puasa nafas

PUASA buakan hanya sal makan tapi soal NAPAS juga 

INI BUKAN PERMAINAN KATA-KATA.

Berpuasa berarti mengurangi atau menahan sementara, dan kita tahu bahwa puasa mempunyai banyak keuntungan di berbagai segi kehidupan, apalagi di jaman sekarang ini

Kenapa?

Saat ini masalah besar kehidupan bukan kekurangan melainkan kelebihan

Kelebihan??

Ya sebelum saya terangkan hal kelebihan ini saya ingin kita sama² tahu tentang istilah " We Are What We Eat"

Jika selama ini kita berpikir bahwa istilah itu hanya utk apa yg kita makan melalui mulut, maka Kita perlu melebarkan arti "eat" menjadi sesuatu yg masuk kedalam diri kita.

Dan itu bisa makanan, minuman, data atau berita ,namun yg paling banyak tentu adalah udara yg 24 jam nonstop terhirup oleh kita semua.

Kembali ke masalah kelebihan,

Memang banyak orang meninggal karena kekurangan pangan ,namun faktanya lebih banyak kematian diakibatkan kelebihan kalori

Sementara stress hari ini mewabah di kehidupan sekitar sejak kita terserang data yg tak terkira banyaknya, setiap orang memegang kotak virus yg tak pernah ada habisnya.

Data berupa berita² ini membuat otak terstimulasi luar biasa aktifnya bagaikan kolam lumpur yg bergejolak sehingga kejernihan susah dicapai.

Bagaimana dengan napas?

Ya masalah kesehatan fisik & psikis hari ini sering terjadi karena borosnya napas kita. Keadaan ini sering disebut dengan istilah hiperventilasi.


Ahli Paru² dari Rusia , Prof Buteyko mencatat paling tidak ada 200 penyakit kronis terkait oleh hiperventilasi ini. (Penjelasan lebih detil mengenai hiperventilasi bisa di lihat di @buteykoindonesia ).

Sayangnya setiap kita sakit, para ahli kesehatan meminta kita mengatur pola makan, pola gerak dan pola2 yg lain namun bukan pola napas yg sebenarnya sangat penting.

Stres itu bukan di kepala namun di sistem syaraf.
Dahulu dipercaya bahwa sistem syaraf otonom tidak bisa dikendalikan sekehendak kita, makanya disebut otonom, (automatic), namun pengetahuan para Yogi & para master tai chi yg usianya ribuan tahun saat ini diakui, bahwa napas merupakan remote control yg bisa mengendalikan sistem tersebut.

Ketika kita 'berpuasa' napas, berangsur2 detak jantung melambat, badan menghangat, pikiran tenang, tidur nyenyak & craving makan memudar
🙏


https://www.instagram.com/p/Ccl6PyahUub/?utm_source=ig_web_copy_link