu kecil untuk memahami ini. Karena bahkan orang tua pun terkadang juga tidak memahami. 
.
Ketika dewasa kau akan tahu, bahwa merasa memiliki itu akan menjadi sangat berat. Khususnya juga sesuatu yang kau rasa menjadi milikmu hilang. 
.
Paling poll, ulang tahun adalah hanya sebagai pengingat bahwa engkau pernah lahir ketika bulan dan matahari berada di posisi yang itu. 
.
Dan ulang tahun itu pun hakikatnya hanya semu. Kau lahir 14 Jumadil awal 2016, Dan itu sudah terjadi tanggal 19 Desember 2021 lalu. Kau sudah 6 tahun sejak 2 bulan yang lalu. Dan tidak ada yang merayakan. 
.
Papah tahu, betapa berharganya dirimu lahir di dunia ini. 
.
Tantangan menanamkan nilai ini menjadi semakin kacau adanya Rona yang memberi hadiah. Makin besar ego dilatih ditumpuk tumpuk. Tidak ada contoh dari Nabi perayaan perayaan seperti itu. 
.
Ulang tahun hanya menjadi bernilai jika di isi kegiatan tasyakuran. Namun tasyakuran tidak harus di waktu tertentu. Mengkhususkan tasyakuran di waktu tertentu juga nantinya akan menjadi salah juga.
.
Selamat ulang tahun anakku. Papah berdoa semoga engkau menjadi wanita yang berilmu. Berwawasan luas. Hidup dalam kejujuran dan  keseimbangan di semua aspek. 
.
Mungkin cara mencintai yang papahmu ajarkan bukanlah cara yang menyenangkan. Tapi percayalah papahmu sedang berusaha mendidikmu agar menjadi manusia yang memiliki mental yang baik. Tidak gampang goyang oleh gertakan gertakan dunia. 
.

Posting Komentar untuk "Untuk anakku yang ulang tahun"