Contoh menjual agama

CONTOH MERAUP UANG DENGAN MENJUAL AGAMA

Tindakan tercela ini contohnya sebagai berikut:

1. Mengambil keuntungan pribadi dari kegiatan filantropi. Umat diminta sedekah ke lembaga filantropi dengan dalih untuk membantu umat di daerah lain yang membutuhkan, tetapi malah hasilnya disunat untuk memperkaya diri sendiri. 

2. Mendorong masyarakat untuk bersedekah dengan iming-iming akan dibalas oleh Allah berkali-kali lipat, tapi sedekahnya ke dia sendiri atau harus melalui dia. 

3. Berbisnis dengan cara "menjual" anak yatim atau masjid yang dikelolanya. Meminta sumbangan uang dengan dalih akan diberikan pada anak yatim atau masjid, tapi sebenarnya itu profesinya untuk mencari keuntungan pribadi sedangkan anak yatim atau masjidnya hanya mendapat sebagian. 

4. Menarik uang dari jamaahnya dengan jumlah tertentu dengan dalih untuk ritual tertentu yang diklaim bertujuan agar jamaah yang membayar bisa naik ke level spiritual yang lebih tinggi semisal agar bisa terhubung dengan ruhnya, bisa makrifat, bisa jadi waliyullah dan semacamnya.

Yang tidak termasuk bab ini adalah:

a. Mengajar agama lalu mendapat gaji
b. Mengisi kajian atau ceramah agama lalu diberi uang oleh yang mengundang
c. Menulis buku bertema agama lalu mendapat royalti atau menjual buku lalu mendapat laba.
d. Diberi hadiah sebagai penghormatan terhadap tokoh agama
e. Gaji yang wajar dari pekerjaan di organisasi nirlaba
https://www.facebook.com/1718970307/posts/pfbid09DnWTu2fB7SxfZifyoZzkoytowX6k43bFyzppCuZFFsao39Yc6eLiyxYUdgzJDAfl/?app=fbl


https://www.facebook.com/wahabjember