Cara Menjadi Buddha by jiddukrisnamurti

PIKIRAN ADALAH PENGHAMBAT KEBEBASAN
Oleh #JidduKrishnamurti
Tanya:
Bagaimanakah cara meraih keadaan #h3n1ng/kesadaran?

J Krishnamurti:
Heninglah saja, tdk ada caranya. Jangan membayangkan akan terjadi pada masa depan, sebab masa depan tidak pernah ada. 

Tanya: 
Bukankah Sidarta menjadi #sangbuddh4 karena dia mengembangkan sifat welas asih dan kebijaksanaan? Ia melakukan banyak kebaikan sehingga menjadi tercerahkan dan sadar. Kelakuan baik adalah jembatan untuk #kesad4ran itu, bukan doa, ritual, dll.

J Krishnamurti:
Itu tidak lebih dari dongeng. Seseorang menjadi buddha bukan krn ia menimbun kebaikan, namun krn ia melepas semua kebaikan yg dilakukannya. Orang yg berbuat baik tanpa merasa berbuat (#d0_er) baik, orang yg tdk menimbun maka dialah orang yg akan sadar/hening. Jadi kalau anda banyak berbuat kebaikan dgn harapan akan sadar/hening, maka anda akan tetap berputar dalam samsara.

Tolong bedakan antara orang berbuat baik dan sadar, keduanya tdk ada hubungannya. Orang berbuat baik dgn aku-nya, yg mana adalah sumber duka/penderitaan. Orang yg sadar, ia sadar akan pikiran dan aku-nya, maka padamlah pikiran dan aku, lenyaplah duka/penderitaan.

Kelakuan baik bukan jalan atau jembatan menuju kesadaran. Kalau orang mementingkan kelakuan baik, maka ia akan terjebak pada penghakiman terhadap kelakuan buruk. Ia tidak akan pernah sadar.

Buddha tidak mengajarkan baik buruk yg berpotensi terjebak dualitas. Ajaran sang buddha adalah  menyadari pikiran dan "aku" ini sebagai sumber duka.

Saran saya, kalau mau terbebas dari duka, lepaskan semua pikiran untuk berbuat baik, setinggi apapun tingkatannya. Namun sadari saja gerakan pikiran dan aku ini.

Kalau itu dilakukan terus menerus, maka spontan kejahatan akan terhindar. Dan secara spontan pula orang akan berbuat baik tanpa berpikir bahwa dirinya telah berbuat baik.

Berbuat kebaikan tanpa #kesad4ran adalah sia sia, jiwamu masih menderita untuk itu.

Untuk hening tidak diperlukan pengalaman apapun, hening adalah pelepasan semua pengetahuan dan pengalaman. Bebas dari duka bukanlah hasil dari sebab akibat. Hening itu justru lepas dari hukum sebab akibat.

Sadarilah pikiran anda sendiri sehingga pikiran berhenti dgn sendirinya, jangan melekat pada pikiran. Hanya dgn demikian anda akan bebas dari duka. Pikiran menghalangi pembebasan.

"Meditasi adalah guna mencari-tahu apakah pikiran berikut segenap aktivitasnya, semua pengalamannya, bisa benar-benar diam. Tanpa dipaksa; sebab ketika Anda memaksanya, muncul dualitas."
~ J. Krishnamurti.

Ketika penyerahan diri total terjadi
Maka penderitaan terlepas,
dualitas juga terlepas.

#Nondu4litas
#BukanlahDiri
#Obs3rver
#Sup3rior

Cc. Cak Farith

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Buddha by jiddukrisnamurti"