Rahasia sekarang dan keheningan

"Rahasia kehidupan sesungguhnya adalah selalu terhubung dengan apa yang Anda lakukan disini dan #s44tini. Seseorang yang berpikir sepanjang waktu tidak memiliki apa-apa untuk dipikirkan kecuali pikiran. Jadi dia kehilangan kontak dengan realitas, dan hidup di dunia #1lu51."
-- Alan Watts
"Kita hidup dlm budaya sepenuhnya terhipnotis oleh #ilusiw4ktu, dimana apa yg disebut saat ini dirasakan sebagai hal yg tdk berarti, selain seperti garis rambut yg sangat kecil antara masa lalu yg surut dan masa depan yg seram. Kita tidak memiliki saat ini. Kesadaran kita hampir sepenuhnya disibukkan oleh ingatan dan harapan. Kita tdk pernah menyadari bahwa; tidak akan pernah ada pengalaman selain pengalaman sekarang. Oleh karena kita tdk bersentuhan dgn kenyataan."
#Al4nWatts

#DuniaPikiran
Ketika orang-orang gelisah,
beristirahatlah disini,
di kedamaian saat ini..

Moment of Peace
By #Gregori4n

Berikanlah diri Anda sebuah momen kedamaian, Dan Anda akan mengerti,
Betapa bodohnya terburu buru itu.

Rumah yg sejati bukanlah sebuah tempat, namun kedamaian di dalam diri. Batin yang damai itu relaks dan berada di #s44ini.

#MyMu51k
#HereAndNow
#RumahDiDalamDiri
#SurvivalDanRelaxMode
#MenemukanRumahKitaYangSebenarnya

Cc. Cak Farith

Sebelum bertanya pikirkan dulu pertanyaan Anda, karena pertanyaan yang salah akan membawa Anda ke jalan yang salah. #RonaldFrank

Saat Anda mengganti pertanyaan "mengapa ini terjadi pada saya" dengan "apa yang coba diajarkan ini kepada saya?", semuanya menjadi berubah.

Kurangi terlalu keras memikirkan jawaban. Belajar mengistirahatkan pikiran. Jawaban terindah akan datang bukan saat pikiran bekerja terlalu keras, melainkan saat pikiran sepenuhnya istirahat. #GedePrama

#M45al4h bersumber dari pikiran, dan #flowstate adalah solusi untuk kembali kepada self insting, yaitu mendengarkan #intuisi hati nurani (kode alam semesta). 

#Zon4zero
#R3sp0ns1bl3
#Bahas4Pikiran

Cc. Cak Farith
"Jalan menuju Kebenaran adalah pekerjaan ruh, bukan kepala. Jadikanlah ruhmu pemandu yg utama! Bukan pikiranmu. Jumpai, tantang, dan akhirnya kuasai nafsumu dgn ruh. Mengenali egomu akan membawamu kepada pengetahuan tentang Tuhan.”
#SyamsudinAtTabrizi

"Berjalan menuju Tuhan adalah kerja hati, bukan kerja akal. Jadikanlah selalu hatimu sebagai penuntunmu, bukan kepala yang di atasnya ditumbuhi rambutmu. Jadikanlah dirimu sebagai seseorang yang memiliki kesadaran atas dirinya sendiri. Jangan seperti mereka yang tak mampu menyaksikan jiwanya sendiri."
#ShamsTabriz

Dari sini kita dapat memahami bahwa perjalanan menuju Tuhan adalah perjalanan hati, bukan suatu perjalanan yang diraih dengan akal. Posisi akal hanya menjelaskan apa yang diperoleh oleh hati.

Sebab itu akal tak pernah berangkat menuju Tuhan namun yang berangkat adalah hati. Hati itulah yang kemudian mampu sampai ke singgasana Ilahi. Hatilah yang merasakan keindahan Ilahi dan Keagungan Ilahi. Hati jualah yang membuat kita bersimpuh dihadapan Ilahi dan meneteskan air mata Kerinduan untuk sampai ke pangkuan Ilahi. Dan hati jua yang merasakan keagungan Ilahi yang membuat hati bergetar ketika mendengar namanya.

