urus diri sendiri dulu

Bantulah diri sendiri dulu sebelum membantu orang lain.

Tolonglah diri sendiri dulu sebelum menolong orang lain.

Kata-kata diatas pernah ditegaskan sama guru gue kisaran 10 tahun lalu

Dan pada saat itu karena nalar gw belon nyampe, gw cuma ngangguk-ngangguk aja, tapi otak mikir "Kok egois amat? 🤣"

Meskipun udah dikasih contoh seperti ketika lagi kondisi darurat di pesawat, orang tua harus pasang oksigen ke dirinya sendiri dulu, baru ke anaknya.

Ye kan gak dikasih tau juga alasannya kenapa, dan ya gw juga belum ambil pusing untuk cari tau. 

Mungkin karena gw terbiasa dengan ajaran budaya memuliakan tamu yak, ibarat kalau ada tamu dateng, tawarin makanan yang kita punya meskipun kasarnya diri sendiri belum makan. 

--

Tapi gak sampe seminggu kemudian, gw akhirnya ngerti alasannya. Itupun setelah gue tanya lagi ke guru gw pas lagi sepi orang 😂. 

--

Kalo soal pesawat, ya memang logika aja sih..

Kalo ortunya yang keburu pingsan gegara pakein tabung oksigen ke anak-anaknya dulu.. apalagi kalo anaknya lebih dari 1, lah terus itu anak siapa yang jagain. Pas crash landing nyebur ke laut, atuh mokat juga kalo gak ada ortunya yang pandu.

--

Gw pernah dicurhatin beberapa kali soal ortu toxic yang kayak gak mau tau kondisi ekonomi anaknya yang sudah berkeluarga, minta duit saban bulan yang diluar batas kemampuan sang anak. 

Saran gw cuma, "kasih semampu elo lah, kalo elo sampe stress, terus sakit, terus jadi gak bisa kerja, ujung-ujungnya elo gak bisa kasih duit lagi di bulan depan, apa ortu lo mau ngerti?"

--

Hal sebaliknya juga berlaku dengan ortu yang kerja keras banting tulang buat memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya. 

Kalo ortunya sampe sakit, atuh anaknya siapa pula yg ngurus nantinya?

Pas sakit pun malah enggan berobat "sayang duitnya, mending buat beli kebutuhan anak"

Atuh, kalo elo sakit sampe mokat? Anak lo siap?

Apalagi banyak ortu yang saking sayang sama anak, malah gak pernah mengajarkan anak-anaknya untuk belajar mengurus diri mereka sendiri, saking maunya liat si anak terima beres dan gak pernah ngerasain susah.

Banyak banget anak-anak dewasa, bahkan pengantin muda yang sudah berkeluarga, ngurus STNK aja masih nanya emaknya. Listrik ngejepret di rumah malah nelpon bapaknya. Mobil mogok tengah jalan, ya telpon ortunya. 

Ya inilah yang terjadi kalau ortu selalu punya pikiran

"Lebih baik gue yang susah daripada orang yang gw sayang susah"

---

Gimana bisa kita memberikan cinta kepada orang lain, jika kita sendiri gak cinta sama diri sendiri. 

---

Akhir kata, 

Hal yang sama berlaku dengan quote:

"Urus diri lo sendiri dulu sebelum elo ngurusin orang lain"

Sebab biasanya, mereka yang lebih senang ngurusin orang lain, salah satu faktornya adalah karena mereka gagal ngurusin diri mereka sendiri.

😆😆.