Roti aoka

ROTI PANGGANG AOKA
 LIHAT DULU SEBELUM DI MAKAN YAH..!!
Dah sejak lama mau review Aoka, tapi ngumpulin bahan dan pict dulu. 
Roti aoka nih roti harga murah 2000an tapi rasa enak lembut dan selainya maknyus, aku suka rasa coklat, vanila, keju dan bluberi. 
Setelah searching beberapa kandungan dan belajar komposisi aoka baru aku berani review menulis, ya karena aku penasaran dan gabut ae sih 🤣

Komposisi aoka sebagai berikut yang tertulis di kemasannya,
Sebagai pengawet ada kalium propionat. Sebagai antioksidan ada askorbil palmitat, tekoferol, TBHQ, BHA, BHT dan asam askorbat. Wes gaes gak usah dipikir sing jenenge angel iku mergo otakmu ndak nutut lek tak jelasno rinci tentang reaksi kimia-oksidasi paling ya bakalan mung ndoweh-ndoweh manggut-manggut tapi gak ngerti,  wes lah cukup mikir ruwete uripmu ae. 

Ada juga kandungan sorbitol, gliserol, mono dan digliserida, ini sebenarnya bukan pengawet tapi berkat perannya yang spesifik dalam adonan roti sehingga menghasilkan roti yang lebih awet.

Banyak roti lain juga kok yang menggunakan bahan-bahan diatas cuma takarannya saja yang mungkin berbeda ada yang minimum, middle, maximum.

Nah pada kemasan roti aoka ini terlihat agak menggelembung kedap udara sepertinya (entah benar atau enggak lo ya) kemasan roti aoka ini diinjeksi dengan gas nitrogen (nitrogen flushing) seperti pada snack lalu dipres, sehingga tidak terkena udara bebas yang mengandung oksigen yang dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri yang bisa mengoksidasi makanan, sehingga rotinya lebih awet dengan masa expired lama. 

Mungkin berkat kombinasi berbagai bahan, ditambah teknik pengolahan yang tepat, dan teknik pengemasan yang sedemikian rupa seperti itu membuat roti ini lebih panjang umur simpannya sampai hitungan bulan. Soal keamanan pangan roti aoka sudah pasti aman karena sudah BPOM. Soal sehat ? kembali ke referensi masing-masing.

Dan yu know what??? 
ROTI AOKA ITU ROTI PANGGANG BUKAN ROTI SIAP MAKAN TANPA DIPANGGANG. 

Dengan kandungan roti aoka yang sudah tak sebutkan tadi terutama bahan pengawet kalium propionat dkk tadi akan teroksidasi dan terurai menjadi lebih aman di makan JIKA ROTI DIPANGGANG terlebih dahulu maka pada kemasan roti dituliskan ROTI PANGGANG. Jadi jika kelen makan roti aoka lebih dari satu biji tanpa dipanaskan terlebih dahulu, yang terjadi adalah reaksi dari bahan di atas biasanya akan merangsang peristaltik usus akhirnya yang terjadi setelah makan adalah mules.

Nah hati-hati juga jika akan memberikan roti kepada anak, jangan lupa dipanggang dulu ya agar tidak berefek terhadap pencernaan anak, apalagi jika pencernaanya sensitif. 
Bagi yang memiliki riwayat gangguan pencernaan lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti ini dengan dipanaskan terlebih dahulu. 
Menurutku jika dimakan langsung seperti ada rasa pahit dan getirnya tapi jika roti dipanggang dulu rasa pahit dan getirnya hilang. 

Saya sendiri penikmat roti aoka, pernah makan 3 biji roti dalam sehari dan akhirnya mules dan sedikit diare. Lalu saya ulang lagi makan roti sebungkus tanpa dipanaskan perut saya kembung dan kentut agak sering. Tapi jika saya makan roti ini dengan dipanaskan terlebih dulu, saya tidak merasa kembung dan mules. Dan perlu dibaca juga dalam kemasan bahwa KONSUMSI BERLEBIHAN DAPAT MENGAKIBATKAN EFEK LAKSATIF (DIARE). 

Bagi sebagian orang, roti aoka ini roti surga dengan harga murah tapi enak banget. Ada juga yang ndak mau makan roti aoka karena meski roti digledakno dalam keadaan terbuka semut pun nggak mau mengkerubuti.
Hih semutnya sombong banget. 

Ya itu tadi lo serangga mendeteksi bahwa kandungan roti yang sedemikian rupa mungkin bagi mereka menyengat. 
Tetapi coba dipanaskan dulu untuk mengurai kandungan bahan roti, agar lebih aman lagi baru semutnya mau 🤣🤣. 

Bagiku yang menciptakan roti aoka ini jenius banget, pasti trial eror produknya ndak cukup 5-10 kali. Selamat menikmati roti aoka teman-teman. Nove lee

#inspirasidapuranmu

Posting Komentar untuk "Roti aoka"