Namun bukan hal mudah untuk sampai kepada Singgasana Ilahi melalui hati, sebab tanpa hati yang suci dan bersih maka tak akan ada jalan menuju singgasana Ilahi. Artinya eksistensi manusia tidak akan mampu sampai kepada Ilahi tanpa hati yang bersih.

Sebab itu pesan yang ingin disampaikan oleh #SyamsTabrizi bahwa sudah selayaknya manusia senantiasa bersama dengan orang-orang yang telah menyaksikan jiwanya, sebab orang yang telah menyaksikan jiwanya adalah mereka yang telah memiliki kesucian hati.

Oleh Muh. Nur. Jabir
Dir. Rumi Institute

#Bahas4Rasa
#Bahas4Pikiran
#RasaMelampauiPikiran
#KeterbatasanIndrawiDanPikiran

STRES MANUSIA MODERN
Oleh Osho

Pertanyaan: 
Osho, manusia modern, dalam zaman industrialisasi ini dengan kecepatan tinggi, terburu-buru, kegiatan dan ketegangan, merasa benar-benar lelah setelah seharian bekerja. Dalam situasi ini, itu menjadi sulit baginya untuk memiliki ketenangan batin (#inn3rpeace) dan ke #h3n1ng an. Tolong jelaskan apakah alasannya dan bagaimana jalannya?

Jawaban OSHO:
Situasinya tampak seperti itu. Itu tidak demikian. Sebenarnya, situasinya justru yang sebaliknya. Engkau tidak kelelahan karena zaman industrialisasi ini dan pekerjaan dan ketegangan. Engkau kelelahan karena engkau telah kehilangan kontak dengan keheningan batinmu. Pekerjaan itu bukan masalahnya: engkau adalah masalahnya. Bukan zaman yang masalahnya: engkaulah #m45al4h nya.

Jangan terus berpikir bahwa manusia modern lebih terbebani dengan pekerjaan. Dia kurang terbebani. Manusia primitif itu lebih terbebani. Mekanisasi, industrialisasi, semuanya membantu untuk menghemat waktu. Mereka ada untuk menghemat waktu dan mereka telah menghemat banyak (waktu).

Tetapi karena engkau sekarang punya waktu dan tidak punya keheningan, karena engkau sekarang punya waktu dan tidak ada kegunaan untuknya, hal itu menciptakan masalah. Manusia primitif punya lebih sedikit masalah, bukan karena dia diam dan hening, tetapi karena dia tidak punya waktu, tidak ada waktu, untuk menciptakan masalah bagi dirinya sendiri. Engkau memiliki lebih banyak waktu dan engkau tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Waktu ini bisa digunakan untuk perjalanan batin. Dan jika manusia tidak bisa menggunakan waktunya untuk bergerak ke dalam itu, dia sudah selesai. Maka tidak ada harapan karena sekarang semakin banyak waktu yang akan dihemat.

****

"Dunia bergerak dengan cepat, tetapi tidak berarti kita juga harus begitu. Ketika kita melambatkan diri, dunia juga akan melambat Bersama kita." #HaeminSunim

#DuniaPikiran
Ketika kita bebas dari PIKIRAN, kita secara alami BAHAGIA. Singkirkan pikiran, kosongkan pikiran, beradalah dalam keadaan tanpa pikiran (#nomind). Anda akan menyadari #keberadaan diri. Di dunia barat mungkin memuji seseorang sebagai pemikir hebat,  tapi apa itu ? Kebenaran sejati adalah BEBAS dari PIKIRAN. -- Paul Brunton

"Penalaran pikiran tidak pernah merasakan kebenaran, karena kebenaran berada diluar pikiran (#melamp4uipikiran). Dengan demikian, kebanyakan intelektualis menjadi terikat oleh kesimpulan mereka sendiri."
#ParamhansaYogananda

"Ilusi terbesar kita adalah kekecewaan. Kita membayangkan bahwa kita kecewa dengan kehidupan, padahal kenyataannya kita bahkan belum mulai hidup."
#PaulBrunton

#NonLinier
#NoMindState
#KeterbatasanIndrawiDanPikiran
Cc. Cak Farith

Posting Komentar untuk "Rahasia sekarang dan keheningan"